BlogHome ServiceKebersihan Rumah10 Desain Tong Sampah Kreatif dan Menarik
0
0

10 Desain Tong Sampah Kreatif dan Menarik

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa

Des 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Desain tong sampah kreatif kini mulai bermunculan di pasaran. Barang yang terkadang tidak terlihat ini, kini justru ingin lebih ditonjolkan seiring dengan berjalannya kampanye kebersihan lingkungan. Dengan adanya desain yang menarik, diharapkan masyarakat lebih aware dan membentuk kebiasaan baik membuang sampah selalu pada tempatnya.

Tidak hanya di luar ruangan, sekarang pun sudah banyak desain tong sampah kreatif yang bisa kamu gunakan di dalam rumah. Tampilannya menarik dengan warna yang tentunya juga ciamik.

Baca Juga: 10 Bahaya Sampah Plastik Bagi Lingkungan

Desain Tong Sampah Kreatif

Kira-kira seperti apa saja tampilan unik dari tong sampah kreatif ini? Lihat langsung yuk 10 desainnya berikut!

Tong Sampah Cap Kaki

Source : Tokopedia

Nah, untuk kamu yang senang dengan tempat sampah dengan model outdoor, tempat sampah satu ini bisa dijadikan pilihan, Pins! Terbuat dari bahan aluminium , sampah satu ini sering digunakan oleh warga perumahan. Walau sedikit berbunyi saat jatuh ataupun hujan, namun tong ini tergolong tahan lama. Kamu bisa mewarnainya sesuai selera, seperti contoh di atas.

Desain Tong Sampah Kreatif dari Bambu

Source : Liputan 6

Hasil karya anyaman bambu memang selalu mencuri perhatian. Salah satunya diterapkan dalam desain tong sampah. Tong sampah dengan bahan bambu tergolong kuat dan awet. Kamu pun bisa menambahkan hiasan menarik yang kreatif. 

Seperti salah satunya adalah membuat papan atau keterangan tambahan yang menginformasikan pemisahan antara sampah organik dan anorganik. Dengan begitu, masyarakat bisa belajar pemilahan sampah sejak dini dengan biaya yang terjangkau.

Tong Sampah dengan Desain Telepon Umum

Source : Radar Semarang

Siapa yang ingin kembali ke era 90-an dengan banyaknya telepon umum di jalanan? Nostalgia barang satu ini bisa kamu temukan dalam bentuk tong sampah, Pins! Ya, di alun-alun kota Magelang, kamu akan menemukan desain tong sampah kreatif dengan bentuk mirip dengan wartel atau telepon umum. Menarik sekali bukan?

Tempat sampah satu ini khusus menyimpan sampah botol plastik yang nantinya akan diambil oleh Bank Sampah. Setelahnya sampah ini bisa didaur ulang menjadi barang menarik yang bermanfaat. Hal ini memang digalangkan oleh Gubernur sekitar agar masyarakat terbiasa untuk memilah sampah.

Tong Sampah Lukis

Source : Merdeka

Para pengrajin memang tidak pernah kehabisan ide, Pins! Limbah pabrik pun bisa digunakan sebagai tempat sampah dengan tampilan luar yang menarik. Tong sampah lukis ini dihiasi tokoh kartun yang tentunya sangat lucu. Kamu bisa mendapatkan tong sampah ini mulai dari harga Rp75.000 – Rp450.000 tergantung lukisan dan ukuran. Bagaimana apa kamu tertarik membelinya?

Baca Juga: Ini Dia Cara Pengolahan Sampah Rumah Tangga yang Benar

Desain Tong Sampah Kreatif Menyerupai Hewan

Source : Pixabay

Bila kamu memerlukan tempat sampah kecil yang bisa kamu gunakan di area indoor, desain tempat sampah lucu ini cocok, Pins! Hadir dengan varian warna yang menarik, kamu akan menemukan desain ragam hewan. Mulai dari kodok, babi, panda, macan. Kelinci dan masih banyak lagi. Anak-anak pun dijamin suka melihatnya. Hal ini bisa menjadi pembelajaran pula untuk para buah hati agar selalu membuang sampah pada tempat sampah. 

