BlogHome ServiceElektronik6 Fungsi Mode Dry Pada AC yang Jarang Diketahui
0
0

6 Fungsi Mode Dry Pada AC yang Jarang Diketahui

Dipublikasikan oleh Putra 

Des 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Seperti yang diketahui, pada AC memiliki mode dry yang jarang diketahui fungsinya. Di tengah suhu udara yang berubah-ubah. Pendingin udara atau lebih dikenal dengan sebutan AC (Air Conditioner) menjadi perangkat yang esensial dalam menjaga kenyamanan di dalam ruangan. 

Selain dari mode pendinginan biasa, banyak AC yang juga dilengkapi dengan mode khusus yang mungkin jarang dimanfaatkan oleh pengguna. 

Salah satunya adalah mode dry atau mode pengering. Meskipun kurang populer, mode dry ini memiliki beberapa manfaat yang jarang diketahui. 

Mengetahui fungsi mode dry pada AC,  tentunya akan membuat ruangan menjadi lebih nyaman. Senyaman rumah yang ada di perumahan Cikarang Griya Pratama

Perumahan ini memiliki banyak sekali pilihan rumah eksklusif yang bisa kamu jadikan rumah impian.

Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung. Kamu juga bisa cek estimasi harga rumah bekas di Bekasi yang ada daerah lainnya menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Dalam artikel ini akan membahas tentang apa itu mode dry di AC serta enam fungsi jarang diketahui dari mode ini.

Baca juga:

Apa Itu Mode Dry di AC?

Source : Freepik

Sebelum membahas lebih lanjut tentang fungsi-fungsi dari mode dry, penting untuk memahami apa itu mode ini. Mode dry pada AC adalah mode operasi di mana AC tidak hanya fokus pada pendinginan udara, tetapi juga menghilangkan kelembaban di udara. 

Mode ini bekerja dengan mengurangi kecepatan kipas indoor sehingga udara dapat melewati evaporator dalam waktu yang lebih lama. 

Hal ini memungkinkan evaporator untuk mendinginkan udara dan menghilangkan kelembaban di udara tanpa menurunkan suhu secara signifikan.

Baca juga:

Fungsi Mode Dry di AC

Source : Freepik

Mode dry pada sistem AC merupakan fitur yang memberikan manfaat signifikan dalam menjaga kelembaban udara di dalam ruangan. 

Dengan mengaktifkan mode dry, AC akan fokus pada pengurangan kelembaban tanpa menurunkan suhu ruangan secara drastis. 

Hal ini sangat bermanfaat terutama di musim hujan atau daerah beriklim lembap.

Baca juga: 

Maka dari itu, berikut ini adalah fungsi mode dry pada AC yang harus kamu ketahui:

1. Mengatasi Kondisi Udara yang Terlalu Lembab

Satu fungsi utama dari mode dry adalah untuk mengatasi kelembaban yang berlebih di dalam ruangan. Kelembaban yang tinggi tidak hanya membuat ruangan terasa tidak nyaman, tetapi juga dapat merangsang pertumbuhan jamur, bakteri, dan tungau debu. 

Dengan menjalankan AC dalam mode dry, udara di dalam ruangan akan menjadi lebih kering dan nyaman. 

Selain itu, penggunaan mode ini juga membantu menjaga kualitas udara yang lebih baik. Mengurangi risiko alergi dan masalah pernapasan yang mungkin timbul akibat kelembaban berlebih. 

Penting untuk diingat bahwa penggunaan yang tepat dari mode dry akan memberikan efisiensi energi yang lebih tinggi daripada mode pendinginan penuh. Sehingga bermanfaat baik bagi kenyamanan maupun lingkungan.

2. Membuat Udara Menjadi Lebih Sehat

Kelembaban yang tinggi di udara dapat menjadi tempat yang ideal bagi mikroorganisme berbahaya seperti jamur dan bakteri. Dengan mengurangi kelembaban di ruangan, mode dry membantu mencegah pertumbuhan dan penyebaran mikroorganisme ini. 

Hal ini secara efektif menjaga kualitas udara dan kesehatan penghuni ruangan, terutama bagi individu dengan sensitivitas terhadap alergi atau masalah pernapasan. 

Dengan menjaga kelembaban yang tepat, kita tidak hanya menciptakan lingkungan yang nyaman. Tetapi juga memberikan perlindungan jangka panjang terhadap potensi risiko kesehatan yang dapat timbul akibat kualitas udara yang buruk.

3. Mencegah Tumbuhnya Jamur atau Lumut di Ruangan

mode dry pada AC
Source : Freepik

Salah satu masalah yang sering muncul akibat kelembaban yang tinggi di dalam ruangan adalah pertumbuhan jamur atau lumut pada dinding, atau perabotan. 

Mode dry dapat membantu mencegah kondisi ini dengan mengurangi kelembaban. Sehingga mengurangi lingkungan yang sesuai bagi pertumbuhan mikroorganisme tersebut.

4. Lebih Hemat Listrik

Dalam mode dry, AC bekerja dengan mengurangi kecepatan kipas dan beban pendinginan, karena tidak ada kebutuhan untuk menurunkan suhu udara secara signifikan. 

Hal ini mengakibatkan penggunaan daya yang lebih rendah dibandingkan dengan mode pendinginan standar. Dengan demikian, mode dry dapat membantu menghemat konsumsi listrik.

Baca juga:

5. Lebih Ramah Lingkungan

Penggunaan daya yang lebih rendah dalam mode dry tidak hanya menguntungkan dari segi biaya listrik, tetapi juga memiliki dampak positif terhadap lingkungan. 

Pengurangan konsumsi energi berarti emisi gas rumah kaca yang dihasilkan dari pembangkit listrik juga berkurang, sehingga membantu menjaga lingkungan.

6. Membuat Mesin AC Jauh Lebih Awet

mode dry pada AC
Source : Freepik

Kondisi kelembaban yang tinggi dapat memengaruhi kinerja dan umur mesin AC. Dalam mode dry, mesin AC bekerja dengan intensitas yang lebih rendah karena tidak perlu beroperasi pada beban penuh seperti pada mode pendinginan. 

Hal ini dapat membantu memperpanjang umur mesin AC dan mengurangi risiko kerusakan yang disebabkan oleh kelembaban.

Mode dry pada AC, meskipun mungkin tidak sering digunakan, memiliki sejumlah manfaat yang jarang diketahui. Selain membantu mengatasi kelembaban berlebih di ruangan, mode ini juga memiliki dampak positif pada kesehatan, lingkungan, dan umur mesin AC. 

Jadi, sebaiknya mulai mempertimbangkan untuk memanfaatkan mode dry ini, terutama dalam kondisi cuaca yang lembab. 

Dengan memahami dan mengoptimalkan mode ini. Kamu dapat merasakan manfaat yang signifikan dari AC Anda tanpa harus hanya bergantung pada mode pendinginan biasa.

Baca juga:

Featured Image Source: Freepik


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome.

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Gunakan juga kode PHSBLOG untuk menikmati layanan PHS mulai dari 30 ribu hanya di aplikasi Pinhome.

Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download