BlogLifestyleEdukasiFlora yang tumbuh di Indonesia
0
0

Flora yang tumbuh di Indonesia

Dipublikasikan oleh Eka Mandala

Apr 13, 2023

2 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Flora yang tumbuh di Indonesia dipengaruhi oleh iklim, letak ketinggian tempat, serta kesuburan tanah. Indonesia beriklim tropis dan panas. Rata-rata curah hujan di Indonesia cukup tinggi. Ketinggian wilayah daratan di Indonesia cukup beragam, mulai dari dataran rendah di daerah pantai hingga dataran tinggi di daerah pegunungan.

4 Jenis Flora Berdasarkan Ketinggian

Berdasarkan letak ketinggian, jenis flora atau tanaman yang ada di Indonesia dapat dibedakan sebagai berikut:

1. Tanaman yang tumbuh di bawah ketinggian 700 meter di atas permukaan air laut. Suhu udara cukup panas. Jenis tanaman yang biasa tumbuh dengan baik adalah padi, jagung, dan berbagai jenis tanaman palawija.

2. Tanaman yang tumbuh pada ketinggian 700 – 1.500 meter di atas permukaan air laut. Suhu udara cukup sejuk. Jenis tanaman yang biasa tumbuh dengan baik adalah teh, kopi, kina, dan sayur-mayur.

3. Tanaman yang tumbuh pada ketinggian 1.500 – 2500 meter di atas permukaan air laut. Suhu udara cukup dingin. Jenis tanaman yang biasa tumbuh dengan baik adalah cemara dan mahoni.

4. Tanaman yang tumbuh di atas ketinggian 2.500 meter di atas permukaan air laut. Suhu udara sangat dingin. Jenis tanaman yang biasa tumbuh adalah semak-semak dan lumut.

Flora berdasarkan Jenis

Berdasarkan jenisnya flora di Indonesia dapat dibedakan menjadi hutan bakau, hutan rawa, hutan musim, hutan hujan tropis, dan sabara.

Hutan Bakau Indonesia
Hutan Bakau Indonesia

Hutan bakau disebut juga hutan mangrove. Hutan bakau biasa tumbuh di daerah pantai yang landai. Hutan bakau merupakan tempat hidup berbagai jenis ikan dan udang. Di Indonesia hutan bakau terdapat di pesisir pantai Pulau Papua, pesisir Kalimantan, dan di beberapa pesisir pantai timur di Pulau Sumatra.

Hutan rawa banyak terdapat di daerah rawa yaitu di pantai timur Sumatra, pantai Kalimantan Barat, dan di pantai Kalimantan Tengah. Jenis tanaman yang tumbuh berupa beluntas, pandan, dan ketapang.

Hutan musim adalah hutan yang pada musim hujan biasanya tumbuh subur, sedangkan pada musim kemarau daunnya meranggas. Contoh hutan musim adalah hutan jati. Hutan musim banyak terdapat di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan kepulauan Nusa Tenggara.

Hutan hujan tropis adalah hutan yang terdapat di daerah tropis dan memiliki curah hujan yang tinggi. Hutan hujan tropis sangat lebat dengan berbagai macam tumbuhan. Hutan jenis ini banyak terdapat di Kalimantan, Sumatra, Sulawesi, dan Papua.

Sabana adalah padang rumput yang sangat luas dengan diselingi tumbuhan semak belukar. Sabana yang ada di Indonesia terdapat di Jawa Timur dan Kepulauan Nusa Tenggara.

Baca juga : Tipe fauna Asia, fauna peralihan dan fauna Australia

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Flora yang tumbuh di Indonesia, semoga menjadikan tambahan wawasan kita bersama.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download