BlogHome ServiceElektronik8 Rekomendasi Exhaust Fan Kamar Mandi yang Bagus
0
0

8 Rekomendasi Exhaust Fan Kamar Mandi yang Bagus

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa

Des 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Kamu pernah punya masalah dengan kamar mandi yang cepat lembab dan berjamur? Biasanya hal tersebut terjadi karena kurangnya sirkulasi udara di dalamnya. Salah satunya jika kamar mandi tidak memiliki jendela sama sekali. Namun jangan kuatir, dengan merk exhaust fan kamar mandi yang bagus masalah kamu terselesaikan.

Exhaust fan adalah alat sejenis kipas angin yang berfungsi sebagai ventilator untuk menghisap udara dari dalam ruangan dan mengeluarkannya. Biasanya kipas penyedot ini dipasang di ruangan yang tidak memiliki jendela maupun ventilasinya tidak memadai, salah satunya kamar mandi.

Baca Juga:

Fungsi Utama Exhaust Fan Kamar Mandi

Masalah utama yang dialami oleh kamu yang memiliki kamar mandi sempit pasti bau tak sedap setelah menggunakannya. Aroma tak sedap ini kemudian berputar di dalam ruangan karena tidak tersedia jendela untuk pertukaran udara. Apalagi kamar mandi jenis yang basah dengan tingkat kelembaban yang tinggi.

Masalah ini akan teratasi jika kamar mandi memiliki sirkulasi cahaya dan udara yang baik. Namun jika tidak, jamur akan mulai bermunculan di seluruh area yang akan membuat kamar mandi kamu terlihat jorok. Tak hanya itu, lama-lama kelembaban dan jamur juga akan berimbas pada pelapukan dinding, plafon, dan tampilan menguning dan berkerak pada keramik kamar mandi.

Jamur muncul akibat udara yang kotor dan menumpuk sehingga membuat suhu kamar mandi dua kali lebih lembab. Kamu bisa saja menghilangkan bau kamar mandi dengan lebih rajin dan rutin membersihkannya, tapi jika kamu tergolong orang yang sibuk dan tidak sempat untuk melakukannya, exhaust fan kamar mandi yang bagus bisa jadi solusi.

Pilihan Exhaust Fan Kamar Mandi yang Bagus

Melihat pentingnya fungsi exhaust fan di kamar mandi, untuk kamu yang berniat untuk memasangnya, berikut rekomendasi merk exhaust fan yang bagus sebagai opsi.

KDK 20TGQ Ceiling

Source : Shopee

Kipas penghisap udara ini memiliki diameter baling-baling delapan inci dan didesain dengan tampilan yang ramping, elegan, dan sangat cocok untuk kamar mandi minimalis atau sempit. Suaranya tidak bising dan pemasangannya pun sangat mudah. Produk ini memakan daya sebesar 37 watt dan ditawarkan dengan harga mulai dari Rp225 ribu saja.

KDK 10EGSA Sirocco

Source : Tokopedia

Masih dari pabrikan yang sama, exhaust fan tipe Sirocco dari KDK ini memiliki tampilan elegan yang ringkas. Daya listriknya pun lebih hemat, hanya lima watt dengan suara motor lebih halus. Ukuran exhaust fan ini cocok untuk kamar mandi dengan ukuran yang lebih besar. Harga dibanderol mulai dari Rp374 ribu.

Baca Juga: 14 Rekomendasi Kipas Angin Dinding Terbaik untuk Ruangan

Maspion CEF-25 Plafon

Source : Lazada

Produk Maspion tipe ini memiliki diameter sepuluh inci dan hanya memakan daya sebesar 35 watt. Dimensi kipas angin 30x30x25cm dengan kapasitas hembusan udara 820cm3/jam. Exhaust fan ini mampu menghisap udara kotor dan mampu menyesuaikan kelembaban di kamar mandi sehingga efektif menghambat pertumbuhan jamur, udara pun menjadi lebih segar. Maspion CEF-25 Plafon ditawarkan dengan harga Rp225 ribu di pasaran.

