BlogLifestyleGadget3 Cara Restart HP Xiaomi, Mudah Dan Praktis Dilakukan
0
0

3 Cara Restart HP Xiaomi, Mudah Dan Praktis Dilakukan

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh M. Agung Septyanto

Apr 11, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Pengguna android pasti memiliki permasalahan dalam hang terutama para penyuka smartphone Xiaomi. Kegiatan menginstall terlalu banyak aplikasi bisa membuat ponsel Xiaomi Pins menjadi hang, ngeblank, bahkan tidak bisa berfungsi sama sekali. Namun, ada cara yang bisa kamu ikuti yaitu dengan cara restart HP Xiaomi yang pins miliki.

Xiaomi sendiri merupakan salah satu produsen gadget terbesar dari China yang sukses menjual produknya di pasar Indonesia. Sama seperti saudaranya yaitu Oppo, Realme, dan Vivo yang bersaing untuk mendapatkan pelanggan dari Indonesia. 

Tetapi, Xiaomi sendiri terkadang memiliki masalah apabila Pins memaksa smartphone tersebut bekerja secara terus menerus dengan melebih batas wajar. Maka Xiaomi kamu akan mengalami hang dan harus segera menyalakan ulang atau restart.

Pins tidak perlu khawatir, karena artikel ini akan membahas bagaimana cara restart HP Xiaomi dengan mudah dan praktis dilakukan oleh siapa aja. Maka dari itu, yuk cek artikel berikut ini secara seksama!

Baca juga: 10 Cara Mengatasi HP Xiaomi Mati Total Dengan Mudah!

Fungsi Restart HP

Source : medcom

Restart dalam arti sederhana adalah salah satu proses dalam menghentikan seluruh kerja sistem, aplikasi, hingga komponen yang berjalan dalam sebuah perangkat yang selanjutnya secara keseluruhan akan dimulai ulang. Mungkin, sebagian besar pengguna smartphone Xiaomi sering mendengar istilah reboot. Sebenarnya antara restart dan reboot memiliki arti yang sama.

Sama-sama memulai kembali proses loading sistem. Dalam hal ini, restart tidak akan menghapus data-data yang terdapat dalam HP Xiaomi. Semua data yang tersimpan dalam perangkat akan tetap ada, tanpa harus Pins khawatirkan akan hilang dengan adanya proses restart.

Mengosongkan RAM Xiaomi

Source : mi.com

Membuat kapasitas RAM menjadi normal kembali serta tidak dipenuhi dengan file yang tidak Pins perlukan merupakan salah satu fungsi dari restart HP.

RAM yang penuh dengan file yang tidak Pins perlukan tentu dapat memperlambat kinerja prosesor, membuat sistem berjalan lemot, dan tidak responsif lagi.

Mengatasi Aplikasi Error

Source : mi.com

Fungsi restart HP berikutnya adalah untuk mengatasi adanya aplikasi yang error. Jika Pins pernah menginstal aplikasi yang selanjutnya tidak dapat berjalan sama sekali, maka sebaiknya kamu mencoba melakukan restart pada smartphone Pins. Setelah restart berhasil, maka aplikasi tersebut pun dapat berjalan normal kembali.

Refresh Sistem

Source : mi.com

Pada saat Pins menekan tombol restart atau reboot pada perangkat HP, maka keseluruhan file temporary serta sampah yang tidak diperlukan secara otomatis akan terhapus. Ketika ponsel kembali menyala, maka sistem akan kembali fresh serta siap untuk Pins gunakan kembali secara optimal.

Berikut ini merupakan cara merestart HP Xiaomi yang perlu Pins ketahui.

Cara Restart HP Xiaomi

Source : detik.com

Setelah mengetahui secara lebih jelas mengenai fungsi restart HP, para pengguna juga perlu mengetahui bagaimana cara melakukan restart pada HP. Melakukan restart pada perangkat smartphone tidaklah memerlukan waktu yang lama. Akan tetapi, dampak dari proses restart tersebut cukup besar pada performa perangkat.

