BlogHome ServiceOtomotif4 Cara Cek Pajak Kendaraan Jatim dan Membayarnya
0
0

4 Cara Cek Pajak Kendaraan Jatim dan Membayarnya

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari

Des 4, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Cek pajak kendaraan Jatim (PKB) tak perlu datang langsung ke Samsat. Bahkan pembayaran pajak kendaraan bisa Pins lakukan secara online. Keunggulan mengecek pajak kendaraan Jatim bisa mempersiapkan dana jauh-jauh hari agar cukup.

Cek pajak kendaraan Jatim bisa pula layanan SMS, website bahkan aplikasi. Yuk ketahui langkah cek pajak Jatim via ponsel yakni sebagai berikut:

Cek Pajak Kendaraan Jatim

cek pajak kendaraan jatim
Source : Pexels

Layanan cek pajak kendaraan bermotor (PKB) bisa melalui beberapa cara. Hal ini memudahkan masyarakat mengetahui besaran pajak yang harus dibayarkan. Apalagi pembayaran pajak setiap tahunnya berbeda-beda.

Via SMS

Cara paling mudah adalah melalui SMS namun Pins harus memiliki saldo pulsa yang cukup. Adapun langkah untuk mengecek pajak melalui SMS cukup mengetikan JATIM (spasi) Nomor Kendaraan contohnya JATIM AG2425NJ.

Setelah itu kirim pesan ini ke 7070 dan tunggu beberapa saat akan dikirimkan balasan. Anda akan mendapatkan informasi besaran pajak yang perlu dibayarkan.

Untuk saat ini layanan cek pajak via SMS hanya menyediakan informasi pajak tahunan saja. Untuk informasi lengkap lainnya gunakan metode lain.

Via Tokopedia

Bila ponsel Pins memiliki aplikasi Tokopedia juga bisa melakukan pengecekan dan pembayaran pajak kendaraan. Tahapan untuk melakukan pengecekan via Tokopedia adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Tokopedia dengan klik icon pada layar ponsel
  2. Masuk ke menu jelajah Tokopedia dan temukan bagian Pajak kemudian klik e-Samsat
  3. Pilih Samsat Jatim pada kolom wilayah kemudian pastikan nomor telepon pada akun Tokopedia merupakan nomor yang aktif. Tujuannya agar pihak Samsat bisa mengirimkan tanda bukti pembayaran ke nomor telepon tersebut
  4. Input nomor polisi kendaraan beserta nomor mesin, NIK lalu tekan tombol Cek Tagihan lalu tunggu beberapa saat hingga informasi pajak kendaraan muncul

Via Website

Pins dapat pula mengecek kendaraan melalui website resmi DISPENDA Jawa Timur. Informasi pajak yang ada di website lengkap dan hanya membutuhkan jaringan internet untuk mengaksesnya.

  1. Kunjungi info.dipendajatim.go.id/esamsat dan pilih kota asal kendaraan lalu masukan nomor kendaraan memakai format (huruf-angka-huruf) contohnya AG 2523 NJ 
  2. Tekan tombol Cek Data Kendaraan dan tunggu hingga tampil pop up berisi informasi pajak kendaraan
  3. Isi informasi pop up ini di antaranya adalah identitas kendaraan beserta rincian biaya PKB, SWDKLLJ,  sanksi PKB, sanksi SWDKLLJ, PNBP pengesahan STNK serta biaya parkir langganan
  4. Apabila belum waktu membayar pajak kendaraan maka akan ada notifikasi “Belum waktunya membayar Pajak Kendaraan Bermotor.” Apabila sudah melebihi 6 bulan dari tanggal masa pajaknya maka tidak akan tampil nominal pajaknya
  5. Pins akan mendapatkan himbauan melakukan pembayaran di kantor Samsat, Tokopedia maupun LinkAja

Via Aplikasi

Cek kendaraan Jatim bisa melalui aplikasi ringan yang tersedia di Google Play Store. Pastikan bahwa OS Android ponsel sesuai dengan yang dipersyaratkan aplikasi. Adapun langkah yang bisa Pins ikuti untuk mengecek pajak kendaraan Jatim via aplikasi yakni:

  1. Mula-mula unduh dahulu aplikasi Cek Pajak Kendaraan (e-Samsat) di Google Playstore lalu instal aplikasi di ponsel
  2. Jika proses instalasi selesai buka aplikasi kemudian daftarkan kendaraan dengan pilih wilayah kendaraan berada
  3. Masukan nomor plat kendaraan lalu tunggu hingga muncul tampilan informasi terkait biaya dan tanggal jatuh tempo pembayaran pajaknya

Baca juga:

Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Jawa Timur

cek pajak kendaraan jatim
Source : Pexels

Sementara pembayaran pajak kendaraan bermotor untuk wilayah Jawa Timur berbekal ponsel ada beberapa cara. Pins tidak perlu keluar rumah dan bisa membayar tagihan ini dari rumah.

Via Tokopedia

Untuk pembayaran pajak via Tokopedia usai cek tagihan bisa langsung menekan tombol Pilih Pembayaran. Gunakan metode pembayaran yang diinginkan kemudian tekan tombol Bayar.

Tunggu beberapa saat hingga Pins menerima SMS berisikan total tagihan yang perlu dilunasi. Nantinya Pins juga mendapatkan link tanda bukti pembayaran yang bisa Pins cetak.

Fitur ini adalah hasil kerjasama Samsat dengan Tokopedia per Oktober 2022 lalu. Pembayaran via Tokopedia juga tersedia untuk wilayah lainnya di seluruh Indonesia. Pembayaran cepat dan bukti tagihan tercetak secara instan serta tidak perlu mengantri lama.

Via Website

Pembayaran via website info.dipendajatim.go.id/esamsat setelah mengetahui rincian pajaknya cukup pilih bank pembayaran. Kode bayar akan dikirimkan ke emailmu atau bisa pula langsung menekan tombol kode bayar.

Salin kode bayar dan input ke m-banking untuk pelunasan. Cetak STNK lewat SMS dan print sebagai tanda bukti pembayaran STNK baru.

Via LinkAja

Pins dapat membayar tagihan pajak lewat layanan e-wallet seperti LinkAja. Langkahnya mudah yakni buka dulu aplikasi LinkAja kemudian pilih menu Lainnya dari halaman beranda aplikasi.

Pilih menu Pajak lalu jenis pembayaran pajak kendaraan bermotor sesuai domisili. Masukan NIK, nomor mesin dan nomor polisi kendaraan. Cek dulu data yang dimasukkan sebelum melakukan pembayaran.

Berkat kecanggihan teknologi kini pengecekan pajak kendaraan dan pembayaran bisa Pins lakukan tanpa harus keluar rumah. Dengan begitu Pins tidak perlu mengantri dan menghemat biaya transportasi.

Cek pajak kendaraan Jatim ada berbagai cara melalui website, SMS, aplikasi bahkan e-commerce. Bukti pembayaran juga bisa tercetak digital secara otomatis.

Baca juga:

Source Feature Image: Pexels


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download