Panasonic FV20TGU5W

Source : Tokopedia

Produk ini menghilangkan bau dan menjaga kelembaban penyebab timbulnya jamur di kamar mandi secara efektif sehingga udara selalu segar. Desainnya compact dan stylish, cocok untuk kamar mandi minimalis atau sempit sekalipun. Produk ini juga hemat energi karena hanya memakan daya sebesar 17,9 watt. Produk ini ditawarkan seharga Rp284 ribu.

OEM Ventilation Exhaust Fan

merk exhaust fan kamar mandi yang bagus
Source : Alibaba

Memiliki material ringan dan kuat, daya hisap exhaust fan ini mencapai 67m3/jam. Produk ini tidak menuntut perawatan yang rumit dan mampu membasmi bau serta mengurangi kelembaban penyebab jamur dengan efektif. Harga di pasaran dibanderol mulai dari Rp232.243.

Baca Juga: Fungsi Kipas Angin yang Jarang Orang Ketahui

Sekai CEF 1295 Ceiling

merk exhaust fan kamar mandi yang bagus
Source : Tokopedia

Dirancang untuk menstabilkan udara bersih dan segar ke dalam kamar mandi, daya sedot kipas angin ini sebesar 13,5m3/menit. Produk ini banyak dicari karena alasan ekonomis dan praktis karena bisa dipasang di plafon atau dinding sekalipun. Sekai CEF 1295 Ceiling memakan daya sebesar 38 watt dan dipasarkan dengan harga kisaran Rp296 – 400 ribu.

Imatsu’s BPT 10-12F-LED-BB-ST

merk exhaust fan kamar mandi yang bagus
Source : Shopee

Terdaftar sebagai produk dengan standar SNI dan AMCA International, exhaust fan ini merupakan salah satu pilihan terbaik. Ukurannya delapan inci dan sangat fleksibel untuk diletakkan di mana saja tanpa mengganggu tampilan ruangan. Dimensi produk ini 28x28x28cm dengan daya sedot 480m3/jam. Produk Imatsu’s tipe ini memakan daya listrik sebesar 24 watt. Dengan kualitas jawara, produk ini ditawarkan hanya Rp300.200 saja di pasaran.

Mitsubishi EX-20SC5T

merk exhaust fan kamar mandi yang bagus
Source : Tokopedia

Produk berukuran delapan inci ini diperuntukan untuk pemasangan di dinding ruangan. Pembersihan dan perawatannya tidak menyusahkan dengan suara halus dan fitur hemat energi. Dimensi produk ini 30x30x15cm dengan daya listrik hanya 19watt. Harga di pasaran dibanderol pada Rp310ribu.

Setelah kamu memutuskan jenis kipas angin yang ingin digunakan, untuk proses pemasangan yang perlu kamu perhatikan antara lain ukuran kamar mandi untuk menghitung jarak kipas penyedot agar bisa bekerja maksimal. Apakah kipas angin kamu harus dipasang di plafon, antara atap dan plafon, atau bahkan di dinding.

Bagaimana, sudah memutuskan merek exhaust fan kamar mandi yang bagus menurut kamu? Semoga informasi exhaust fan kamar mandi yang bagus di atas dapat membantu memecahkan masalah bagi kamu yang kamar mandinya tidak memiliki jendela atau ventilasi yang baik.

Jangan lewatkan juga untuk membersihkan AC kamu agar performanya tetap terjaga. Agar lebih aman, gunakan jasa cuci AC dari Pinhome Home Service yang bisa dipesan di aplikasi Pinhome. Klik di sini untuk coba, ya!

Featured Image Source: Kompas

Baca Juga: 17 Kipas Angin Terbaik, Sejuknya Tahan Lama!


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download