BlogLifestyleHadist Tentang Sedekah dalam Islam dan Penjelasannya
0
0

Hadist Tentang Sedekah dalam Islam dan Penjelasannya

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 18, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
hadist tentang sedekahtop-right-banner

Islam selalu mengajarkan umatnya untuk melakukan kebaikan. Salah satu caranya yakni bersedekah atau berbagi dengan sesama umat yang membutuhkan. Dalam Islam, terdapat beberapa hadist tentang sedekah. Pada hadis-hadis tersebut dituturkan hukum bersedekah serta keutamannya. 

Pinhome – Lebih lanjut, ketahui hadist tentang sedekah dan penjelasannya dalam ulasan berikut. Barangkali dapat bermanfaat untuk Pins yang tengah belajar menanamkan kebiasaan baik ini. 

Baca juga: Hadits Tentang Ridho Orang Tua Ridhollahi Fi Ridhol Walidaini

Hadis tentang Bersedekah dalam Islam

Source : Pexels

Umat muslim diberi banyak kesempatan untuk mencari rezeki di jalan Allah SWT. Maka demikian, Allah SWT memerintahkan hamba-Nya untuk membagikan sebagian dari rezeki tersebut untuk orang-orang yang membutuhkan. 

Dalam sebuah hadis, disebutkan bahwa amalan kebajikan dengan sebiji kurma pun akan menyelamatkan seseorang dari api neraka. Namun, amalan ini harus dilakukan dengan hati yang tulus, ikhlas, dan tanpa pamrih. 

Ungkapan sebiji kurma tersebut, disebutkan oleh Rasulullah dalam sebuah hadis yang berbunyi: 

فَاتَّقُوا النَّارَ وَلَوْ بِشِقِّ تَمْرَةٍ فَمَنْ لَمْ يَجِدْ فَبِكَلِمَةٍ طَيِّبَةٍ

Artinya: “Jagalah diri kalian dari neraka meski hanya dengan sedekah setengah biji kurma. Barangsiapa yang tidak mendapatkannya, maka ucapkanlah perkataan yang baik.” – HR. Bukhari no. 1413, 3595 dan Muslim Nomor 1016. 

Selain itu, Allah SWT juga menerangkan hadis tentang bersedekah dalam surah Al-Talaq ayat 7. Berikut bacaan surahnya. 

لِيُنفِقْ ذُو سَعَةٍ مِّن سَعَتِهِۦ ۖ وَمَن قُدِرَ عَلَيْهِ رِزْقُهُۥ فَلْيُنفِقْ مِمَّآ ءَاتَىٰهُ ٱللَّهُ ۚ لَا يُكَلِّفُ ٱللَّهُ نَفْسًا إِلَّا مَآ ءَاتَىٰهَا ۚ سَيَجْعَلُ ٱللَّهُ بَعْدَ عُسْرٍ يُسْرًا

Arab latin: “Liyun Fiq żụ sa’atim min sa’atih, wa mang qudira ‘alaihi rizquhụ falyunfiq mimmā ātāhullāh, lā yukallifullāhu nafsan illā mā ātāhā, sayaj’alullāhu ba’da ‘usri yusrā.”

Artinya: “Hendaklah orang yang mampu memberi nafkah menurut kemampuannya. Dan orang yang disempitkan rezekinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah SWT kepadanya. Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan sekedar apa yang Allah berikan kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan.” 

Bila merujuk dari hadis di atas, sebetulnya bersedekah hukumnya sunah. Namun, jika Pins memiliki kelapangan rezeki, tidak ada salahnya bila menyisihkan sebagian untuk diberikan kepada yang membutuhkan. 

Baca Juga: Cara Mengajarkan Anak Doa Untuk Orang Tua Yang Mudah Diingat

Keutamaan Sedekah dalam Islam

hadist tentang sedekah
Source : Pexels

Dalam beberapa hadis, disebutkan juga keutamaan mengenai sedekah ini. Selengkapnya, bisa Pins simak dalam uraian berikut. 

1. Sedekah membukakan rezeki

Allah SWT menjanjikan rezeki yang berlimpah kepada seseorang yang rajin bersedekah. Maka demikian, sedekah tidak akan membuatmu miskin, justru dapat mendatangkan rezeki lainnya. 