Cara Pertama: Tekan Tombol Restart

Source : bursahpsamsung.com

Cara ini terbilang sangat mudah bahkan untuk kamu yang masih awam dengan istilah restart HP. Metode menggunakan tekan tombol restart bisa Pins lakukan apabila HP dalam kondisi nyala dan HP tidak dalam keadaan dikunci. Kamu bisa menggunakan metode ini semisal Pins ingin update software maupun tiba-tiba HP Pins terasa lebih lemot dibanding biasanya. Berikut langkah yang dapat diikuti:

  • Pertama, tekan tombol power dan volume up (+) secara bersamaan,
  • Kedua, tahan layar hingga mati
  • Kemudian, Pins harus menunggu beberapa saat karena smartphone akan hidup dengan sendirinya
  • HP Xiaomi kamu berhasil di restart

Cara Kedua: Pakai Menu Android Recovery

Source : justseotech.com

Cara merestart HP Xiaomi berikutnya yaitu menggunakan menu Android Recovery. Aplikasi ini bisa digunakan apabila Pins ingin melakukan cara restart HP Xiaomi tanpa tombol power. Menu Android Recovery ini juga dapat digunakan untuk semua tipe HP android. Berikut adalah langkah-langkah yang harus Pins iikuti:

  • Pertama, matikan HP dengan menekan tombol power.
  • Setelah HP mati, tekan tombol power dan tombol volume bawah secara bersamaan, lalu tahan sampai tahap selanjutnya.
  • Setelah muncul logo Oppo, Pins lepas tombol power dan tetap tekan tombol volume bawah.
  • Lepaskan tombol volume bawah jika sudah muncul tampilan layar berikutnya (biasanya muncul pilihan opsi bahasa).
  • Pilih opsi bahasa Inggris, ini hanya untuk mempermudah langkah berikutnya. Namun, jika Pins lebih menyukai menggunakan Bahasa Indonesia, maka dapat diganti di opsi pengaturan pada menu utama.
  • Klik “Wipe and Cache”, kamu dapat memilih ini dengan menekan tombol volume atas dan volume bawah.
  • Pilih yes atau oke untuk melakukan restart.
  • Langkah terakhir, klik Reboot, maka HP Oppo kamu akan memulai restart.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Layar HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh

Cara Ketiga: Gunakan Google Find My Device

Source : cnn.com

Siapa yang tidak tahu dengan fitur “Google Find My Device”?Pastinya tahu dong Pins. Tetapi bukankah fitur ini hanya digunakan untuk mencari keberadaan lokasi HP? Eits, ternyata selain fungsi utama untuk mencari lokasi HP, dengan menggunakan fitur ini Pins bisa merestart ulang HP Xiaomi, lho Pins. Namun, pastikan data HP sudah ter-backup ya. Cara ini hanya direkomendasikan jika HP Xiaomi kamu error dan tidak bisa dioperasikan. 

  • Langkah awal, Pins perlu menyiapkan device lain, dapat berupa laptop, tablet, atau HP lainnya.
  • Buka https://www.google.com/android/find melalui menu browser.
  • Pastikan sebelum melakukan langkah ini, pastikan Pins sudah terdaftar di layanan Google Find My Device.
  • Login dan isi email serta masukkan kata sandi.
  • Lalu, pilih ponsel pada menu di sebelah kiri.
  • Klik Hapus Data.
  • Klik tombol Hapus.
  • Terakhir, HP kamu akan memulai restart dengan menghapus seluruh data di HP Oppo kamu.

Kapan Harus Melakukan Restart HP Xiaomi?

Source : mi.com

Lalu kapan sebaiknya waktu yang tepat untuk melakukan reset ulang pengaturan HP Xiaomi? Apakah menunggu smartphone lemot dahulu lantas di reset apakah ada tanda-tanda ponsel Xiaomi perlu di-factory reset ? Simak jawabannya berikut ini.

Ketika HP Xiaomi Mengalami Lemot Sistem

Bila merasa kinerja sistem smartphone Xiaomi sudah mulai terasa berat seperti tidak responsif, suka ngelag, lama ketika membuka aplikasi bisa diatasi dengan jalan melakukan cara merestart HP Xiaomi.

Aplikasi Terkendala Macet

Apabila banyak aplikasi yang diinstal tidak bisa berjalan dengan normal seperti biasa lalu mengalami tiba-tiba aplikasi mati sendiri. Kemungkinan besarnya aplikasi mengalami kemacetan untuk menjalankan sistem sehingga terjadi force close. Maka Pins perlu melakukan reset ulang ponsel kamu. 

Baca juga: 5 Cara Cek Layar HP Xiaomi Dengan Mudah dan Akurat

Indikator Baterai Tidak Presisi

Ketika Pins merasa indikator baterai tidak presisi menunjukkan status di bar notifikasi. Maka kamu bisa mencoba melakukan langkah reset untuk mengatasi sistem pembacaan prosentase baterai yang bermasalah.

Nah, itulah 3 cara merestart HP Xiaomi yang bisa Pins ikuti. Perhatikan kembali kerusakan apa yang terjadi pada smartphone kesayangan kamu ya! Semoga artikel ini bermanfaat buat Pins!

Featured image: mi.com


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Gemilang Mansion dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download