BlogLifestyleTeknologiCara Mengatasi Hp Hang Baterai Tanam dengan Mudah
0
0

Cara Mengatasi Hp Hang Baterai Tanam dengan Mudah

Dipublikasikan oleh Intan Malika Putri  dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mei 24, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Pernah mengalami hp mati secara mendadak atau layar tiba-tiba tidak bisa bergerak saat disentuh? Kondisi ini biasa juga disebut hang. Di zaman dahulu, cara mengatasi hp macet baterai tanam bisa dilakukan dengan hanya lepas pasang baterai.

Sayangnya era modern ini tidak hanya memunculkan berbagai pilihan rumah modern seperti Nismara Harapan Indah, melainkan juga memunculkan berbagai hp modern yang mengusung desain baterai tanam yang tidak bisa di lepas pasang.

Lantas, bagaimana cara mengatasi hp hang untuk baterai tanam? Untuk mengetahui selengkapnya, simak artikel lengkap di bawah ini!

Baca juga: Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Menarik Kertas Dengan Mudah

Cara Mengatasi Hp Macet Baterai Tanam

Source : Pexel

Ada banyak cara untuk mengatasi masalah hp macet baterai tanam, seperti halnya fitur PinValue yang akan membantumu untuk menemukan harga ideal untuk rumah impian.

Bagi kamu yang mungkin mengalami masalah sistem seperti hang dan stuck, kamu harus tahu cara menanganinya. Berikut beberapa cara untuk mematikan HP baterai tanam yang error, hang dan stuck:

1. Tekan Tombol Power dan Tahan

Cara Mematikan HP Hang Baterai Tanam

Ketika hp kamu yang menggunakan baterai tanam sedang dalam posisi macet, hang, atau stuck, yang perlu kamu lakukan sebenarnya hanya tekan tombol Power selama 5-10 detik. Dengan demikian sistem otomatis akan reset. Reset di sini maksudnya nanti sistem akan mati. Kalau dijelaskan dengan step-by-step kurang lebih begini:

  • Saat HP kamu hang, tekan tombol power sekitar 10 sampai dengan 20 detik.
  • Setelah itu, HP kamu akan secara otomatis mati.
  • Hidupkan kembali dengan menekan tombol power.
  • Biarkan sampai masuk ke sistem, coba gunakan untuk memastikan HP sudah tidak hang.

Atau bisa juga coba pakai kombinasi lainnya untuk mematikan hp baterai tanam.

  • Tekan tombol Power + Volume atas dengan bersamaan.
  • Tekan tombol Power + Volume bawah dengan bersamaan.
  • Tekan tombol Power + Volume atas + Volume bawah secara bersamaan.
  • Tekan tombol Power + Home secara bersamaan.

Semua tombol kombinasi ini harus menyesuaikan merk HP-nya, seperti Samsung, Oppo, Xiaomi, Asus, Lenovo, Vivo dan lainnya. Cara ini merupakan yang paling umum dan mudah dicoba sebagai langkah awal ketika baterai di hp kamu hang atau stuck. Pastikan hp benar-benar mati, sehingga dapat me-restart sistem yang mungkin error didalamnya.

Baca juga: Cara Memperbaiki Speaker HP Suara Kresek atau Pecah

2. Tunggu Hingga Baterai Habis Sendiri

Kamu bisa juga menunggu daya baterai habis dengan sendirinya. Ketika daya baterai habis, maka HP akan mati dan sistemnya akan restart otomatis dan hp mati sendiri. Tapi sebelum dipakai lagi, pastikan HP di charge terlebih dulu untuk mengisi dayanya, kalau sudah penuh baru hidupkan kembali.

