BlogHome ServiceElektronik10 Fungsi Air purifier di Rumah. Ternyata, Banyak Manfaatnya!
0
0

10 Fungsi Air purifier di Rumah. Ternyata, Banyak Manfaatnya!

Dipublikasikan oleh Mustika Mustika

Des 5, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Seiring dengan meningkatkanya masalah polusi udara di Indonesia, menggunakan merk air purifier terbaik di rumah tentu menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan. Pasalnya, air purifier memiliki fungsi membersihkan atau memurnikan udara di dalam ruangan.

Tidak mengherankan Pins akan melihat kini banyak orang yang menggunakan air purifier di daerah perkotaan dengan tingkat polusi tinggi. Hal ini tentu akan sangat berguna ketika kamu tinggal di rumah di Jakarta Timur dan sekitarnya, seperti di Synthesis Huis. Bila masih ragu harus membeli alat elektronik ini, simak apa saja fungsi air purifier di bawah ini!

Fungsi air purifier

Seperti namanya, fungsi utama air purifier adalah memurnikan atau membersihkan udara di dalam ruangan agar terbebas dari partikel-partikel beracun. Itu sebabnya, air purifier dianggap penting, terutama di daerah perkotaan dengan tingkat polusi tinggi.

Kebanyakan air purifier menggunakan teknologi HEPA untuk memfilter udara. Teknologi HEPA bekerja dengan cara menangkap partikel-partikel polutan sehingga udara menjadi bersih. Selain itu, teknologi ini mempunyai efektivitas tinggi karena dapat menghilangkan hingga 99,7 persen partikel udara (airborne particulate matter).

Dengan fungsi tersebut, tidak heran air purifier memberikan begitu banyak manfaat bagi kesehatan. Apa saja?

Baca juga: 7 Rekomendasi Air Purifier Portable Terbaik

1. Meredakan Gejala Asma 

fungsi air purifier
Source : Freepik

Orang-orang yang menderita penyakit asma lebih rentan mengalami peradangan pada saluran pernapasan. Saluran pernapasan mereka lebih sensitif sehingga polutan yang ada di udara dapat mengganggu pernapasan. 

Polutan yang dimaksud bisa berupa partikel dari bulu anjing atau kucing, serbuk sari, asap kendaraan, hingga debu.

Nah, penggunaan air purifier dapat menangkap polutan tersebut supaya tidak menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan penderita asma. Dengan udara yang bersih, kamu pun bisa bernapas lebih lega. Pins juga bisa terbebas dari ruangan yang berdebu, nih.

2. Menghilangkan Bahan Kimia Berbahaya 

Source : Freepik

Tanpa disadari kita sebetulnya selalu terpapar bahan kimia berbahaya di dalam rumah. Bagaimana tidak? Hampir semua produk pembersih ruangan yang digunakan di rumah mengandung zat berbahaya.

Meski tampak bersih, bisa saja masih tertinggal zat kimia sehingga dalam jangka waktu yang lama dapat menimbulkan masalah kesehatan. Hal ini berbahaya terutama bila ada anak kecil di rumah.

Namun, risiko paparan bahan kimia dapat dihindari dengan memasang air purifier. Karbon aktif dalam air purifier bisa membersihkan zat kimia, lho. Dengan metode penyaringan di dalamnya, karbon aktif menjebak bahan kimia agar udara jadi bersih. 

3. Menetralkan Bau Tidak Sedap 

fungsi air purifier
Source : Freepik

Bau tidak sedap di dalam rumah utamanya berasal dari dapur atau kamar mandi yang luput dibersihkan. Bahkan, setelah sumber bau dihilangkan, terkadang baunya masih tercium di dalam ruangan. Tentu ini sangat mengganggu, apalagi kalau ada tamu.

Namun, ini tidak akan terjadi kalau kamu punya air purifier. Kandungan karbon aktif dan teknologi HEPA dapat menangkap partikel-partikel yang menyebabkan ruangan jadi bau. Alhasil, Pins bisa menggunakan air purifier untuk menghilangkan bau tidak sedap.

Baca juga: 10 Air Purifier Mobil Terbaik Agar Bebas Virus

4. Mengurangi Risiko Penyebaran Flu 

Source : Freepik

Penyakit yang menular melalui udara cenderung menyebar dengan cepat, misal ketika ada anggotan keluarga yang terkena flu. Ini bisa menyebabkan satu keluarga tertular. 

