BlogLifestyleHobi7 Ciri-Ciri Tumbuhan Kaktus dan Juga Fungsinya
0
0

7 Ciri-Ciri Tumbuhan Kaktus dan Juga Fungsinya

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Agu 28, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Ingin memiliki tanaman dari tumbuhan yang indah dan lucu, namun tidak memiliki waktu lebih untuk merawatnya? Jangan khawatir, kaktus dapat menjadi pilihan tanaman Kamu karena tidak memerlukan perhatian yang intens untuk merawatnya. Kamu bisa menyiram tanaman ini sesekali saja dalam seminggu, tetapi Kamu tetap perlu mengetahui ciri-ciri kaktus yang menarik ini.

Tanaman tumbuhan kaktus dapat semakin mengindahkan rumah Kamu yang akan Kamu dapatkan di jual rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas di Kec Bandung Wetan Kamu juga bisa menambahkan ruang terbuka khusus tanaman-tanaman di depan rumah Rumah Ekslusif agar semakin asri dan menambah unsur kehijauan.

7 Ciri-Ciri Tumbuhan Kaktus dan Juga Fungsinya

Tanaman kaktus memiliki ciri khas yang dapat selalu diingat oleh orang-orang, yaitu tumbuhan berduri dan terdapat buah unik yang jarang muncul. Saat ditanya di mana tumbuhan kaktus hidup, dengan sontaknya siapapun akan menjawab di daerah gurun pasir. Jawaban tersebut tidak salah Pins, tetapi akan dilengkapi kembali dalam artikel ini.

Tumbuhan kaktus memang terkenalnya tinggal di daerah gurun pasir yang sangat kering dan sangat panas. Ternyata tidak hanya di gurun pasir loh Pins, menurut kajian penelitian ahli botani, pertumbuhan kaktus tersebar hingga ke wilayah yang beriklim tropis dan subtropis. Seperti daerah semacam hutan gugur, padang rumput, sabana, dan semi gurun. Lalu, mereka menyimpulkan bahwa tumbuhan kaktus yang ada di gurun pasir hanya sebanyak 25% dari total keseluruhan spesiesnya.

Tanaman kaktus disebut-sebut dengan tanaman yang sukulen. Tahukah Kamu artinya? Sukulen memiliki arti sebuah tanaman yang mampu bertahan hidup karena penyimpanan cadangan air di batangnya. Kemampuan batang kaktus dalam menyimpan air tidak perlu diragukan lagi, buktinya tumbuhan tersebut dapat hidup panjang di tempat yang jarang sekali turun hujan.

Tumbuhan kaktus banyak dimanfaatkan dengan cara membudidayakannya sebagai tanaman hias yang siap mempercantik kebun atau taman Kamu. Semakin besar bentuk tumbuhan kaktus, semakin besar jumlah air yang tersimpan di dalamnya, dan semakin besar juga berat yang dimiliki kaktus tersebut.

Berikut ini ciri-ciri tumbuhan kaktus dan juga fungsinya:

1. Kehadiran Duri Pengganti Daun

ciri-ciri kaktus
Source : iStock

Saat melihat tanaman kaktus, pernahkan Kamu melihat daun yang menempel pada bagian batangnya? Bukannya tidak nampak, keberadaan daun di batang kaktus memang pada umumnya tidak ada, hanya sedikit spesies kaktus yang memiliki ciri-ciri daun pada batangnya.

Dalam hal ini duri membawa manfaat yang baik untuk keberlangsungan hidup tumbuhan kaktus, dibandingkan dengan daun. Hal ini disebabkan, karena duri-duri pada batang kaktus bersifat penghambat penguapan. Jadi air yang tersimpan di dalam batang tumbuhan ini tidak cepat menguap.

Berbeda jika terdapat daunnya, daun akan mempercepat proses penguapan karena bentuk permukaannya yang luas. Selain itu, duri bermanfaat dalam mencegah hewan-hewan yang dapat merebut air di dalam kaktus.

Baca juga: Tanaman Kaktus di Depan Rumah, Baik atau Tidak Ya?

2. Batang Kaktus sebagai Tempat Fotosintesis

Tumbuhan juga perlu mendapatkan asupan makanan sebagai penambah kekuatan dalam bertahan hidup. Asupan makanan ini didapatkan dari proses yang dinamakan fotosintesis. Fotosintesis akan menghasilkan glukosa, buah-buahan, dan umbi-umbian yang selanjutnya disimpan. Tidak hanya itu, proses ini tidak hanya dibutuhkan oleh tumbuhan saja, melainkan bagi seluruh makhluk hidup.

Hal ini disebabkan karena proses fotosintesis menghasilkan oksigen baru yang diperlukan untuk ruang bernafas seluruh makhluk hidup. Proses ini juga mendaur ulang kembali gas karbon.

