BlogHome ServiceElektronik11 Manfaat dan Fungsi AC untuk Kesehatan
0
0

11 Manfaat dan Fungsi AC untuk Kesehatan

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Feb 27, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Memiliki rumah yang sejuk sepanjang tahun memang bukan tugas yang mudah. Namun, hal tersebut bisa digapai dengan berbagai cara dan salah satunya adalah memanfaatkan fungsi AC, Pins. 

AC menjadi pilihan alat elektronik untuk mencapai suhu ruangan yang kamu inginkan. Alat yang dapat dipasang di rumah, kantor, hingga fasilitas umum ini terdiri dari berbagai fungsi yang tentu berguna untuk kita. Apa saja? 

Apa Itu AC?

AC adalah sistem pendingin berbasis listrik yang dipasang untuk menghilangkan panas dan kelembapan dari ruangan. Ini merupakan cara yang sering dilakukan untuk mencapai suhu yang lebih nyaman, baik untuk manusia maupun hewan.

AC juga memiliki fungsi mendinginkan dan menghilangkan kelembapan udara ruangan yang berisi alat-alat elektronik penghasil panas. Sebagai contoh, ruangan berisi server komputer atau ruangan yang berisi karya seni, Pins. 

Umumnya, cara kerja AC dilakukan melalui siklus pendinginan. Ini juga bisa terjadi berkat penguapan atau pendinginan. Sistem AC kebanyakan juga bisa dihasilkan berdasarkan desiccants, yaitu bahan kimia penghilang kelembapan udara. 

Sementara itu, sebagian sistem AC menyimpan dan membuang panas dalam pipa ke dalam bawah tanah, lho. Jadi, ada begitu banyak jenis AC dengan cara kerja yang terkadang berbeda untuk menghasilkan suasana yang lebih nyaman di ruangan. 

Baca Juga: Kenali Pengertian dan Fungsi Kapasitor AC

Manfaat dan Fungsi AC

Toko Sparepart AC

Seperti yang Pins tahu, AC punya fungsi mendinginkan ruangan agar lebih nyaman ditempati. Namun, ada beragam manfaat kesehatan yang bisa kamu peroleh dengan menyalakan sistem pendingin ruangan ini, lho. Apa saja?

Baca Juga: Pahami Daya Listrik AC Sebelum Memasangnya di Rumah

Meningkatkan Kualitas Udara yang Lebih Baik

Salah satu fungsi AC adalah meningkatkan kualitas udara yang lebih baik. Pasalnya, siklus dingin yang dihasilkan bias mengurangi kelembapan di ruangan yang dipasangi AC. 

Sementara itu, kelembapan yang tinggi bisa menghasilkan rumah yang penuh dengan debu, jamur, tungau, hingga risiko dehidrasi. 

Mencegah Risiko Asma dan Alergi

Berkat kualitas udara yang baik tadi, AC cukup berguna untuk mengurangi risiko asma dan alergi, lho. Seperti yang disebutkan, AC bisa membantu mengurangi jumlah serbuk sari, jamur, lumut, dan alergen udara penyebab gejala alergen. 

Hanya saja, Pins perlu rutin mengganti filter udara. Mempertahankan filter AC yang kotor tentu membuat kotoran tersebut teraliri melalui AC kembali ke rumah. Nah, Pins bisa mengganti filter udara AC dari 30 menjadi 60 hari sekali. 

Selain itu, filter AC yang kotor dapat menyebabkan AC membeku dan mengeluarkan udara yang hangat. Akibatnya, fungsi AC tidak berjalan semestinya, deh. Jadi, jangan lupa rutin cuci AC dan mengganti filternya, ya!

Menghasilkan Kenyamanan untuk Berolahraga

Banyak orang yang memilih berolahraga di tempat fitness atau gym karena ruangannya nyaman berkat AC yang dinyalakan. Tanpa perlu keluar rumah, Pins bisa menciptakan kenyamanan tersebut saat berolahraga di rumah, kok

AC bisa kamu pakai untuk menghasilkan ruangan yang sejuk. Jika memiliki ruangan dengan suhu yang sejuk, Pins mungkin lebih semangat berolahraga di treadmill atau melakukan yoga setelah bekerja, bukan?

Baca Juga: Pahami Fungsi Pipa Kecil dan Besar Pada AC yang Punya Peran Penting Ini

Menciptakan Suasana Aman dalam Rumah

Salah satu fungsi AC yang mungkin Pins tidak tahu adalah meningkatkan keamanan di dalam rumah. Pasalnya, Pins harus menutup jendela dan pintu ketika menyalakan AC agar suasana dingin lebih maksimal dan hemat listrik. 

