BlogHome ServiceOtomotifMengenal Fungsi Lampu Kota (Clearance light atau Tail Light)
0
0

Mengenal Fungsi Lampu Kota (Clearance light atau Tail Light)

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas

Des 4, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Lampu kota (tail light) atau lampu belakang adalah salah satu komponen penting pada sistem penerangan kendaraan. Fungsi lampu kota memberikan penerangan pada bagian belakang kendaraan, misalnya mobil. Dengan begitu, kendaraan di belakang bisa melihat keberadaan mobil dalam kondisi gelap atau berkabut.

Selain itu, lampu kota berperan penting dalam memberikan tanda kepada pengendara di belakang, misalnya ketika mengerem atau berbelok. Ini setidaknya menjadi elemen vital dalam menjaga keamanan lalu lintas, termasuk di sekitar apartemen di Bandung, seperti Galeri Ciumbuleuit. Simak apa itu tail light dan fungsinya di sini!

Pengertian Lampu Kota

fungsi lampu kota
Source : Shutterstock

Lampu kota adalah komponen penting dalam sistem pencahayaan kendaraan, terutama di dalam kota atau saat senja. Dikenal dengan lampu senja, pencahayaan kendaraan ini berfungsi dalam membantu lalu lintas.

Sebagai lampu jarak, lampu ini memberikan isyarat kepada pengemudi lain tentang lebar kendaraan. Ini sangat berguna terutama pada malam hari ketika kendaraan sulit terlihat.

Kedua, sebagai lampu belakang atau tail light, yang memberikan sinyal ke pengemudi di belakang kendaraan mengenai aktivitas seperti lampu rem atau belok (lampu sein). Truk-truk dan kendaraan besar sering memiliki banyak lampu kota untuk memberikan isyarat yang lebih jelas tentang lebar kendaraan mereka.

Menghidupkan lampu kota cukup mudah, dengan memutar saklar headlight sekali. Selain itu, lampu kota sering memasang lampu plat nomor dan lampu dashboard. Dengan begitu, fungsi lampu kota sangat penting dalam menjaga keamanan lalu lintas di malam hari atau kondisi pencahayaan yang kurang.

Baca juga: 4 Cara Pasang 1 Relay Lampu Motor

Fungsi Lampu Kota

fungsi lampu kota
Source : Shutterstock

Setelah memahami apa itu clearance light secara umum, kamu bisa mulai mengenali apa saja fungsi dari lampu kota ini. Berikut beberapa fungsinya.

  • Meningkatkan keamanan pengendara saat kondisi cahaya mulai redup, seperti saat senja atau pagi hari.
  • Membuat kendaraan yang dikemudikan terlihat oleh pengendara lain.
  • Membantu mengurangi risiko tabrakan karena kendaraan terlihat lebih jelas, terutama saat kurang cahaya.
  • Menunjukkan posisi kendaraan kepada pengendara lain saat berhenti di jalan raya.
  • Mengikuti aturan lalu lintar yang memerlukan penggunaan lampu tertentu dalam kondisi tertentu, misalnya malam hari.

Dengan berbagai fungsi ini, lampu kota menjadi komponen penting dalam sistem pencahayaan kendaraan yang membantu menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna jalan raya.

Perbedaan Head Lamp dan Tail Light

Perbedaan antara tail light (lampu kota) dan head lamp (lampu depan) pada kendaraan cukup signifikan. Tail light adalah lampu belakang yang berfungsi sebagai lampu penanda posisi dan jarak kendaraan kepada pengendara lain di belakang.

Biasanya, tail light menyala ketika lampu kota atau lampu utama dinyalakan, dan fungsinya adalah memberi tahu pengendara di belakang kendaraan tentang keberadaan dan lebar kendaraan tersebut.

Sementara itu, head lamp adalah lampu depan kendaraan yang berfungsi sebagai sumber cahaya utama saat berkendara dalam kondisi minim cahaya. Misalnya, pada malam hari atau dalam keadaan cuaca buruk. Head lamp digunakan untuk menerangi jalan di depan kendaraan sehingga pengendara dapat melihat dengan jelas dan menghindari hambatan atau bahaya di depannya.

Singkatnya, tail light adalah lampu belakang yang memberi tahu pengendara di belakang tentang kendaraan. Sementara itu, head lamp adalah lampu depan yang digunakan untuk menerangi jalan di depan kendaraan. Kedua jenis lampu ini memiliki peran yang berbeda dalam meningkatkan keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

Baca juga: Arti Warna Kabel Lampu Honda dan Fungsinya

Komponen Lampu Kota

fungsi lampu kota
Source : Shutterstock

Lampu kota memiliki beberapa komponen yang penting untuk memenuhi fungsinya. Berikut adalah komponen-komponen utama dalam lampu kota:

  1. Lampu Utama: sumber cahaya utama pada lampu kota yang berperan menerangi jalan di depan kendaraan.
  2. Kaca Lampu: mengarahkan cahaya dari lampu utama ke arah depan kendaraan dan dirancang agar cahaya bisa tersebar dengan baik
  3. Reflektor: memantulkan cahaya dari lampu utama ke arah depan kendaraan agar cahaya menjadi fokus dan efisien.
  4. Baut dan Mur: menyatukan semua komponen lampu kota dengan aman di kendaraan dan memastikan lampu tetap terpasang dengan kokoh.

Selain komponen-komponen di atas, lampu kota juga dilengkapi dengan saklar yang digunakan untuk mengaktifkan atau mematikan lampu kota. Selain itu, kabel-kabel menghubungkan lampu kota ke sumber daya listrik kendaraan.

Semua komponen ini bekerja sama untuk menjalankan fungsi lampu kota, yang memberikan isyarat kepada pengemudi lain di jalan dan membantu meningkatkan keamanan berkendara. Di samping itu, lampu kota berperan dalam pencahayaan interior mobil, termasuk lampu instrumen panel yang berguna untuk memberikan informasi penting tentang status kendaraan.

Itulah pengertian dan fungsi lampu kota beserta komponen yang ada di dalamnya. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Buruan Service Lampu Mobil Jika Kamu Temukan 4 Masalah Ini


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome.

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Gunakan juga kode PHSBLOG untuk menikmati layanan PHS mulai dari 30 ribu hanya di aplikasi Pinhome.

Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download