BlogLifestyleEdukasiGarage Sale dan Cara Membuat Sendiri di Rumah
0
0

Garage Sale dan Cara Membuat Sendiri di Rumah

Dipublikasikan oleh Tsamira Tya Abigail dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Mei 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
garage saletop-right-banner

Garage sale atau yang juga dikenal dengan rummage sale atau yard sale adalah kegiatan menjual barang-barang bekas atau secondhand secara terbuka di rumah atau halaman rumah sendiri. Kegiatan ini menjadi populer di Amerika Serikat sejak tahun 1950-an dan sekarang telah menyebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin membeli barang-barang di garage sale. Pertama, pastikan barang yang ingin dibeli masih dalam kondisi baik dan dapat digunakan kembali. Kedua, jangan terlalu tergiur dengan harga murah dan periksa terlebih dahulu apakah barang yang akan dibeli memang benar-benar dibutuhkan. Ketiga, jangan ragu untuk menawar harga jika merasa harga yang ditawarkan terlalu mahal.

Salah satu rumah yang cocok Pins jadikan garage sale adalah Nuansa Bukit Bitung yang merupakan perumahan di Kabupaten Bogor. Rumah eksklusif dari Pinhome ini punya lokasi yang strategis dan mudah untuk Pins kemana-mana. Ada beberapa tips yang dapat diikuti untuk membuat kegiatan garage sale menjadi lebih sukses.

Baca Juga: 

Apa Itu Garage Sale

garage sale
Source : Shutterstock

Garage sale atau yang juga dikenal dengan yard sale atau rummage sale adalah kegiatan menjual barang-barang bekas atau secondhand secara terbuka di rumah atau halaman rumah sendiri. Garage sale biasanya dilakukan oleh individu atau keluarga yang ingin membersihkan rumah dan ingin membuang atau menjual barang-barang bekas yang tidak lagi digunakan atau dibutuhkan.

Barang-barang yang dijual di garage sale bervariasi, seperti pakaian, perabotan rumah tangga, mainan, buku, alat elektronik, dan banyak lagi. Harga barang-barang yang dijual biasanya lebih murah daripada harga beli baru, karena kebanyakan barang-barang tersebut sudah digunakan sebelumnya. Garage sale biasanya dilakukan pada akhir pekan atau liburan agar lebih banyak orang yang dapat mengunjungi dan membeli barang-barang yang dijual.

Baca Juga: 

Cara Menentukan Harga Jual Garage Sale

Menentukan harga barang bekas atau secondhand yang akan dijual di garage sale bisa menjadi tugas yang cukup sulit, karena tidak ada patokan harga yang pasti untuk setiap jenis barang. Namun, ada beberapa hal yang dapat dipertimbangkan dalam menentukan harga barang di garage sale.

  1. Kondisi Barang Kondisi barang merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan harga barang di garage sale. Barang yang masih dalam kondisi baik dan masih dapat digunakan kembali tentunya akan memiliki harga yang lebih tinggi daripada barang yang rusak atau sudah tidak dapat digunakan lagi.
  2. Harga Awal Harga awal atau harga beli barang juga perlu dipertimbangkan ketika menentukan harga barang di garage sale. Umumnya, harga barang bekas di garage sale akan lebih rendah daripada harga beli baru. Namun, jika barang masih dalam kondisi baik dan masih dapat digunakan, maka harga yang ditawarkan dapat lebih tinggi daripada harga awal.
  3. Popularitas Barang Barang-barang yang populer atau banyak dicari oleh orang lain biasanya memiliki harga yang lebih tinggi daripada barang yang kurang populer. Misalnya, pakaian merk atau mainan langka yang masih dalam kondisi baik akan memiliki harga yang lebih tinggi daripada pakaian atau mainan biasa.
  4. Kualitas Barang Kualitas barang juga dapat mempengaruhi harga barang di garage sale. Barang yang berkualitas baik dan tahan lama biasanya akan memiliki harga yang lebih tinggi daripada barang yang kualitasnya rendah.
  5. Kondisi Pasar Kondisi pasar juga perlu dipertimbangkan dalam menentukan harga barang di garage sale. Jika di lingkungan sekitar sedang banyak diadakan garage sale atau pasar loak, maka harga barang bekas di garage sale kamu mungkin perlu disesuaikan agar tetap bersaing dengan pasar sekitar.

Setelah mempertimbangkan faktor-faktor di atas, Pins dapat menentukan harga barang di garage sale dengan membuat daftar harga atau menempelkan harga pada masing-masing barang. Pastikan harga yang ditawarkan masih wajar dan terjangkau, sehingga pembeli akan tertarik untuk membeli barang di garage sale. Jangan lupa untuk tetap memberikan ruang bagi pembeli untuk menawar harga barang jika dirasa harga yang ditawarkan terlalu tinggi.

Baca Juga:

Cara Membuat Garage Sale Sendiri di Rumah

garage sale
Source : Shutterstock

Membuat garage sale sendiri di rumah dapat menjadi cara yang efektif untuk menghilangkan barang-barang yang sudah tidak terpakai atau tidak dibutuhkan lagi, serta mendapatkan uang tambahan. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diikuti untuk membuat garage sale di rumah:

  1. Persiapkan barang yang akan dijual Kumpulkan barang-barang yang sudah tidak terpakai atau tidak dibutuhkan lagi, seperti pakaian, mainan, peralatan rumah tangga, dan lain sebagainya. Pastikan barang-barang tersebut masih dalam kondisi baik dan dapat digunakan kembali.
  2. Tentukan waktu dan tempat Tentukan waktu dan tempat untuk mengadakan garage sale. Pilih hari dan waktu yang tepat, misalnya pada akhir pekan atau liburan ketika banyak orang memiliki waktu luang. Jangan lupa untuk mempersiapkan tempat yang cukup luas untuk menampilkan barang-barang yang akan dijual.
  3. Persiapkan perlengkapan Siapkan perlengkapan yang diperlukan, seperti meja, kursi, dan rak untuk menampilkan barang-barang yang akan dijual. Selain itu, sediakan juga harga barang yang sudah ditentukan, kalkulator, tas plastik atau kantong kertas untuk pembeli, dan perlengkapan lainnya yang dibutuhkan.
  4. Promosikan garage sale Promosikan garage sale melalui media sosial atau poster di sekitar lingkungan sekitar. Jangan lupa untuk menyebutkan waktu, tempat, dan jenis barang yang akan dijual.
  5. Tampilkan barang dengan menarik Tampilkan barang-barang yang akan dijual dengan menarik. Misalnya, susun pakaian secara rapi, kelompokkan mainan menurut jenis atau warna, atau tampilkan peralatan rumah tangga dengan cara yang menarik.
  6. Tetap ramah dan sopan Jaga sikap ramah dan sopan selama garage sale berlangsung. Sambut pembeli dengan senyum, berikan informasi tentang barang yang dijual, dan berikan kesempatan bagi pembeli untuk menawar harga barang.
  7. Hitung uang hasil penjualan Hitung uang hasil penjualan dengan cermat dan pastikan jumlah uang yang diterima sesuai dengan harga barang yang sudah ditentukan. Jangan lupa untuk menyimpan uang hasil penjualan dengan aman.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, membuat garage sale sendiri di rumah dapat menjadi cara yang mudah dan efektif untuk menghilangkan barang-barang yang tidak terpakai atau tidak dibutuhkan lagi, serta mendapatkan uang tambahan.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Beachwalk Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download