Hal ini sesuai dengan surah Saba’ ayat 39. Berikut bunyinya:

قُلْ إِنَّ رَبِّى يَبْسُطُ ٱلرِّزْقَ لِمَن يَشَآءُ مِنْ عِبَادِهِۦ وَيَقْدِرُ لَهُۥ ۚ وَمَآ أَنفَقْتُم مِّن شَىْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُۥ ۖ وَهُوَ خَيْرُ ٱلرَّٰزِقِينَ

Arab latin: “Qul inna rabbī yabsuṭur-rizqa limay yasyā`u min ‘ibādihī wa yaqdiru lah, wa mā anfaqtum min syai`in fa huwa yukhlifuh, wa huwa khairur-rāziqīn.”

Artinya: “Katakanlah: ‘Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)’. Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.”

2. Mendapatkan pahala yang berlipat ganda

Allah SWT menyukai hambanya yang rajin bersedekah. Oleh karena itu,  Allah SWT pun menjanjikan pahala yang berlipat ganda bagi umatnya yang gemar bersedekah. Hal ini tercantum dalam surah Al-Baqarah ayat 261. Berikut bunyinya: 

مَّثَلُ ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَٰلَهُمْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِى كُلِّ سُنۢبُلَةٍ مِّا۟ئَةُ حَبَّةٍ ۗ وَٱللَّهُ يُضَٰعِفُ لِمَن يَشَآءُ ۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ

Arab latin: “Maṡalullażīna yunfiqụna amwālahum fī sabīlillāhi kamaṡali ḥabbatin ambatat sab’a sanābila fī kulli sumbulatim mi`atu ḥabbah, wallāhu yuḍā’ifu limay yasyā`, wallāhu wāsi’un ‘alīm.”

Artinya: “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

3. Sedekah menolong kita di hari kiamat

Sedekah bisa dibilang sebagai salah satu investasi di hari akhir nanti. Menurut salah satu hadis, mereka yang bersedekah akan diberikan pahala yang berlimpah dan terhindar dari api neraka. Berikut arti dari bacaan hadis tersebut:

“Setiap orang berada di bawah naungan sedekahnya (pada hari kiamat) hingga diputuskan di antara manusia atau ia berkata: “Ditetapkan hukuman di antara manusia.” Yazid berkata: “Abul Khair tidak pernah melewati satu hari pun melainkan ia bersedekah kepadanya dengan sesuatu, walaupun hanya sepotong kue atau bawang merah atau seperti ini.” – HR. Al-Baihaqi, Al-Hakim dan Ibnu Khuzaimah. 

Urutan yang Tepat dalam Pembagian Sedekah

hadist tentang sedekah
Source : Pexels

Bersedekah dapat dilakukan kepada siapa saja. Namun, ingatlah untuk mendahulukan mereka yang memang berhak menerima sedekah. 

Imam Nawawi dalam kitabnya “Al-Majmu’ Syarah Al-Muhadzab” mengatakan bahwa sedekah sebaiknya diprioritaskan untuk diberikan kepada kerabat yang membutuhkan. Selain mendatangkan pahala, bersedekah pada kerabat juga dapat mempererat silaturahmi. 

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda,

الصَّدَقَةُ عَلَى الْمِسْكِيْنِ صَدَقَةٌ وَعَلَى ذِيْ الْقَرَابَةِ اثْنَتَانِ : صَدَقَةٌ وَصِلَةٌ

Artinya: “Sedekah kepada orang miskin hanyalah sedekah, sedangkan sedekah kepada kerabat akan mendapatkan dua ganjaran, yaitu ganjaran sedekah dan ganjaran silaturahim.” – HR. Tirmidzi Nomor 658. 

Bila merujuk pada hadis di atas, maka kerabat dekat yang membutuhkan merupakan urutan pertama atau prioritas untuk bersedekah. Setelah itu, Pins dapat mempertimbangkan tetanga rumah yang membutuhkan, lalu lembaga penyalur. 

Mengingat banyaknya keutamaan yang didapatkan dengan bersedekah, maka sebaiknya Pins juga mulai menekuninya. Walau demikian, jangan paksakan keadaan daripada menyusahkan diri sendiri. Selain itu, usahakan pula untuk bersedekah dengan hati yang tulus, agar niatnya dilihat oleh Allah SWT. Semoga informasi hadist tentang sedekah ini bermanfaat ya, Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan Villa Kebun Raya Cibinong di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download