Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari
Des 4, 2023
5 menit membaca
Injector nozzle merupakan komponen yang bertugas menyemprotkan bahan bakar dalam bentuk kabut supaya mudah mencampurkannya dengan oksigen agar mudah terbakar pada silinder mesin.
Komponen ini pada mesin diesel terbagi atas beberapa bagian guna menaikkan tekanan bahan bakar. Jenisnya ada dua yakni tipe hole yang terbagi atas single dan multiple hole. Jenis yang kedua yakni tipe pin yang terbagi atas throttle dan pintle.
Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa nozzle memiliki beberapa tipe. Berikut tipe yang dimaksud lengkap dengan penjelasan singkatnya:
Injektor ini hanya memiliki satu lubang injeksi saja dengan kisaran sudut injeksi nosel berbahan bakar tipe lubang tunggal 4-15 derajat. Injeksi tunggal berguna untuk mesin diesel sebagai penghasil pusaran udara agar proses pencampuran partikel udara dan bahan bakar seragam.
Tipe injeksi ini memiliki proses pengabutan yang baik namun memerlukan tekanan injection pump tinggi. Umumnya single hole type digunakan pada injeksi langsung saja.
Injektor memiliki lebih dari satu lubang injeksi dan digunakan pada mesin diesel injeksi langsung ke ruang bakar.
Bentuk injeksi tipe throtle mirip dengan pin injektor namun ujungnya tidak meruncing namun melebar agar memberikan karakteristik kerja. Jumlah bahan bakar sedikit sehingga jumlah bahan bakar di akhir injeksi akan bertambah.
Nozel memiliki bentuk jarum pada fuel injektor yang ujungnya seperti pin berbentuk kerucut. Model injektor bahan bakar ini digunakan pada mesin diesel injeksi tidak langsung dengan ruang pra-pembakaran.
Injeksi jenis throtle ataupun pintle digunakan pada motor diesel dengan ruang bakar yang mempunyai combustion chamber, kamar muka atau kamar pusar (turbulen)
Baca juga:
Nozzle ini pada mesin diesel berperan pada pembakaran bahan bakar serta udara di mesin diesel. Pompa injeksi yang dimilikinya berguna menaikan tekanan bahan bakar solar pada mesin.
Komponennya sendiri terdiri atas 9 bagian yang memiliki tugas berbeda-beda yaitu sebagai berikut:
Tugas utama dari nozzle holder ialah menentukan posisi serta arah nozzle. Komponen ini merupakan tempat bertemunya bahan bakar serta mengatur tekanan mulai dari valve terbuka pada nozzle.
Nozzle akan ditekan oleh nozzle spring lewat push rod. Tekanan awal akau diatur oleh besarnya ketegangan nozzle spring. Sementara nozzle spring bergantung dari tegangan sekrup penyetel atau shim.
Pressure spring bertugas untuk mengembalikan tekanan pengabutan.
Bagian ini berfungsi untuk sim penyetel tekanan pengabutan
Tujuan dari adanya pressure pin adalah meneruskan tekanan
Jumlah bahan bakar yang dikabutkan lewat mulut pengabut akan diatur oleh nozzle needle. Jarum pengabut akan ditekan pada bidang penutup oleh pegas penutuo memakai tekanan yang diatur lewat perantara baut tekan.
Komponen aksial dari gaya mengangkat jarum yang berlawanan arah akan bekerja sama dengan pegas penutup. Jarum pengabut sebagai katup jarum yang bermanfaat mengabutkan bahan bakar.
Nozzle body berguna untuk menyalurkan bahan bakar dan sebagai lubang pengabutan.
Over flow pipe bermanfaat untuk mengembalikan bahan bakar sisa pengabutan.
Distance piece memiliki fungsi untuk menyalurkan bahan bakar serta tempat tumpuan pressure spring.
Tugas utama dari rentaining nut adalah sebagai bodi komponen bagian bawah.
Baca juga:
Cara kerja nozzle sendiri pada mesin diesel terbagi atas tiga langkah. Baik sebelum penginjeksian, saat penginjeksian maupun setelah penginjeksian. Adapun cara kerjanya untuk masing-masing tahapan adalah sebagai berikut:
Bahan bakar solar dengan tekanan tinggi mengalir dari injeksi melalui pompa injeksi lewat saluran bahan bakar pada nozzle holder. Setelah itu bahan bakar akan menuju ke oil pool yang ada di bagian bawah nozzle body.
Saat tekanan bahan bakar berada di oil pool naik maka bahan bakarnya menekan permukaan ujung needle. Jika tekanan bahan bakar melebihi tekanan pegas maka nozzle needle terdorong ke atas oleh bahan bakar sehingga terlepas dari dudukannya.
Kejadian ini membuat bahan bakar keluar dan langkah penginjeksian atau penyemprotan bahan bakar ke dalam ruang bakar terjadi.
Saat pompa injeksi berhenti mengalirkan bahan bakar bisa membuat tekanan bahan bakar mengarah ke injector nozzle. Bahan bakar yang menurun bisa menekan pegas dalam injector nozzle sehingga mengembalikan nozzle needle pada posisi semula.
Nozzle needle akan tertekan oleh gaya pegas pengembali dengan kuat pada dudukannya. Setelah itu selanjutnya akan menutup bahan bakar untuk keluar. Bahan bakar yang tersisa di nozzle needle dan nozzle body akan dikembalikan kembali ke over flow pipe.
Injektor pada mesin diesel memiliki beberapa komponen. Diantaranya adalah overflow pipe, adjusting washer, nozzle holder, distance piece, nozzle body, nozzel needle, pressure spring, pressure pin, dan retaining nut.
Fungsi utama dari injector nozzle sendiri adalah menyemprotkan bahan bakar dalam bentuk kabut sehingga pencampuran oksigen dapat dilakukan. Jenisnya terbagi atas 4 golongan yang penggunaanya berdasarkan injeksi langsung atau tidak langsung
Baca juga:
Source Feature Image: Shutterstock
Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome.
Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah
© lifestyle.pinhome.id