BlogLifestyleEdukasiBacaan Doa Agar Cepat Haid Dalam Islam Serta Tips Mengatasinya
0
0

Bacaan Doa Agar Cepat Haid Dalam Islam Serta Tips Mengatasinya

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Okt 13, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
doa agar cepat haidtop-right-banner

Saat siklus haid atau menstruasi terhambat atau tidak lancar, bisa menimbulkan kecemasan bagi para perempuan. Selain melakukan usaha, dalam Islam berdoa adalah langkah yang dianjurkan saat memiliki suatu kekhawatiran atau pun masalah. Untuk itu, banyak perempuan yang memanjatkan doa agar cepat haid.

Sebelum membahas lebih lanjut, Pinhome ingin memperkenalkan fitur PinValue untuk mempermudah Pins mencari hunian impian. Misalnya Pins ingin membeli rumah bekas di Kab Mojokerto atau perumahan baru di Kabupaten Bekasi seperti Kertamukti Sakti Residence, dengan fitur ini Pins akan mendapatkan detail informasi properti lebih mudah. Pins bisa melakukan titip jual sewa rumah dengan lebih mudah.

Doa Agar Haid Cepat Keluar

doa agar cepat haid
Source : Pexels

Seperti yang diketahui, saat haid terhambat bisa memicu kekhawatiran besar untuk perempuan. Terlebih jika haid yang tidak lancar ini terlambat hingga beberapa bulan. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan haid tidak lancar.

Diantaranya bisa dikarenakan kelelahan, stress, kenaikan dan penurunan berat badan yang drastis. Selain memperkirakan faktor yang menyebabkan keterlambatan haid, memanjatkan doa adalah hal penting yang sebaiknya selalu dilakukan.

Berbeda dari doa harian seperti doa saat hendak menyantap makanan, doa tidur, dan doa keluar rumah, masih banyak yang belum mengetahui bacaan doa agar haid cepat keluar. Bila kamu termasuk salah satunya, berikut bacaan doa agar cepat haid yang bisa kamu panjatkan. Selain bacaan doa dalam bahasa Arab, turut disertakan terjemahannya agar kamu bisa memaknai juga arti dari doa agar cepat haid.

1. Doa agar cepat haid Surat Al-Anbiya ayat 84.

رَبَّهُ أَنِّي مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَأَنْتَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِينَ

“Robbi annii massani yadh dhurru wa anta arhamar roohimiin.”

Artinya: “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang.”

2. Doa dari Hadits Shahih yang Diriwayatkan Bukhari.

اللّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذهِبِ البَأسَ اشفِ أَنتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاوءُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

“Allahumma Rabbannasi, adzhibil ba’sa isyfi anta asy-syafi la syifa’a illa syifauka syifaan la yughadiru saqoman.”

Artinya: “Ya Allah Tuhannya manusia, hilangkanlah rasa sakit ini, sembuhkanlah, Engkau dzat Yang Maha Menyembuhkan, tak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, yaitu kesembuhan yang tak meninggalkan rasa sakit.” (HR. Bukhari).

3. Menurut HR. Muslim Nomor 2739

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ وَجَمِيعِ سَخَطِكَ

“Allahumma inni a’uudzu bika min zawaali ni’matika wa tahawwuli ‘aafiyatika wa fujaa’ati niqmatik wa jamii’i sakhothik”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya kenikmatan yang telah Engkau berikan, dari berubahnya kesehatan yang telah Engkau anugerahkan, dari siksa-Mu yang datang secara tiba-tiba, dan dari segala kemurkaan-Mu.”

4. Doa yang Diriwayatkan Ad Darimi dari Abu sa’id

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ .الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ. الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ. مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ. إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ. اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ. صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ

Bismillahir rahmanir rahim. Alhamdu lillahi rabbil alamin. Ar rahmanir rahim. Maliki yaumid din. Iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’in. Ihdinas siratal mustaqim. Siratal lazina an’amta ‘alaihim ghairil maghdubi ‘alihim wa lad dallin.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Maha pemurah lagi Maha Penyayang. Yang menguasai Hari Pembalasan. Hanya Engkaulah yang kamu sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta perolongan. Tunjukilah jalan yang lurus. (yaitu) Jalan orang-orang yang Engkai beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.”

Baca juga: Bacaan Doa Agar Keinginan Tercapai dengan Cepat

Waktu Terbaik Membaca Doa Cepat Haid

Source : Pxhere

Kapan waktu yang tepat dalam memanjatkan doa? Doa agar cepat haid ini bisa dibaca kapan pun. Tak ada waktu khusus untuk berserah diri kepada Allah dan memanjatkan keinginan serta harapan.

