BlogHome ServiceOtomotif5 Fungsi Camshaft pada Mesin Mobil
0
0

5 Fungsi Camshaft pada Mesin Mobil

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari

Des 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Camshaft memiliki nama lain dari poros nok atau noken as. Berbeda dengan fungsi power steering yang bertujuan untuk memudahkan kendali kendaraan bagi pengemudi, fungsi camshaft ada lima mulai dari pompa vakum hingga tempat position sensor

Bentuk noken as sendiri menyerupai poros dan memakai baja tuang sehingga kuat dan tangguh. Jumlah camshaft tergantung dari mesin yang digunakan.

Apabila menggunakan Single Overhead Cam (SOHC) maka jumlah camshaft pada silinder kepalanya hanya ada satu. Jika menggunakan mesin DOHC (Double Overhead Cam) jumlah camshaft hanya dua buah.

Fungsi Camshaft pada Mesin Mobil

Berikut ini adalah ulasan lengkap tentang fungsi camshaft pada mobil beserta cara kerjanya.

Pengatur Klep

Bentuk camshaft pada mobil berbentuk pipa panjang yang dilengkapi dengan tonjolan bernama cam lobe. Susunan camlobe dibentuk berdasarkan firing order.

Maksudnya disesuaikan dengan urutan waktu pengapian. Hal ini akan membuat posisi tonjolan camlobe berbeda posisi pada masing-masing silinder. 

Komponen ini terhubung dengan rocker arm yang berfungsi mendorong valve. Didesain memanjang dan tonjolan agar mudah melepas valve. Valve ini sering disebut dengan klep. 

Fungsinya adalah sebagai saluran intake dan exhaust. Komponen ini terletak di cylinder head mesin. Fungsi camshaft  untuk membuka dan menutup valve.

Menggerakan Fuel Pump

Camshaft juga mampu menggerakan fuel pump tipe elektrik. Sebelum ada fuel pump elektrik proses pemompaan bahan bakar ke karburator menggunakan tipe mekanikal.

Saat camshaft berputar maka poros pada fuel pump akan ikut bergerak. Imbasnya fuel pump dapat memompa bahan bakar ke dalam karburator.

Fungsi camshaft sebagai penggerak fuel pump dapat ditemukan dalam mobil model lama atau mesin bensin injeksi langsung. Model lama disini adalah mobil dengan sistem karburator menggunakan pompa mekanis.

Sedangkan model pompa bensin injeksi langsung akan mampu menghasilkan tekanan hingga 120 bar. Sementara mobil dengan mesin CRDI (Common Rail Direct Injection) yang tekanannya bisa mencapai 2000 bar pada rail.

Baca juga:

Pemutar Poros Distributor

Manfaat lainnya dari camshaft adalah untuk memutar poros distributor. Tidak semua mobil memiliki distributor tergantung dengan tipe mesinnya. 

Letaknya pada sistem pengapian. Dalam memutar poros distributor ada yang bentuknya drive gear atau model slot. 

Jika menggunakan slot maka akan menyambung ke poros distributor dengan camshaft. Apapun penyambungnya camshaft mampu memberikan sinyal kepada poros distributor untuk melakukan hal yang diperintahkan.

Distributor sendiri akan berputar dan membagi pengapian sesuai dengan firing order. Pada mobil keluaran terbaru sudah tidak menggunakan poros distribusi lagi.  Kini sistem pengapian menggunakan direct ignition atau dual spark. 

Tempat Position Sensor

Camshaft bermanfaat sebagai tempat sensor mendeteksi sudut putaran. Fungsi ini biasa ditemukan pada camshaft dengan sistem mesin EFI atau Electronic Fuel Injection.

Camshaft pada sistem mesin EFI memiliki bentuk seperti gigi khusus yang menyatukan blade sensor. Nantinya sensor CMP (Camshaft Position Sensor) akan mendeteksi setiap sudut secara tepat dalam setiap putaran yang dihasilkan.  

Dampaknya Pins dapat mengetahui posisi camshaft. Pins dapat melihat apakah camshaft sedang melakukan hisap, usaha, buang atau kompresi.

Menggerakan Pompa Vakum

Fungsi camshaft juga bisa ditemukan pada mobil yang menggunakan turbocharger atau supercharger. Camshaft mampu memompa vakum pada bagian booster rem dan sistem lainnya.

Mobil yang menggunakan turbocharger biasanya intake manifold tidak menghasilkan kevakuman. Oleh karena itu tugas camshaft ini begitu penting antara komponen satu dengan lainnya.

Baca juga: 9 Komponen Rem Tromol pada Mobil

Komponen Camshaft

fungsi camshaft
Source : belajar-otomotif-1

Komponen dalam camshaft diantaranya adalah intake, exhaust, bearing journal, drive gear, gigi sentrik, timing pulley dan fuel pump cam drive. Intake memiliki fungsi untuk menggerakan katup agar terbuka.

Exhaust bermanfaat untuk menutup katup dan bearing journal agar mampu memaksimalkan kinerja poros khususnya bagian penekanan.

Timing pulley bertugas untuk mengatur ritme putaran poros nok. Sedangkan drive gear berfungsi untuk memutar camshaft sesuai tempo. 

Sementara gigi sentrik sebagai penghubung antara distributor pengapian dengan poros nok secara langsung. Fuel pump cam drive ialah menambah pergerakan fuel pump bahan bakar. 

Baca juga: Fungsi dari Komponen Piston pada Mesin Mobil

Cara Kerja Camshaft

Source : Depositphotos

Secara umum ada dua cara kerja camshaft yakni ketika tidak sedang ditekan atau ditekan. Ketika pada posisi ditekan maka bagian yang sering bersinggungan adalah poros nok atau rocker arm.

Khususnya tipe OHV dan OHC yang ketika ditekan langsung  oleh poros nok maka tempo lebih terkontrol dan sistematik. Bagian yang terkena imbas ketika dalam camshaft ditekan adalah poros nok yang akan bersinggungan dengan rocker arm.

Lalu bagian valve akan otomatis terbuka dan siklus ini terus berulang. Sementara ketika posisi tidak menekan apapun maka poros nok akan datar. Penekanan yang tidak terlalu besar baik untuk tipe OHV dan OHC.

Sistem kerja ini juga sering dikenal sebagai fase istirahat dari poros nok. Bagian valve juga akan menutup.

Baca juga: Ketahui Fungsi Sistem Pelumasan pada Mobil Berikut Ini!

Ciri Camshaft Bermasalah

fungsi camshaft
Source : Ubuy

Camshaft merupakan bagian vital dalam mobil yang berguna untuk mengatur CMP dan memompa vakum. Ketika camshaft position sensor bermasalah maka ketika mobil dinyalakan mesin akan melonjak ke depan secara acak-acakan.

Mesin mobil mati mendadak di tengah jalan dan akselerasi jauh lebih menurun. Bahan bakar mobil akan cepat habis dan untuk mobil otomatis besar kemungkinan menyebabkan tidak dapat berpindah gigi.

Untuk itu guna mempertahankan fungsi camshaft bekerja optimal lakukan pengecekan komponen secara berkala. Servis dan pengecekan mobil sebaiknya di bengkel resmi.

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download