Pada umumnya proses fotosintesis terjadi pada daun tumbuhan, namun pada tanaman kaktus, proses fotosintesisnya terjadi pada bagian batang mereka. Penelitian mengatakan bahwa batang tanaman kaktus memiliki jumlah 15 sampai 70 stomata untuk mendukung fotosintesis. 

3. Batangnya Menggantikan Daun untuk Menyimpan Air

ciri-ciri kaktus
Source : iStock

Ciri-ciri tumbuhan kaktus ketiga yaitu batangnya menggantikan daun untuk menyimpan air. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa sedikit sekali spesies kaktus yang memiliki daun. Tanpa keberadaan daun tersebut lah yang membuat batang kaktus memiliki kelebihan yang istimewa, yaitu batangnya dapat fungsikan sebagai tempat menyimpan air. Ini dapat disebut sebagai sukulen pada tumbuhan kaktus.

Dapat dibayangkan seperti sifat spons, pada saat turun hujan batang pada kaktus dapat menyerap air sebanyak-banyaknya untuk dijadikan cadangan saat panas dan kekeringan telah tiba. Saat turun hujan, batang kaktus akan terlihat membesar yang menandakan menyimpan air yang banyak. Lalu saat kemarau tiba, batang kaktus akan terlihat kurus karena tumbuhan tersebut telah menggunakan cadangan airnya untuk bertahan hidup.

4. Tumbuhnya Areoles

Ciri keempat dari tumbuhan kaktus adalah tumbuhnya areoles di sekitar duri-duri kaktus. Aroeles ini merupakan sumber yang menjadi bantalan bulu-bulu atau rambut dan bunga tanaman yang tumbuh. 

Bentuk areoles seperti bantalan bulat atau oval. Kemunculan bulu-bulu atau rambut dan bunganya juga dapat mengalami perbedaan, yaitu satu bagian dapat ditumbuhi rambut dan satu bagian lagi dapat ditumbuhi bunga. Kamu juga bisa mengetahui tanaman hias outdoor rumah apa saja yang mudah dirawat.

5. Lapisan Luar yang Setebal Lilin

ciri-ciri kaktus
Source : iStock

Pada batang tumbuhan kaktus memiliki lapisan pelindung di bagian terluarnya yang tebalnya seperti lilin. Lapisan ini dinamakan lapisan kutikula, karena ketebalannya lapisan ini berfungsi sebagai pencegah penguapan berlebihan pada tumbuhan kaktus.

Ketebalan lapisan kutikula ini dapat dirasakan dengan menyentuhnya, tetapi jangan sampai mengikis batang kaktus menggunakan kuku kita ya Pins. Hal ini akan menyebabkan kerusakan pada tumbuhan kaktus. Kamu harus tahu jenis hema apa saja yang mengganggu tanaman hias!

6. Akar Kaktus yang Memanjang

Pertumbuhan tanaman berawal dari akar yang berkembang menjadi suatu tumbuhan. Tumbuhan kaktus memiliki akar yang dapat memanjang dan memendek.

Akar tumbuhan kaktus akan memanjang ketika turunnya air hujan dengan tujuan untuk mengumpulkan atau menyerap air yang mengalir ke dalam tanah, bahkan memanjangnya akar ini bisa sampai 15 kaki. Lalu, ketika terjadinya kemarau maka akar tumbuhan kaktus akan memendek sebagai bentuk penutupan celah agar air tidak keluar kembali ke tanah.

Baca juga: Cara Menanam Kaktus : 5 Tips Mudah Agar Kaktus Cepat Tumbuh

7. Batang Kaktus Memproses Metabolisme

ciri-ciri kaktus
Source : iStock

Ciri-ciri kaktus terakhir ini adalah batangnya dapat memproses metabolisme kebutuhannya. Proses metabolisme ini membutuhkan stomata untuk menghasilkan glukosa, buah-buahan, atau umbi-umbian. Pada umumnya stomata adalah celah berlubang dengan ukuran sangat kecil sebagai tempat keluar masuknya gas karbon dioksida dan oksigen.

Dalam hal ini dapat disimpulkan ketika proses metabolisme maka pintu stomata akan terbuka. Lalu, bagaimana dengan kaktus yang meminimalisir keterbukaan tersebut agar tidak terjadi penguapan berlebih pada simpanan airnya? Yaitu dengan kelebihan tumbuhan kaktus yang disebut metabolisme asam crassulacean. Kelebihan ini menyebabkan terbukanya pintu stomata hanya pada malam hari. Sehingga penguapan karena panas, dapat dihindari.

Itulah ciri-ciri tumbuhan kaktus dan juga fungsinya yang dapat Kamu jadikan sumber pengetahuan. Semoga artikel ini dapat menjadi manfaat dan referensi untuk Kamu semakin tergiur merawat tanaman kaktus!

Baca juga8 Jenis Kaktus Termahal Beserta Cara Merawatnya

Source Feature Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Griya Parama dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download