Kamu bisa membacanya di sepertiga malam terakhir, di antara azan dan iqamah, saat turun hujan, hari Jumat, hari Arafah, sholat fardhu, dalam sujud, saat berbuka puasa dan sahur, dan lainnya. Panjatkan dengan tulus dan diselingi dengan beralih ke gaya hidup sehat.

Baca juga: Mencari Kebahagiaan

Cara Sehat Agar Haid Cepat Keluar

Source : Freepik

Selain berdoa, usaha apa yang harus dilakukan agar bisa membantu mempercepat datangnya siklus menstruasi ini? Ada beberapa cara yang sehat dan aman yang dapat kamu lakukan guna mempercepat datangnya haid.

1. Mengelola Stress

Stress adalah salah satu alasan yang bisa membuat siklus haid menjadi terhambat. Sebagai solusinya, Pins perlu mencoba untuk mengelola stress. Memang sulit untuk mengatasi stress secara sekaligus, karena saat mengalami suatu cobaan akan terus terbayang kekhawatiran. 

Untuk mengatasi stress perlu dilakukan secara bertahap. Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah dengan mengalihkan perhatian pada kegiatan yang bisa memunculkan rasa bahagia ataupun tenang.

Contohnya adalah dengan melakukan meditasi, traveling, pergi ke salon, atau pun melakukan hobi yang disukai. Saat stress terkelola dengan baik, hormon kortisol berlebih yang menghambat haid dapat berkurang.

2. Tidak Melakukan Aktivitas Berlebihan

Aktivitas yang berat, seperti bekerja hingga larut malam dan olahraga yang berlebihan dapat turut mempengaruhi siklus haid. Demi kesehatan tubuh, mau tidak mau kita perlu mengurangi aktivitas berlebihan ini. 

Bila beban pekerjaanmu cukup banyak, bisa menyiasatinya dengan manajemen waktu. Jadi agar beban kerja tidak berat setiap hari, bisa dicicil sebelum deadline-nya mendekat. Untuk aktivitas berolahraga, olahraga yang berlebihan justru bisa memberikan dampak buruk untuk kesehatanmu. Lakukan olahraga sesuai dengan kapasitas tubuh. 

3. Menjaga Berat Badan

Belakangan ini kamu mengalami kenaikan atau pun penurunan yang drastis? Untuk mendapatkan berat badan yang diidamkan, banyak perempuan yang berusaha keras untuk menurunkan berat badannya. Sampai mereka tidak menyadari kalau usaha menurunkan berat badan yang instan itu dapat memberikan pengaruh pada siklus haid mereka. 

Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi yang memiliki berat badan berlebih untuk menurunkannya secara bertahap dan dengan cara yang sehat. Begitu juga untuk yang mengalami kenaikan berat badan drastis. Jika penyebabnya dikarenakan makanan junk food ataupun jam tidur yang kacau, perlu mulai menerapkan gaya hidup sehat.

4. Mengkonsumsi Makanan yang Bisa Mempercepat Haid

Ada banyak makanan maupun rempah yang bisa mempercepat haid. Beberapa diantaranya adalah pepaya yang memiliki kandungan senyawa karoten untuk mendorong kadar hormon estrogen. Lalu ada kacang kedelai yang kaya kandungan vitamin, mineral, dan fitoestrogen. Buah-buahan lainnya yang mengandung vitamin C, baik juga untuk dikonsumsi. Hal ini karena vitamin C memiliki kandungan asam askorbat yang bisa meningkatkan hormon estrogen.

Sementara itu, untuk rempah ada kayu manis, kunyit, dan juga jahe yang juga dapat memperlancar haid. Rempah-rempah ini sering dijadikan sebagai bahan olahan untuk minuman kesehatan dan jamu untuk perempuan. 

5. Berkonsultasi Pada Dokter

Bila keterlambatan haid ini berlangsung lama dan terus menerus terjadi, sebaiknya Pins juga berkonsultasi ke dokter. Nantinya, dokter akan memberikan diagnosis dan penanganannya dari sisi medis. 

Itulah doa agar cepat haid yang dapat kamu panjatkan. Semoga dengan semua upaya dan ikhtiar yang dilakukan, bisa membuat siklus haid kamu kembali lancar ya.

Baca juga: Bagaimanakah Cara Menghitung Berat Badan Ideal? Yuk Simak!

Source Feature Image: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Britania Green Resort dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download