BlogHome ServiceOtomotifFungsi Motor Starter dan Cara Kerja Sistem Stater
0
0

Fungsi Motor Starter dan Cara Kerja Sistem Stater

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan

Des 4, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Motor starter merupakan komponen utama dalam sistem starter, namanya motor pasti merupakan penggerak. Fungsi motor starter adalah merubah energi listrik menjadi energi mekanik yang digunakan untuk menggerakkan mesin pertama kali agar dapat menjalankan siklus kerjanya (hidup).

Tidak hanya mobil yang terdapat sistem starternya, pada motorpun juga ada sistem starternya. Bahkan pada diesel satu silinder pun juga ada, walaupun sistem starternya masih manual menggunakan engkol (tenaga manual/manusia).

Apa Itu Motor Starter?

Source : suzuki

Motor starter adalah perangkat yang digunakan untuk memulai atau menghidupkan mesin motor. Ini adalah komponen penting dalam mesin motor yang berfungsi untuk memberikan putaran awal kepada mesin sehingga mesin dapat mulai beroperasi dengan lancar.

Motor starter umumnya digunakan pada mesin-mesin besar seperti mesin industri, pompa air, kompresor udara, dan banyak aplikasi lainnya di mana mesin memerlukan bantuan untuk dihidupkan.

Motor starter biasanya terdiri dari beberapa komponen utama, termasuk kontaktor, overload relay, push button switches, dan thermal overload protection. Kontaktor adalah sakelar elektromagnetik yang mengatur aliran daya listrik ke motor.

Overload relay digunakan untuk melindungi motor dari beban berlebihan yang dapat menyebabkan kerusakan. Push button switches adalah tombol yang digunakan untuk mengendalikan operasi motor starter, seperti tombol start dan stop. Thermal overload protection adalah fitur yang melindungi motor dari panas berlebihan yang dapat merusaknya.

Baca juga: Catat! Begini Syarat dan Cara Mendapatkan Subsidi Motor Listrik

Fungsi Motor Starter

Source : hyundai

Motor starter memiliki beberapa fungsi utama yang sangat penting dalam operasi mesin-mesin berukuran besar. Berikut adalah beberapa fungsi utama dari motor starter:

1. Memulai Mesin

Fungsi utama dari motor starter adalah untuk memulai mesin. Ketika tombol start ditekan atau sinyal start diberikan, motor starter akan menghubungkan aliran daya listrik ke motor. Ini memberikan putaran awal kepada mesin sehingga mesin dapat mulai beroperasi.

2. Melindungi Motor

Motor starter dilengkapi dengan berbagai fitur perlindungan yang melindungi motor dari berbagai risiko. Salah satu fitur utama adalah overload relay, yang melindungi motor dari beban berlebihan. Jika arus yang mengalir ke motor melebihi batas yang aman, overload relay akan memutus daya listrik ke motor, mencegah kerusakan.

3. Kendali Operasi

Motor starter memungkinkan pengguna untuk mengendalikan operasi motor dengan mudah. Ini dilakukan melalui tombol-tombol seperti tombol start dan stop. Pengguna dapat dengan cepat memulai atau menghentikan motor sesuai kebutuhan.

4. Mencegah Pemicu Tegangan Tinggi

Saat mesin dihidupkan, terkadang dapat terjadi lonjakan tegangan yang dapat merusak motor. Motor starter dilengkapi dengan fitur yang mengurangi lonjakan tegangan ini, melindungi motor dari kerusakan.

5. Mencegah Motor dari Putaran Terbalik

Motor starter sering dilengkapi dengan fitur yang mencegah motor dari berputar ke arah yang salah. Ini dapat mencegah kerusakan pada peralatan yang terhubung dengan motor.

6. Mempermudah Perawatan

Motor starter juga dapat mempermudah perawatan motor. Mereka biasanya memiliki indikator atau perangkat yang memungkinkan pengguna untuk memeriksa kondisi motor dengan mudah.

7. Meningkatkan Keandalan

Dengan mengontrol operasi motor dengan baik, motor starter dapat meningkatkan keandalan mesin. Mereka memastikan bahwa motor dihidupkan dengan aman dan dihentikan jika terjadi masalah.

Pada motor starter terdapat gigi pinion, gigi pinion ini bisa maju mundur yang apabila aktif maka gigi pinion akan maju dan berhubungan dengan ring gear pada fly wheel. Fly wheel ini berhubungan langsung dengan poros engkol. Untuk penjelasan lebih lengkap, simak komponen-komponen motor stater di bawah ini!

Baca juga: Cari Motor Bekas Harga 1 Jutaan?

Cara Kerja Motor Starter

Motor starter adalah perangkat mekanika, elekronika dan informatika atau sering juga disebut metronika. Kerja dari motor starter dengan prinsip kombinasi elektrik dan mekanik untuk memulai kinerja pada mesin kendaraan.

Prinsip kerja motor starter yaitu mengubah energi listrik menjadi energi mekanik atau tenaga putar untuk menggerakan atau memutar poros engkol agar siklus mesin terpacu sehingga terjadi pembakaran di dalam mesin.