Namun, tidak hanya sampai disitu. Beberapa tong sampah di area pertamanan Ibu Kota pun sudah banyak yang menggunakan desain tong sampah menyerupai hewan yang tergolong besar. Selain menarik minat masyarakat, kapasitasnya pun banyak.

Tong Sampah Mural

Source : Pinterest/Isabel Roche

Ide kreatif mural ternyata tidak hanya diaplikasikan pada dinding saja, tong sampah pun bisa. Beberapa diantaranya pun ada yang dibuat dengan tampilan 3D yang menarik. Lihat saja salah satu contohnya di atas. Menarik sekali bukan? Tong sampah sengaja dibuat berbeda dari yang lain agar terlihat dan tentunya menarik perhatian. 

Desain Lego

desain tong sampah kreatif
Source : Pinterest

Siapa yang tidak tahu dengan Lego? Permainan yang bisa dimainkan dari anak-anak hingga orang dewasa ini menyusun bongkahan plastik menjadi suatu bentuk yang menarik. Mulai dari bentuk alat transportasi, bangunan, hewan dan masih banyak lagi. Nah, Lego pun juga mempunyai berbagai macam jenis perlengkapan rumah tangga. Tidak terkecuali tempat sampah.

Tempat sampah berbentuk mainan lego dengan warna-warni yang menarik ini juga bisa membuat rumah semakin estetik. Kamu bisa membuat keterangan pada setiap bak sampah untuk pemilahan sampah daur ulang berdasarkan warna.

Tempat Sampah Pensil Warna

desain tong sampah kreatif
Source : Pinterest

Ada lagi nih, Pins! Desain tong sampah kreatif yang berbentuk pensil warna. Cocok sekali ditempatkan di rumah maupun tempat-tempat yang ramah dengan anak. Seperti taman bermain, sekolah, hingga area sekitar perumahan. Desainnya yang unik bisa kamu tempatkan berbaris dengan warna-warni dari pensil warna yang unik.

Desainnya yang cenderung memanjang justru dapat memaksimalkan tempat pembuangan sampah. Namun usahakan untuk tetap menyesuaikan dengan rata-rata tinggi anak, agar buah hati tetap nyaman saat ingin buang sampah.

Desain Transparan yang Menarik

desain tong sampah kreatif
Source : Pinterest

Selanjutnya adalah desain millenial yang tak kalah menarik. Tong sampah dibuat transparan, sehingga apa yang kamu buang di dalamnya terlihat secara utuh. Menarik sekali ya! Hal ini juga memudahkan saat sedang dikumpulkan kepada bank sampah. Kamu bisa memilih dengan lebih mudah apa saja sampah yang kiranya salah masuk penyortiran.

Baca Juga: 6 Manfaat Memilah Sampah untuk Lingkungan

Tong Sampah Daur Ulang

desain tong sampah kreatif
Source : Kompas

Apapun yang didaur ulang memang dapat membuat sampah menjadi hal yang berguna. Seperti tong sampah yang terletak di Bandung ini. Bekas kemasan plastik dicat ulang dengan warna-warna yang segar. Tempat sampah dari bahan plastik ini mempunyai tutup layaknya botol namun dengan tampilan yang melebar. 

Kira-kira apalagi nih Pins, ide-ide menarik yang bisa kamu gunakan sebagai desain dasar pembuatan tong sampah kreatif? Selain dari sampah daur ulang, ide menarik lainnya bisa terwujud dari hal sederhana di dalam keseharian. Bagaimana cukup menarik bukan ke-10 desain tong sampah di atas, kalau kamu pilih yang mana?

Bila desain tong sampah sudah kamu pilih, kini saatnya membuat rumah juga bersih. Kamu bisa pakai layanan Home Cleaning dari Pinhome Home Service melalui aplikasi pinhome. Harganya mulai 50ribu untuk 1 jam dengan berbagai promo tersedia. Klik di sini untuk coba.


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download