Kebiasaan tersebut ternyata juga mencegah orang yang tidak dikenal masuk tiba-tiba tanpa mengetuk pintu. 

Tidak semua orang yang punya AC tinggal di perumahan dengan keamanan ekstra. Ini bisa menjadi salah satu cara meningkatkan keamanan di dalam rumah, Pins. 

Mengurangi Jumlah Serangga

Pins tahu tidak kalau filter udara di AC bisa mencegah serangga lebih efektif dibandingkan memasang penyaring di jendela? 

Bagi penderita asma dan alergi, serangga menjadi salah satu musuh yang berbahaya karena bisa memicu gejala yang tak diinginkan. Itu sebabnya, kamu bisa memasang pendingin ruangan untuk menjaga ruangan bebas dari kutu dan serangga, lho

Baca Juga: Apa Penyebab AC Tidak Dingin? Ini Dia Jawabannya!

Membantu Merawat Perabotan

Selain baik untuk kesehatan, menyalakan AC ternyata berpengaruh terhadap kualitas perabotan di dalam ruangan tersebut. Bagaimana bisa? 

Suhu yang panas bisa meningkatkan kelembapan udara di dalam ruangan. Sementara itu, kelembapan yang tinggi bisa merusak perabotan, terutama sofa kulit yang menyerap kelembapan. 

Jika dibiarkan, Pins mungkin akan menjumpai perabotan dipenuhi dengan jamur yang membusuk. Belum lagi pakaian dan jaket berisiko mudah rusak akibat kelembapan yang tinggi. Jadi, AC bisa jadi solusi untuk mencegah hal tersebut, nih

Meningkatkan Kualitas Tidur

Tidur di tengah cuaca yang panas memang jadi hal yang sulit, bukan? Ini juga bisa menguras energi hingga berhasil tertidur. Belum lagi Pins bisa terbangun dalam kondisi berkeringat dan mendapatkan kualitas tidur yang buruk. 

Maka dari itu, fungsi AC sebagai pendingin ruangan bisa jadi penyelamat kamu yang kesulitan tidur, Pins. Suhu yang lebih dingin juga memungkinkan kamu untuk terbangun dalam suasana hati yang lebih baik. 

Mencegah Overheating pada Barang Elektronik

Tidak hanya tubuh dan pikiran kamu yang berdampak oleh panas, barang elektronik rentan terhadap panas berlebih dan bisa menderita. Banyak alat-alat, seperti microwave, ponsel, atau toaster yang cenderung rusak akibat panas. 

Penggunaan AC setidaknya bisa menjaga kondisi barang elektronik dari overheating sehingga risiko rentan rusak bisa dihindari. 

Mengurangi Risiko Dehidrasi

Suhu yang lebih dingin artinya lebih sedikit tubuh berkeringat. Di sisi lain, tidak banyak orang yang sadar bahwa ketika berkeringat jumlah air di tubuh ikut berkurang. 

Itu sebabnya, menjaga tubuh tetap terhidrasi saat berada di luar ruangan dalam kondisi ekstrem cukup penting. Hal tersebut bisa terbantu dengan menikmati ruangan ber-AC, lho

Meredakan Stres

Fungsi AC lainnya yang tak kamu sangka-sangka adalah membantu meredakan stres. Banyak orang yang merasa pusing akibat paparan panas sehingga tidak bisa fokus bekerja. 

Fenomena ini juga kerap terjadi di sekolah-sekolah. Banyak sekolah yang mungkin tidak punya banyak ruangan, sedangkan jumlah muridnya melonjak drastis. Akibatnya, ruangan kelas lebih penuh dan tidak nyaman akibat suhu yang panas. 

Maka dari itu, beberapa pihak sekolah kini memasang AC di kelas-kelas untuk meningkatkan kenyamanan. Ini juga bertujuan meningkatkan konsentrasi pada siswa dan guru agar proses pembelajaran tidak terhambat akibat udara panas. 

Setelah mengetahui fungsi AC, kamu bisa lebih giat menjaga fungsi AC, bukan? Jangan lewatkan juga untuk membersihkan AC kamu agar performanya tetap terjaga. 

Agar lebih aman, gunakan jasa cuci AC dari Pinhome Home Service yang bisa dipesan di aplikasi Pinhome. Klik di sini untuk coba, ya!

Baca Juga: 10 Alternatif Pendingin Ruangan Selain AC, Lebih Hemat Listrik!


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah. 

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download