Komponen Motor Starter

Komponen Motor Starter
Komponen Motor Starter
Komponen Motor Starter
Komponen Motor Starter

Keterangan:
1. Tutup Terminal
2. Mur Switch Magnet
3. Switch Magnet
4. Tutup Bantalan
5. Plat kunci, pegas dan karet
6. Baut
7. Rangka Ujung Komutator
8. Yoke beserta pemegang sikat
9. Tuas Penggerak
10. Armature
11. Rumah Penggerak
12. Snap ring
13. Cincin penahan
14. Kopling Beserta Roda Gigi Pinion

Baca juga: Cara kerja motor starter pada mobil

Fungsi Komponen Motor Starter

Setiap komponen motor starter memiliki fungsi masing-masing. Beirkut ini fungsinya:

1. Magnetic Switch (Solenoid)

Pada motor starter terdapat magnetic switch (saklar magnet), sesuai dengan namanya komponen ini bekerja sebagai saklar (memutus dan menghubungkan arus) berdasarkan kemagnetan.

magnetic switch motor starter
Source : Iksotomotif

Terdapat dua buah fungsi magnetic swtich yaitu:

  • Mendorong pinion gear agar dapat berhubungan dengan fly wheel.
  • Bekerja sebagai main switch yang memungkinkan arus yang besar dari baterai mengalir ke motor starter.

Pada solenoid terdapat tiga buah terminal yaitu terminal 50, terminal 30 dan terminal C.

Di dalamnya juga terdapat dua buah kumparan yaitu pull in coil dan hold in coil. Pull in coil inilah yang akan menarik plunyer yang dihubungkan dengan tuas penggerak, sehingga pinion dapat maju berhubungan dengan ring gear.

Pull ini coil ketika aktif juga akan menghubungkan terminal 30 dengan terminal C sehingga motor starter dapat suply arus yang besar (putaran yang dihasilkan cepat).  

Sedangkan hold in coil berguna untuk menghubungkan terminal 50 dan bodi solenoid, selain itu juga berfungsi untuk menahan plunyer sehingga plat kontak tetap dapat menempel dengan terminal 30 dan terminal C.

Tujuannya adalah agar arus yang besar tetap dapat mengalir ke motor starter lewat plat kontak (motor starter tetap berputar). Kondisi ini terjadi sampai mesin sudah hidup dan kunci kontak dikembalikan ke posisi IG (On).  

Baca juga: Cara Merawat Fan Belt Mobil

2. Yoke dan Pole Core

Gambar yoke & pole core motor starter
Source : Otoflik

Yoke berfungsi sebagai dudukan dari pole core. Pole core dikaitkan dengan yoke menggunakan sekrup. Sementara pole core berfungsi sebagai penopang field coil, dan memperkuat medan magnet yang dihasilkan oleh field coil pada saat dialiri arus listrik dari baterai.

Baca juga: Apa fungsi yoke dan pole core dalam motor starter?

3. Field Coil

Gambar field coil motor starter
Source : Itera

Field coil berfungsi untuk membangkitkan medan magnet yang dibutuhkan armature dalam merubah energi listri menjadi energi gerak. Biasanya pada motor starter terdapat empat core field coil, field coil ini terbuat dari lempengan tembaga sehingga dia mampu dilewati arus yang cukup besar.

Baca juga: Fungsi Field Coil Pada Motor Starter

4. Armature dan shaft

Source : Ujikokoh

Fungsi armature adalah untuk merubah listrik menjadi energi mekanik (gerak putar). Armature dalam motor starter terdiri dari sebatang besi yang memiliki bentuk silindris dan diberi slot-slot, poros komutator serta kumparan armature.

Armature ini terdiri dari beberapa bagian utama yaitu poros armatur, kumparan, inti armatur dan komutator.   Inti armatur dililiti kumparan yang dihubungkan dengan komutator. Pada setiap segmen komutator diisolasi dari segmen-segmen yang berada di dekatnya.

5. Komutator

Komutator merupakan bagian dari armatur yang berfungsi untuk mengalirkan arus dari kumparan medan melalui sikat positif ke kumparan armatur, dan dari kumparan armatur ke sikat negatif.

6. Brush Holder & Brush

Brush atau sikat pada motor starter
Source : Otoflik

Brush holder berfungsi untuk menahan/memegang brus. Terdapat dua macam brush pada motor starter yaitu brush positif dan brush negatif, brush positif berguna untuk meneruskan arus listrik dari field coil ke armature coil (melalui komutator), sementara brush negatif berfungsi meneruskan arus dari armature coil (melalui komutator) ke massa.

7. Starter Clutch

Starter clutch memiliki dua buah fungsi yaitu:

  • Meneruskan putaran armature ke ring gear fly wheel.
  • Mencegah terjadinya perpindahan putaran dari mesin ke armature.

Kopling starter ini bekerja ketika mesin mulai hidup, pada saat sebelum hidup maka gigi pinion dan ring gear berkaitan. Coba bayangkan ketika mesin sudah hidup tapi gigi pinion dan ring gear masih berkaitan?

Tentu ring gear yang akan menggerakkan gigi pinion bukan? Mengingat putaran mesin lebih cepat daripada gigi pinion. Untuk itulah dipasang kopling starter yang akan memutuskan putaran dari fly wheel ke motor starter saat mesin sudah hidup.  

8. Pinion Gear

Source : Alibaba

Kemudian pinion gear yang juga menjadi satu kontruksi dengan starter clutch berfungsi untuk memindahkan tenaga putar dari armature shaft ke ring gear. Pinion gear inilah yang berhubungan langsung dengan ring gear.

8. Drive lever

Komponen motor starter yang selanjutnya adalah drive lever, drive lever ini berfungsi untuk mendorong pinion gear dari perkaitan ring gear pada fly wheel dan melepas perkaitan pinion gear dari perkaitan ring gear pada saat mesin sudah hidup.

Itulah fungsi motor starter beserta komponennya. Semoga bermanfaat!

Baca juga:


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download