BlogHome ServiceOtomotifFungsi Expansion Valve AC Mobil: Komponen dan Gejala Kerusakan
0
0

Fungsi Expansion Valve AC Mobil: Komponen dan Gejala Kerusakan

Dipublikasikan oleh Omri Cristian

Des 4, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Expansion valve AC mobil adalah katup sirkulasi refrigeran yang berada setelah receiver/dryer dan sebelum evaporator. Freon akan melewati katup ekspansi ini terlebih dahulu baru kemudian menuju evaporator.

Lalu, apa fungsi expansion valve AC mobil? Komponen apa saja yang menyusun expansion valve AC mobil? Nah, untuk mengetahuinya simak informasi di bawah ini.

Baca juga: 12 Komponen Sistem Pendinginan Mobil dan Cara Kerjanya

Fungsi Expansion Valve AC Mobil

Expansion Valve berfungsi untuk menurunkan tekanan zat pendingin (refrigerant) sehingga menyebabkan refrigerant berubah wujud dari cair menjadi uap jenuh sehingga refrigerant mudah menyerap panas dan menguap di sekeliling evaporator.

Selain itu, expansion valve mengatur banyaknya freon yang akan disalurkan ke evaparator. mJumlah dari freon yang akan disalurkan ke evaporator nantinya disesuaikan dengan beban pendinginan AC.

Katup ekspansi ini dipasangkan pada saluran masuk evaporator (menjadi satu unit). Expansion valve ini sendiri terdiri dari beberapa macam :

  1. Katup ekspansi dengan kontrol temperatur
  2. Katup ekspansi dengan kontrol tekanan dan temperatur
  3. Katup ekspansi tipe blok

Berikut ini merupakan kontruksi dari expansion valve dengan kontrol temperatur.

kontruksi dari expansion valve dengan kontrol temperatur
kontruksi dari expansion valve dengan kontrol temperatur

Baca juga: 11 Komponen Kopling Mobil dan Juga Fungsinya

Komponen-Komponen Expansion Valve

Source : GridOto

Expansion valve ini di beberapa komponen yang akan mendukung kinerja katup. Beberapa komponen yang saling berkaitan ini adalah:

Saluran Outlet

Komponen ini berfungsi untuk menyalurkan freon keluar dari katup ekspansi. Freon yang dikeluarkan nantinya akan disalurkan ke evaporator.

Saluran Inlet

Saluran inlet memiliki fungsi untuk menghubungkan dengan receiver dryer. Komponen ini menjadi saluran masuknya freon dari receiver dryer menuju katup ekspansi agar terjadi proses penekanan.

Pipa Kapiler

Komponen pipa kapiler berfungsi untuk menyalurkan panas dari heat sensing tube ke membran.Panas yang disalurkan disalurkan lewat komponen ini sesuai dengan tekanan di heat sensing tube.

Heat Sensing Tube

Heat sensing tube berfungsi sebagai sensor temperatur di saluran keluar evaporator. Komponen ini lah yang akan meneruskan panas untuk membuka membran sesuai dengan suhu yang diterima.

Diafragma

Komponen yang satu ini bertugas untuk meneruskan panas saat panas terdeteksi sensing tube. Saat panas diteruskan katup akan terbuka.

Jarum dan Katup

Kedua komponen ini bertugas untuk mengatur jumlah freon yang akan disalurkan ke evaporator. Semakin katup terbuka lebar, jumlah freon yang disalurkan akan semakin banyak.

Pegas

Komponen ini berfungsi mengembalikan posisi diafragma dan membantu diafragma agar katup ekspansi bisa tertutup sempurna apabila dalam kondisi tidak bekerja.

Bodi

Selain sebagai wadah dari komponen lainnya, bodi juga berperan untuk melindungi komponen-komponen yang ada di dalamnya.

Gejala Kerusakan Expansion Valve

expansion valve ac mobil
Source : Bukalapak

Expansion valve AC mobil juga bisa mengalami kerusakan. Ada tanda atau gejala khusus bila expansion valve mengalami kerusakan.

Gejala yang biasa muncul adalah ruang kabin terlalu lama untuk menjadi dingin. Ini terjadi karena proses penurunan freon tidak bisa dilakukan dengan cepat dan maksimal karena ekspansi mulai menunjukkan kerusakan.

Selain itu, masalah tersebut mungkin muncul karena komponen katup ekspansi tidak bisa terbuka secara sempurna.

Saat komponen katup ekspansi rusak kompresor AC juga tidak bisa memutarkan refrigerant secara sempurna. Bila gejala ini muncul, sebaiknya kamu segera melakukan perbaikan atau menggantinya bila terjadi kerusakan yang parah.

Demikian informasi mengenai expansion valve AC mobil. Setelah mengetahui ini semoga kamu bisa lebih baik dalam merawat komponen-komponen dalam mobil, ya!

Baca juga:


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download