BlogLifestyleEdukasiGerhana Bulan Penumbra: 11 Januari 2020
0
0

Gerhana Bulan Penumbra: 11 Januari 2020

Dipublikasikan oleh Eka Mandala dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Agu 24, 2023

2 menit membaca

Copied to clipboard
Gerhana Bulan Penumbratop-right-banner

Setelah gerhana matahari cincin 26 Desember 2019, di awal tahun 2020 ini giliran gerhana bulan akan menyambangi Indonesia. Namun, gerhana kali ini jenis gerhana bulan penumbra yang akan terjadi pada hari Sabtu, 11 Januari 2020 dini hari.

Informasi ini diperoleh dari Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa LAPAN yang disampaikan oleh Dr. E. Sungging, M.Si.

Dr. E. Sungging, M.Si mengatakan bahwa gerhana bulan penumbra akan melewati Indonesia pada 11 Januari 2020. Ini adalah gerhana bulan pertama yang melewati Indonesia di awal tahun 2020.

Dari laman BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) gerhana bulan terjadi ketika ketika bumi menghalangi cahaya matahari, sehingga tidak seluruh cahayanya sampai ke bulan.

Lalu bagaimana dengan gerhana bulan penumbra? Ini adalah sebuah peristiwa di mana ketika bulan masuk ke bayang-bayang penumbra Bumi. Kondisi yang seperti ini mengakibatkan bulan masih dapat terlihat namun cahayanya redup.

Peristiwa tersebut akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan. Fenomena seperti ini hanya terjadi ketika fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

GBP yang akan terjadi pada 11 Januari 2020 hanya berdampak terhadap redupnya bulan yang tipis. Menurut Sungging, fenomena tersebut tak banyak berbeda dengan bulan purnama biasa. Karena, hanya bayangan semu yang menutupi piringan bulan.

Peristiwa GBP pada 11 Januari 2020 ini dapat kita amati dari seluruh wilayah Indonesia, yang akan dimulai pada pukul 00.07 WIB dan mencapai puncak GBP pada pukul 02.10 WIB.

Di pukul 04.12 WIB gerhana bulan penumbra akan berakhir. Hal ini tidak sama dengan gerhana matahari total, gerhana bulan ini dapat kita lihat dengan mata telanjang tanpa harus menggunakan alat khusus.

Baca Juga: Pemenang Academy Oscar Award Pertama

 ————————————— 

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.Source Feature Image: Pixabay

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download