BlogLifestyleEfek samping sabun dosting berbahaya? Bisa untuk wajah sensitif, berminyak, berjerawat?
0
0

Efek samping sabun dosting berbahaya? Bisa untuk wajah sensitif, berminyak, berjerawat?

Dipublikasikan oleh Mahardhika Gilang

Agu 19, 2022

3 menit membaca

Copied to clipboard
sabun dostingtop-right-banner

Apakah ada efek samping sabun dosting? Apakah sabun dosting berbahaya? Apakah produk ini aman untuk kulit wajah sensitif, berminyak, dan berjerawat? Bagaimana cara pakai sabun dosting yang benar? Apakah bisa untuk wajah? Kegunaannya untuk apa? Bisa untuk memutihkan kulit?

Kalau membahas tentang sabun, ada berbagai hal yang bisa dibahas. Dari berbagai merk sabun di pasaran, salah satu merk sabun yang cukup menarik perhatian adalah Dosting. Sabun ini dipromosikan sebagai sabun pemutih.

Ternyata sabun dosting ini bukan cuma satu jenis saja. Bukan cuma satu jenis sabun yang menggunakan merk dosting, setidaknya ada tiga. Namun, ketiganya punya persamaan, yakni sama-sam sabun batang berwarna kuning.

Ada sabun dosting yang tanpa kemasan box. Kalau yang ini tidak terdaftar di BPOM, juga tidak ada keterangan komposisinya. Sabun ini diklaim dapat memutihkan kulit dengan cepat.

Yang kedua adalah sabun dosting dengan box berwarna kuning. Sabun ini produksi CV Bengawan Jaya Abadi. Penggunaan kata Dosting ini sebagai merk. Selain yang berwarna kuning, perusahaan ini juga memproduksi sabun dosting berwarna hitam, oranye, dan putih.

Berikutnya adalah sabun dosting beauty premium. Sabun ini diproduksi oleh CV Laras Natura. Adapun ciri kemasannya adalah dominan hitam.

Saya tidak tahu mana yang lebih dulu, apakah yang polosan tanpa merk atau lainnya. Jika yang pertama adalah sabun dosting yang polosan, berarti yang lain adalah tiruan, sekalipun memakai merk dosting.

Ini memang bisa terjadi, di mana ada produk skincare dengan administrasi yang tidak jelas, seperti tidak jelas produsennya, tidak ada nomor BPOM, tidak ada keterangan tanggal kedaluwarsa, tapi skincare tersebut populer, kemudian ada perusahaan yang memproduksi skincare dengan merk tersebut.

Tapi kalau yang duluan keluar adalah sabun dosting dari CV Bengawan Jaya Abadi, berarti yang tiruan adalah yang polosan tanpa merk.

Namun, entah siapa meniru siapa, yang patut dipertimbangkan sebelum menggunakan sabun dosting adalah tentang keamanan produk tersebut.

Apakah sabun dosting berbahaya atau aman digunakan?
Berhubung produsennya beda-beda, bahan-bahan yang digunakan juga berbeda. Sabun dosting yang polosan tanpa box, tidak terdaftar di BPOM, sehingga belum bisa dipastikan keamanannya. Saya tidak bisa menuduh kalau sabun ini mengandung merkuri atau hidrokuinon tanpa ada bukti. Namun, untuk kehati-hatian, sebaiknya gunakan yang terdaftar di BPOM.

Berikutnya, sabun dosting dari CV Bengawan Jaya Abadi terdaftar di BPOM sehingga aman digunakan. Sabun dosting beauty premium dari CV Laras Natura juga sudah terdaftar di BPOM.

Ini membahas tentang keamanan, bukan keefektifannya dalam memutihkan kulit. Kalau pertanyaannya adalah sabun dosting mana yang paling bagus untuk memutihkan kulit, tentu beda lagi. Aman belum tentu efektif, yang efektif belum tentu aman.

Tapi, untuk memutihkan kulit, jangan cuma fokus ke hasilnya saja, tetapi juga keamanan produk yang digunakan. Buat apa pakai produk pemutih kulit tetapi produk tersebut dapat merusak kulit.

Adapun penggunaan sabun untuk memutihkan kulit kurang efektif jika tidak dibarengi dengan penggunaan produk lain. Misal, kalau untuk wajah, selain sabun wajah, bisa gunakan cream wajah. Sedangkan untuk badan, selain menggunakan sabun juga menggunakan lotion.

Adakah efek samping sabun dosting?
Kalau dilihat dari komposisinya, sabun dosting dari CV Bengawan Jaya Abadi ini merupakan sabun oily based. Adapun minyak yang digunakan adalah minyak kelapa dan minyak zaitun. Cara pakainya engan menggosok sabun secara lembut pada bagian kulit yang sudah dibasahi air, didiamkan 1-2 menit, kemudian baru dibilas.

Sebaiknya hindari penggunaan untuk kulit wajah berjerawat.

Penggunaan sabun wajah meski sudah terdaftaar di BPOM, bisa saja menimbulkan efek samping. Jika setelah menggunakan sabun dosting muncul tanda ketidakcocokan seperti alergi, kulit gatal, kemerahan, iritasi, breakout, bisa jadi itu adalah tanda tidak cocok.

Bagi yang punya kulit wajah sensitif yang ingin coba menggunakan sabun ini tapi masih ragu, kalian bisa menggunakannya ke punggung tangan atau ke belakang telinga dulu selama beberapa hari kemudian tunggu apakah ada tanda ketidakcocokan atau tidak.

Demikian pembahasan tentang efek samping sabun dosting. Jadi, sabun dosting yang beredar di pasaran ada yang terdaftar di BPOM dan ada juga yang belum. Waspadalah dengan produk sabun dosting palsu. Usahakn gunakan yang asli.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download