BlogLifestyleTeknologi7 Fungsi Internet Secara Umum untuk Kehidupan Manusia
0
0

7 Fungsi Internet Secara Umum untuk Kehidupan Manusia

Dipublikasikan oleh Julia Anggraini dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 10, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Internet saat ini bisa diibaratkan sebagai salah satu kebutuhan primer manusia, sebab mulai dari hal yang kecil hingga hal yang rumit bisa terselesaikan dengan bantuan internet. Fungsi internet yang sangat banyak itu, bahkan terkadang tidak semuanya diketahui oleh manusia, sebab kebanyakan dari mereka hanya menganggap bahwa internet sebagai alat komunikasi dan media hiburan saja.

Fungsi Internet yang Belum Diketahui Banyak Orang

pengertian dan fungsi internet
pinterest.com
  1. Sebagai Sumber Informasi

Salah satu fungsi dari internet yang paling umum adalah dijadikan sebagai sumber informasi. Berbagai informasi bisa Anda dapatkan di internet secara lebih praktis dan cepat.

Internet tentu juga memberikan kemudahan untuk mendapatkan dan menyalurkan informasi, terlebih lagi ada mesin pencari yang membuat Anda bisa lebih mudah dan bebas mencari berbagai informasi yang ingin Anda ketahui dari berbagai penjuru dunia.

Baca Juga: Mudah! Ini Cara Pasang Wifi IndiHome dan Harga Paket Internetnya Terlengkap

  1. Sebagai Alat Komunikasi

Selain untuk meningkatkan wawasan karena internet berperan sebagai sumber informasi, internet juga berfungsi sebagai sarana komunikasi yang cepat dan praktis baik itu dilakukan antar individu ataupun dilakukan secara berkelompok.

Contoh nyata internet berperan sebagai alat yang memudahkan manusia untuk saling berkomunikasi adalah adanya sosial media dan juga berbagai aplikasi chatting online.

  1. Memperluas Jaringan Pertemanan

Komunikasi yang terjalin baik dan dapat dilakukan dengan mudah tentunya juga akan berdampak pada jaringan pertemanan yang semakin luas. Contoh nyata tersedianya internet dapat memperluas jaringan pertemanan adalah sosial media.

Menggunakan sosial media membuat Anda yang tidak kenal di dunia nyata sekalipun bisa memiliki teman di dunia maya yang berasal dari dalam ataupun luar negeri.

  1. Sebagai Sarana untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan (Edukasi)

Internet juga dapat berperan untuk jangka panjang dalam kehidupan manusia, hal ini terkait dengan kegiatan belajar mengajar antara guru dengan murid.

edukasi internet
pintaria.com

Hal tersebut terbukti dari semakin banyaknya sekolah yang menyediakan blog media online yang dapat diakses oleh setiap siswa yang bersekolah di sekolah tersebut.

Selain untuk meningkatkan kualitas dari proses belajar mengajar, internet juga dapat digunakan untuk meningkatkan wawasan dari suatu materi yang diberikan guru.

Bukan hanya itu saja, internet juga dapat digunakan untuk memudahkan siswa dalam proses pengurusan administrasi terkait dengan sistem akademik.

  1. Sebagai Sarana Bisnis

Internet juga kini dapat digunakan sebagai tempat untuk meningkatkan terjadinya peluang bisnis, sebab internet bisa dimanfaatkan sebagai media perantara antara pihak penjual dengan pembeli.

Semakin banyaknya bisnis online tentu akan membuat semakin banyak orang bisa diuntungkan berkat hadirnya internet.

  1. Menjaga Keamanan

Fungsi dari internet yang lainnya akan termasuk ke dalam komunitas yang lebih luas, dalam hal ini meliputi wilayah dari sebuah negara. Sebagai penyelenggara suatu negara, tentunya pemerintah memiliki tanggung jawab besar agar semua rakyatnya hidup sejahtera dan juga aman.

Oleh sebab itu, dalam sektor pemerintahan, internet dapat pula digunakan untuk menjaga keamanan warga, salah satu contohnya adalah pemantauan yang dilakukan melalui CCTV.

  1. Sebagai Media Hiburan

Salah satu fungsi internet yang paling disukai adalah dapat digunakan sebagai media hiburan. Internet menyediakan berbagai kategori hiburan dari berbagai usia, mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa.

Namun, karena internet itu terbilang bebas akses, maka Anda sebaiknya memperhatikan apa saja yang ditonton oleh anak-anak Anda tersebut.

Terlepas dari segala fungsi yang diberikan internet tersebut, sebagai manusia yang berakal budi tentunya harus mampu menyaring segala informasi yang didapatkan dari internet dengan lebih bijak.

Dampak internet juga cukup besar, apalagi untuk anak-anak, sebab dapat membentuk karakter dan kepribadian anak.

Oleh sebab itu diharapkan sebagai orang tua dapat membatasi konten internet yang dapat diakses oleh anak-anak. Baca artikel menarik lainnya di btrbooks.com

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download