BlogHome ServiceElektronikCara dan Fungsi Api Atas dan Bawah Pada Oven Listrik
0
0

Cara dan Fungsi Api Atas dan Bawah Pada Oven Listrik

Dipublikasikan oleh  

Des 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Oven listrik kini menjadi andalan bagi banyak orang untuk memanggang segala jenis hidangan. Namun kamu tidak bisa sembarangan untuk memanggang makanan dengan oven listrik. Pasalnya, ada fungsi api atas dan bawah pada oven listrik yang perlu Pins perhatikan.

Pada jenis oven listrik yang sudah digital bahkan sudah dilengkapi dengan fitur pengatur api atas bawah yang canggih. Pins dapat mengaturnya sesuai jenis makanan yang akan dipanggang agar matangnya sempurna. Begitu juga dengan panasnya suhu yang diinginkan dan berapa lama waktu memanggang yang dapat diatur sendiri. 

Sebelum membeli oven listrik, sebaiknya pahami dulu cara menggunakan oven listrik sesuai dengan jenis hidangan yang akan dipanggang. Perlu Pins ketahui bahwa bagian paling panas dari oven listrik ada pada rak paling bawah dan rak bagian atas. Jadi untuk masing-masing bagian oven listrik ini sebaiknya digunakan sesuai dengan jenis hidangan yang tepat seperti berikut.

Rak Atas untuk Memanggang Lasagna

fungsi api atas dan bawah pada oven listrik
Source : Canva Pro

Di rak atas biasanya digunakan untuk memanggang hidangan yang teksturnya renyah dan berwarna kecoklatan. Pins dapat menggunakan rak atas oven listrik untuk memanggang macaroni schotel atau lasagna. Ketika memanggang dengan oven listrik, Pins perlu memperhatikan beberapa hal penting berikut.

Baca juga:

Memanaskan oven sebelum dipakai

Alat pemanggang elektronik ini perlu dipanaskan terlebih dahulu sebelum dipakai. Bisa diatur suhunya sesuai dengan kebutuhan dan biarkan hingga suhu di dalam oven mencapai suhu yang tepat. Pemanasan ini diperlukan agar hidangan matang dengan baik.

Pilih loyang yang sesuai

Jika Pins ingin mendapatkan warna gelap, bisa menggunakan loyang atau peralatan berbahan logam. Wadah logam dapat menghantarkan panas lebih baik sehingga warna hidangan bisa lebih cokelat. Sedangkan untuk mendapatkan hidangan dengan permukaan bawah yang tidak terlalu gelap, maka bisa menggunakan peralatan dari keramik, silikon, atau kaca.

Tidak sering membuka tutup oven ketika memanggang

Tidak disarankan untuk membuka tutup oven untuk mengecek kematangan hidangan yang dipanggang. Sering membuka tutup oven justru dapat membuat suhu di dalam oven listrik menjadi tidak stabil. Ini tentu dapat berpengaruh pada hidangan Pins yang sedang dipanggang.

Pastikan pintu oven tertutup rapat saat memanggang

Hal penting lainnya yang tidak boleh Pins abaikan adalah tutup oven harus rapat. Pastikan tutup oven listrik benar-benar menutup rapat ketika Pins menggunakan peralatan ini untuk memanggang.

Bagian Tengah untuk Memanggang Kue Kering dan Bolu

fungsi api atas dan bawah pada oven listrik
Source : Canva Pro

Sementara itu, untuk bagian tengah biasanya digunakan untuk memanggang kue kering, bolu, dan aneka jenis kue lainnya. Rak tengah ini dapat digunakan untuk mendapatkan kematangan yang sempurna. Cara memanggang kue kering, cookies, atau kue lainnya di rak tengah oven yaitu:

Mempersiapkan oven listrik

Sebelum digunakan, oven listrik perlu dipersiapkan terlebih dahulu dengan memanaskannya mencapai suhu 200 derajat celcius. Biasanya untuk dapat mencapai suhu yang tepat dibutuhkan waktu selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu, kecilkan suhunya menjadi 190 derajat.

Memasukkan loyang

Jika oven sudah siap, maka masukan loyang ke rak tengah atau rak atas. Apabila ingin matang merata, maka masukan di bagian tengah.

Memutar loyang di pertengahan waktu

Hindari untuk membuka tutup oven selama pemanggangan agar kue tidak bantat. Jika diperlukan, Pins bisa memutar loyang di tengah waktu memanggang sesuai timer yang sudah dipasang.

Matikan oven listrik setelah digunakan

Kue matang dan keluarkan dari oven dengan hati-hati. Jangan lupa matikan oven listrik jika sudah tidak digunakan. Pins juga bisa menunggu oven untuk dingin terlebih dahulu sebelum mengeluarkan makanan dari dalam oven listrik agar lebih aman.

Rak Bawah untuk Memanggang Pizza dan Ayam

fungsi api atas dan bawah pada oven listrik
Source : Canva Pro

Pada rak paling bawah dapat diisi dengan pizza dan roti yang membutuhkan pemanggangan sempurna dengan panas dari rak bawah. Bagian bawah dari oven listrik memiliki panas yang lebih tinggi dibanding yang di tengah. Hal ini dipengaruhi oleh fungsi api atas dan bawah pada oven listrik lho! Pins ingin mencoba panggang ayam di oven listrik? Silahkan ikut langkah-langkahnya berikut.

Siapkan oven

Seperti memanggang pada umumnya, untuk memanggang ayam juga perlu memanaskan oven terlebih dahulu. Atur suhunya yaitu 200 derajat celcius dan tunggu hingga mencapai suhu yang tepat tersebut.

Masukan ayam

Selanjutnya adalah memasukkan ayam ke rak tengah atau rak bawah. Jika Pins hendak memanggang satu ekor ayam utuh, silahkan untuk diletakkan di rak oven dengan posisi dada menghadap atas.

Turunkan suhu

Usai memasukkan ayam, Pins dapat menurunkan suhu oven listrik dari 200 derajat menjadi 190 derajat.

Atur timer

Kemudian atur waktu pemanggangan sesuai dengan ukuran ayam yang dipanggang. Biasanya untuk satu ekor ayam besar membutuhkan waktu kurang lebih 60 menit hingga 90 menit hingga daging ayam matang.

Selesai

Setelah ayam matang, silahkan keluarkan dengan hati-hati atau bisa tunggu hingga suhu di dalam oven lebih dingin. Jangan lupa matikan oven listrik yang sudah tidak digunakan Pins lagi.

Itulah beberapa cara dan fungsi api atas dan bawah pada oven listrik yang sudah banyak digunakan masyarakat. Ingat bahwa untuk setiap jenis hidangan membutuhkan perlakuan yang berbeda-beda ketika dipanggang. 

Selain oven, salah satu alat elektronik rumah tangga yang sangat banyak digunakan adalah AC. Benda ini membutuhkan perawatan rutin supaya tetap dingin dan awet. Supaya AC yang sudah dibeli tahan lama dan tetap dingin, lakukan servis AC secara berkala. Bila AC tidak bekerja maksimal, pesan jasa perbaikan AC oleh teknisi dari Pinhome Home Service. Dengan biaya yang sesuai standar, Pins bisa mendatangkan teknisi AC profesional sesuai dengan keluhan yang dihadapi melalui layanan Perbaikan AC di aplikasi Pinhome. Download aplikasi Pinhome di sini.

Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah. 

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download