BlogHome ServiceOtomotifPahami Fungsi Main Jet dan Pilot Jet pada Karburator
0
0

Pahami Fungsi Main Jet dan Pilot Jet pada Karburator

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa

Des 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Karburator adalah salah satu bagian penting dalam kendaraan bermotor, terutama mobil. Tapi di dalamnya, ada komponen-komponen penunjang yang penting pula untuk diketahui, yaitu fungsi main jet dan pilot jet. Fungsi pilot jet sendiri biasanya disebut dengan istilah lain yaitu setting spuyer yang berasal dari Bahasa Belanda, spujer yang berarti semprotan.

Biasanya, main jet dan pilot jet hanya ada di motor dan mobil lawas karena motor kekinian sudah tidak memakai karburator yang fungsinya digantikan oleh teknologi injeksi yang jauh lebih modern.

Baca Juga:

Perbedaan Fungsi Main Jet dan Pilot Jet

Sebenarnya, fungsi main jet dan pilot jet pada dasarnya sama, yaitu menyemprotkan bensin dalam karburator. Namun ada beberapa perbedaan yang jangan sampai terbalik untuk dipahami agar bisa mencegah terjadinya kerusakan dan berkurangnya performa kendaraan kamu, Pins!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Produk Pembersih Plafon Mobil

Pilot Jet

Pilot jet memiliki fungsi mengalirkan maupun menyemprotkan bensin atau bahan bakar dari mesin sampai rpm menengah dalam posisi stasioner. Untuk mendeteksi masalah, biasanya ketika gas dibuka akan ada jeda, itu tandanya pilot jetnya sudah aus atau bisa jadi kekecilan. Solusinya adalah mengganti pilot jet dengan ukuran yang sesuai.

Pilot jet pun sebenarnya bisa di-setting dan disesuaikan sesuai selera pengguna karena ada sekrup pada bagian bodi. Jika setelan diatur ke besar, pasokan bahan bakar juga akan terlalu besar dan biasanya menimbulkan suara seperti dengkuran ketika gas dijalankan. Sebaliknya, jika setelan sekrup terlalu kecil, pasokan bahan bakar bisa tidak mencapai batas minimal.

Karena itu dengan pilot jet, jumlah mesin yang dialirkan ke ruang pembakaran bisa disetel sesuai kebutuhan. Namun, tetap saja disarankan menggunakan sesuai dengan yang dianjurkan pabrikan atau datangi bengkel resmi agar selalu sesuai standar. Hal tersebut berguna pula untuk performa kendaraan agar bekerja maksimal.

Main Jet

Bedanya dengan main jet adalah bagian ini bertugas untuk mengalirkan atau menyemprotkan bahan bakar sampai putaran mesin menengah hingga atas. Jika ada suara tarikan nafas tersendat dan pendek, itu tandanya bisa jadi setelan main jet yang terlalu kecil.

Namun, jika disetel terlalu besar, akan timbul tenaga yang tidak maksimal walaupun gas sudah ditekan sampai full. Kendala ini biasanya akan ditemukan jika melaju di jalur yang agak panjang. Main jet sebenarnya adalah komponen tambahan pada karburator yang berfungsi untuk mengatur jumlah bahan bakar yang dicampur dengan udara bersih untuk nantinya dibakar. Secara lokasi, main jet juga terhubung langsung dengan nosel di mangkuk karburator.

Logikanya, semakin banyak bahan bakar yang bercampur dengan udara bersih, akan semakin cepat juga laju mobil atau motor yang digas. Main jet juga sering disebut jarum skep karena bentuknya yang kecil menyerupai jarum dan mengerucut ke bawah. Jika pedal gas ditekan, cara kerja main jet pun akan terangkat.

Sebagai kesimpulan, pilot jet berperan mengalirkan bahan bakar dari tangki bensin menuju ruang bakar dalam posisi stasioner dan putaran mesin serta rpm rata-rata. Sementara main jet memiliki peran mengatur jumlah banyaknya bahan bakar yang masuk dalam ruang bakar. Karena itu, jika pilot jet berperan di kecepatan rendah, main jet justru berperan di kecepatan tinggi, sehingga keduanya saling berkaitan dan sama-sama penting.

Baca Juga:

Komponen yang Perlu diperhatikan di Dalam Karburator

Di dalam karburator, selain pilot jet dan main jet, ada banyak komponen lain yang sebaiknya dilakukan pengecekan berkala, memiliki kondisi bersih dan tetap memiliki setelan standar jika belum ada rencana upgrade mesin atau bagian lain. Di dalamnya ada inlet house atau selang yang jadi jalan bensin menuju ruang bakar, ruang pelampung yang jadi tempat penampungan bahan bakar sementara sebelum masuk ruang pembakaran bensin, sampai choke valve yang berfungsi untuk menutup udara masuk ke dalam mesin.

Semuanya memiliki fungsi penting dalam kendaraan bermotor yang sebaiknya di cek berkala dan dipergunakan serta dirawat sesuai standar pabrikan resmi. Karburator juga harus rajin dibersihkan. Karena jika banyak kotoran menumpuk, bisa mempengaruhi kinerja komponen lain dan mengakibatkan jalannya motor atau mobil tersendat, bahkan bisa mati secara tiba-tiba.

Cara membersihkannya pun tidak terlalu sulit. Cukup lepaskan karburator dari dudukan dengan alat atau kunci khusus. Jangan lupa berhati-hati ketika melepasnya, ya. Lalu buka mangkuk karburator dengan melepas semua baut pengait dan mulai bersihkan. Kamu bisa menggunakan bensin dan mengolesnya dengan kuas agar kotoran yang menempel bisa luruh dan bersih sepenuhnya. Baru lepaskan pilot jet dan main jet dan bersihkan kedua komponen penting itu. Selanjutnya bersihkan spuyer karburator dan hati-hati ketika merakit karburatornya kembali lalu tempatkan dan kencangkan lagi ke dudukannya.

Baca Juga: 7 Komponen Sistem Bahan Bakar Bensin Konvensional + Fungsi Lengkapnya!

Cara Penggantian Main Jet dan Pilot Jet

Source : Bukalapak

Penggantian pilot jet dan main jet sebenarnya boleh saja dilakukan pada motor atau mobil berkarburator. Tapi perlu diingat, biasanya penggantian dilakukan ketika kendaraan mengalami peningkatan seperti upgrade mesin dengan alasan menginginkan performa yang lebih baik.

Selain itu, yang harus diperhatikan ketika akan mengganti pilot jet atau main jet adalah karburator harus dipastikan dalam keadaan baik. Karena itu mobil dan motor yang masih standar tidak direkomendasikan diganti pilot jet dan main jetnya. Kecuali jika memang ada pergantian atau peningkatan bagian lain dalam mesin. 

Itu dia perbedaan fungsi dari pilot jet dan main jet di dalam karburator. Namun, disarankan untuk tetap memahami bagian-bagian karburator itu sendiri ya, Pins. Karena karburator yang teknologinya mulia diperkenalkan di tahun 1980-an ini berfungsi sebagai penyuplai bahan bakar ke ruang bakar itu sendiri. Sangat penting kan perannya dalam proses berjalannya sebuah kendaraan?

Fungsi main jet dan pilot jet pada karburator ternyata cukup penting bukan, Pins? Namun, jangan lupa pula untuk merawat tampilan mobil agar tetap mempesona. Layanan cuci mobil datang ke rumah dari Pinhome Home Service bisa kamu gunakan secara mudah. Klik disini untuk coba ya!

Featured Image Source: Suara

Baca Juga: Tips dan Cara Menghilangkan Lecet di Motor


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah. 

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download