BlogHome ServiceIbu & AnakIni Dia 7 Ciri-ciri Anak Dehidrasi yang Patut Diwaspadai
0
0

Ini Dia 7 Ciri-ciri Anak Dehidrasi yang Patut Diwaspadai

Dipublikasikan oleh Putra 

Des 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Bagaimakah, ciri-ciri anak yang sedang dehidrasi? Dehidrasi adalah kondisi yang terjadi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang diterimanya. Hal ini bisa menjadi masalah serius, terutama pada anak-anak. Anak-anak memiliki tubuh yang lebih kecil dan rentan terhadap perubahan cairan. Oleh karena itu, penting untuk mengenali tanda-tanda dehidrasi pada anak kamu agar dapat segera mengambil tindakan yang diperlukan. 

Dalam artikel ini akan membahas 7 ciri-ciri dehidrasi pada anak yang perlu diwaspadai.

Tentunya, mengetahui ciri-ciri anak yang dehidrasi akan membuat kamu semakin tenang dan nyaman di rumah. Nyamannya sama seperti rumah yang ada di perumahan Britania Green Resort, di perumahan ini terdapat banyak rumah yang nyaman untuk kamu.

Perumahan ini memiliki banyak sekali pilihan rumah eksklusif yang bisa kamu jadikan rumah impian.

Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung. Kamu juga bisa cek estimasi harga rumah bekas di Bekasi yang ada daerah lainnya menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Baca juga:

7 Ciri-ciri Umum Dehidrasi pada Anak

Source : Pexels

Dehidrasi pada anak-anak adalah kondisi serius yang perlu diwaspadai oleh orangtua dan pengasuh. 

Berikut ini, tujuh ciri-ciri umum dehidrasi pada anak yang perlu diidentifikasi dengan cepat untuk mencegah komplikasi yang lebih serius.

1. Mulut Kering

Salah satu tanda paling umum dari dehidrasi adalah mulut yang kering. Jika kamu melihat anak kamu sering mengeluhkan mulutnya kering, itu bisa menjadi indikasi bahwa tubuhnya kekurangan cairan.

2. Urin Gelap

Warna urin yang gelap juga bisa menjadi tanda dehidrasi. Urin yang normal seharusnya berwarna kuning muda hingga jernih. Jika urin anak kamu terlihat lebih gelap dari biasanya, itu bisa menjadi pertanda buruk.

Baca juga: 

3. Sedikit atau Tidak Ada Produksi Urin

Anak-anak yang mengalami dehidrasi mungkin hanya mengeluarkan sedikit atau bahkan tidak mengeluarkan urin sama sekali. Ini adalah tanda bahwa tubuh mereka sangat membutuhkan cairan.

4. Lelah dan Lemah

Source : Pexels

Anak-anak yang dehidrasi juga mungkin terlihat lelah dan lemah. Mereka mungkin tidak memiliki energi seperti biasanya dan cenderung malas beraktivitas.

Gejala Lebih Lanjut yang Perlu Diwaspadai

Selain tanda-tanda umum di atas, ada gejala lebih lanjut yang perlu kamu perhatikan:

5. Mata Cekung

Mata anak kamu terlihat cekung dan bibirnya kering? Hal ini bisa menjadi tanda dehidrasi yang serius. Pastikan untuk memberikan anak kamu cukup cairan, seperti air putih atau jus, dan konsultasikan dengan dokter jika gejala ini berlanjut atau memburuk.

Baca juga:

6. Penurunan Berat Badan

ciri ciri dehidrasi anak

Jika anak kamu mengalami penurunan berat badan yang tidak wajar dalam waktu singkat, ini bisa menjadi indikasi dehidrasi yang serius. Penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendiagnosis masalah kesehatan yang mungkin menjadi penyebabnya dan mendapatkan perawatan yang tepat.

7. Gelisah dan Rewel

Anak-anak yang dehidrasi mungkin menjadi gelisah dan rewel. Mereka mungkin sulit untuk tenang dan tidur dengan nyenyak. Oleh karena itu, penting untuk memastikan anak kamu cukup minum air sepanjang hari untuk menjaga kesehatan dan kenyamanannya.

Penyebab Dehidrasi pada Anak

ciri ciri dehidrasi anak
Source : Pexels

Sekarang akan membahas beberapa penyebab umum dehidrasi pada anak-anak:

1. Diare

Diare adalah salah satu penyebab utama dehidrasi pada anak-anak. Selama diare, tubuh kehilangan banyak cairan. Oleh karena itu, penting untuk memberikan anak kamu minuman yang cukup. Seperti oralit untuk menggantikan cairan yang hilang dan menjaga keseimbangan tubuh mereka.

2. Muntah

Muntah berulang juga dapat menyebabkan dehidrasi. Anak yang muntah mungkin sulit untuk menjaga cairan tetap dalam tubuh mereka. Oleh karena itu, penting untuk segera mengonsultasikan kondisi ini dengan dokter untuk tindakan yang sesuai.

Baca juga:

3. Cuaca Panas

Cuaca panas dan beraktivitas di bawah sinar matahari dapat membuat anak-anak lebih rentan terhadap dehidrasi. Pastikan mereka cukup minum saat bermain di luar untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan mereka selama hari yang cerah ini.

Mengatasi Dehidrasi pada Anak

ciri ciri dehidrasi anak
Source : Pexels

Jika kamu mencurigai anak kamu mengalami dehidrasi, langkah pertama yang harus kamu ambil adalah memberikan mereka cairan secepat mungkin. Air adalah pilihan terbaik, tetapi jika anak kamu menolak minum, kamu dapat mencoba minuman elektrolit yang dirancang khusus untuk mengatasi dehidrasi. Selain itu, penting untuk memantau tanda-tanda dehidrasi seperti bibir dan lidah kering, kurangnya air mata, dan penurunan produksi urine.

Selama proses pemulihan, berikan makanan ringan yang mengandung air seperti semangka atau mentimun. Jika gejala dehidrasi berlanjut atau memburuk, segera hubungi dokter. Untuk mencegah dehidrasi, pastikan anak kamu cukup minum selama cuaca panas atau saat mereka sakit. 

Ajak mereka minum air secara teratur dan perhatikan tanda-tanda dehidrasi untuk mengambil tindakan segera. Dehidrasi dapat berbahaya, terutama pada anak-anak, jadi kehati-hatian ekstra sangat penting.

Dehidrasi adalah masalah serius pada anak-anak yang dapat memiliki konsekuensi berbahaya. Penting untuk mengenali tanda-tanda dehidrasi dan segera mengambil tindakan untuk mengatasi masalah ini. 

Jika kamu mencurigai anak kamu mengalami dehidrasi, segera berikan mereka cairan dan konsultasikan dengan dokter jika gejalanya tidak membaik.

Baca juga:

Featured Image Source: Pexels


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome.

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Gunakan juga kode PHSBLOG untuk menikmati layanan PHS mulai dari 30 ribu hanya di aplikasi Pinhome.

Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download