3. Bongkar Baterai Tanam Hp

Jika cara pertama kamu sudah lakukan tapi tidak berhasil, dan kondisinya lagi sangat penting untuk memakai hp tersebut, bisa pakai cara ini. Cara ini memang sedikit berisiko, terutama jika kamu belum memiliki pengalaman membongkar hp, meskipun hanya untuk mencabut baterainya saja. Kalau kamu yakin mau mencobanya, berikut cara untuk membongkar baterai tanam:

  1. Lepas pinggiran casing hp kamu dengan menggunakan alat tipis, seperti pinset, pick gitar atau lainnya.
  2. Buka casing secara perlahan untuk menghindari kerusakan layar, terutama LCD-nya.
  3. Lepas konektor baterai di hp kamu.
  4. Pasang kembali konektor baterai dan juga casing-nya.
  5. Hidupkan kembali dengan menekan tombol Power.

Untuk membongkar hp yang menggunakan baterai tanam dapat menggunakan langkah-langkah di bawah ini.

4. Bawa ke Tempat Servis

Service HP Baterai Tanam

Jika kamu tidak yakin untuk membongkar baterai tanam pada hp, kamu bisa membawa hp ke tempat servis. Selain menangani baterai tanam hang, mungkin saja ada komponen pada hp yang bermasalah.

Bisa jadi ini disebabkan karena sistemnya, baterai yang mulai melemah atau penyebab lainnya. Sehingga kamu bisa sekaligus mengganti atau memperbaiki komponen yang bermasalah dari hp tersebut.

Biaya Ganti Baterai Tanam200-300 Ribu

Tempat service hp ini akan mudah dijangkau jika rumahmu berada di lokasi strategis seperti Paradise Serpong City 2. Untuk lebih lengkapnya, coba kamu tanyakan ke akun Media Sosial. Bisa Instagram, Facebook dan lain-lain via DM.

Baca juga: Cara Mengganti Baterai Tanam HP Android

Cara Menghindari Hp Baterai Tanam Hang

Cara Baterai Tanam Tidak Hang

Setelah kamu mengetahui dan berhasil mengatasi baterai tanam yang hang di HP, selanjutnya kamu harus tahu cara untuk menghindarinya. Berikut cara menghindari baterai tanam yang hang:

1. Kurangi Beban Penyimpanan Hp

Mempunyai banyak aplikasi dapat menurunkan performa hp kamu, apalagi kalau sampai melebihi batas penyimpanan memori-nya. Untuk itu sebaiknya aplikasi yang sudah tidak terpakai dihapus saja. Karena kalau tidak dihapus, dan meski jarang digunakan, tetap akan menambah beban ke hp kamu.

2. Jangan Terlalu Banyak Buka Aplikasi

Pastikan jangan terlalu banyak buka aplikasi secara bersamaan, karena hal ini akan menyebabkan overload pada CPU di hp kamu. Semua aplikasi yang dijalankan akan memacu kinerja pada komponen hp, jadi sebaiknya kalau tidak ingin sistem hang lagi, kamu harus menghindari hal ini. Kamu bisa melihat resources dari HP (penuh atau tidak) di Pengaturan > Penyimpanan.

3. Perhatikan Suhu Normal Pada Baterai Hp

Suhu normal baterai hp umumnya adalah 35 sampai 45 derajat celcius ketika sedang digunakan. Rata-rata hp yang hang atau bootlop itu karena suhunya terlalu panas, sehingga sistemnya error. Jadi kamu perlu memperhatikan suhu normal pada HP yang digunakan, jika tidak ingin mengalami masalah yang sama kembali.

4. Coba Gunakan Tema Hp Biasa

Memakai tema yang berat juga dapat memacu kinerja RAM dan CPU di HP kamu, apalagi kalau ada animasinya. Bisa membuat suhu baterai tinggi. Meskipun mempunyai tampilan yang menarik tapi kalau itu menyebabkan masalah bagi HP kamu, sebaiknya gunakan tema biasa saja.

Kesimpulan

Biasanya masalah hang pada baterai ini tidak terlalu berbahaya dan tidak sampai harus mengganti komponen di hp. Karena dari kebanyakan kasus yang ada, hp hang ini biasanya terjadi karena efek pemakaian saja.

Demikianlah ulasan tentang cara mengatasi hp hang untuk baterai tanam. Semoga bisa membantumu untuk mengatasi masalah hp hang atau stuck.

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download