Hal ini terjadi karena virus bisa terbawa patogen yang melayang di udara. Maka, orang-orang yang berdekatan dengan penderita flu akan berisiko tertular juga.

Namun, tidak usah khawatir karena air purifier dapat menangkap virus dan bakteri di udara dengan filter HEPA.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur 

fungsi air purifier
Source : Freepik

Fungsi air purifier membuat udara jadi segar sehingga membuat kita lebih nyaman bernapas. Selain itu, tidak ada bau maupun debu yang kerap menyebabkan bersin-bersin. Hal ini sangat menguntungkan terutama buat kamu yang memiliki alergi.

Lantaran alergen di udara sudah terserap oleh air purifier, kamu pun bisa tidur dengan lebih nyenyak tanpa gangguan.

6. Menghilangkan Zat Toksin Radon

Source : Freepik

Radon merupakan zat kimia berbahaya yang tidak kasat mata dan tidak berbau, tetapi bersifat radioaktif. Zat kimia itu sendiri berasal dari bumi, baik dari tanah maupun batuan. Radon juga ditemukan di mata air panas di Jepang.

Radon adalah zat karsinogen yang dapat memicu kanker paru-paru sehingga harus ditangani dengan saksama. Zat ini dapat berupa debu halus sehingga memasuki saluran pernapasan ketika terhirup dan melekat di jaringan paru-paru. 

Pins bisa mengurangi risiko polusi radon dengan memiliki sirkulasi udara yang memadai di dalkam hunian. Selain ventilasi dan exhaust fan, pertukaran udara yang baik bisa diperoleh melalui air purifier berkat HEPA dan filter karbon aktif yang menangkap radon. 

Baca juga: 11 Merk Humidifier Terbaik untuk Udara yang Sehat

7. Menghilangkan Partikel Asbes

fungsi air purifier
Source : Freepik

Penggunaan asbes telah dilarang di beberapa negara karena dapat membahayakan kesehatan. Misal, Australia melarang penggunaan asbes sejak 2003. 

Sementara itu, Indonesia melarang asbes jenis biru, tetapi mengizinkan penggunaan asbes jenis lain dengan syarat yang ketat. Pasalnya, paparan asbes menimbulkan berbagai risiko masalah kesehatan, seperti kanker paru-paru dan mesothelioma

Paparan asbes umumnya terjadi ketika serat asbes melayang di udara dan terhirup hingga membentuk debu. Oleh sebab itu, penting memiliki air purifier untuk membersihkan udara dari partikel asbes yang mungkin ada di rumahmu.

8. Meningkatkan Kesehatan Saluran Pernapasan

Source : Freepik

Penelitian menunjukkan bahwa air purifier mampu memberikan perlindungan dari alergen serta mengurangi risiko penularan penyakit yang menyebar di udara.

Maka dari itu, fungsi air purifier dapat meningkatkan saluran pernapasan dalam jangka panjang.

9. Meningkatkan Kesehatan Vaskular

fungsi air purifier
Source : Freepik

Vaskular adalah pembuluh darah yang tersebar ke seluruh bagian tubuh, selain pembuluh coroner. Selain nutrisi penting, pembuluh darah di tubuh membawa oksigen ke seluruh tubuh. 

Itu sebabnya, kualitas udara yang Pins hirup berpengaruh besar terhadap kesehatan vaskular. Menurut temuan penelitian dari Weichenthal et al. menggunakan air purifier ternyata juga bisa membantu menurunkan tekanan darah.

10. Meningkatkan Harapan Hidup 

Source : Freepik

Kualitas udara berpengaruh terhadap kualitas kesehatan secara keseluruhan. Maka dari itu, orang-orang yang tinggal di daerah pedesaan atau pegunungan pada umumnya lebih sehat dan bugar dibanding penduduk kota.

Walaupun demikian, orang yang tinggal di kota bukan berarti tidak dapat menghirup udara bersih. Kualitas udara yang baik dapat diupayakan dengan memasang air purifier.

Agar udara semakin bersih dan segar, kamu bisa menanam pohon atau tanaman hias di rumah.

Nah, itu dia 10 fungsi air purifier. Mengingat selama pandemi Covid kita menghabiskan banyak waktu di rumah, tidak ada salahnya memasang air purifier agar kualitas kesehatanmu semakin baik.

Baca juga:

Featured Image Source: Unsplash

Editor: Voni Sri Wijayanti


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome.

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Gunakan juga kode PHSBLOG untuk menikmati layanan PHS mulai dari 30 ribu hanya di aplikasi Pinhome.

Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download