BlogLifestyleApa itu Investasi Sukuk? Keuntungan dan Cara Membelinya
0
0

Apa itu Investasi Sukuk? Keuntungan dan Cara Membelinya

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa dan Diperbarui oleh Ramanda Salsa

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
investasi sukuktop-right-banner

Ingin melakukan investasi namun tetap berpegang dengan konsep syariah bebas bunga? Investasi sukuk memiliki keuntungan berupa imbal hasil yang dapat menjadi pilihan kamu, Pins! Sukuk adalah salah satu contoh instrumen investasi syariah. Sukuk berkembang pada banyak negara di dunia yang memiliki mayoritas penduduk Muslim. Pemerintah Indonesia mulai menetapkan regulasi pada sukuk dari tahun 2008.

Hal ini dilakukan untuk mendorong ekonomi syariah Indonesia dan diwujudkan melalui penerbitan Sukuk Negara atau SBSN (Surat Berharga Syariah Negara). Sebagai masyarakat, kamu juga perlu memahami berbagai instrumen investasi, salah satunya adalah sukuk. Dengan memahami berbagai instrumen investasi, kamu bisa menentukan sendiri ingin melakukan investasi pada instrumen yang mana.

Pengertian Investasi Sukuk

Source : Freepik

Sukuk adalah surat berharga atau sertifikat yang menjadi tanda kepemilikan suatu aset yang bisa dengan prinsip syariah. Selain itu, sukuk juga sering disebut sebagai obligasi syariah. Investasi sukuk adalah sertifikat atas kepemilikan sebuah aset berwujud, tetapi bukan berupa surat utang layaknya obligasi konvensional.

Menurut UU No. 19 Tahun 2008, sukuk negara yaitu surat berharga negara yang diterbitkan dengan prinsip syariah, sebagai bukti bagian penyertaan modal terhadap Aset SBSN, baik dengan mata uang Rupiah maupun valuta asing.

Sukuk diterbitkan berawal dari kenyataan tentang pajak dan pendapatan pemerintah non-pajak yang tidak cukup untuk membiayai kegiatan belanja negara. Oleh sebab itulah pemerintah ingin melakukan pinjaman sejumlah uang dengan menghimpun dana masyarakat melalui penerbitan surat hutang atau SBN (Surat Berharga Negara). 

Masyarakat yang dimaksud tidak cuma perorangan warga negara Indonesia, namun juga bisa institusi, misalnya perusahaan aset dan asuransi. Surat hutang tidak cuma diterbitkan oleh negara, tetapi dapat diterbitkan juga oleh perusahaan. Hal ini berarti perusahaan juga ingin mendapatkan dana dari masyarakat.

Baca juga: Apa Itu KPR Syariah? Ketahui Serba-serbinya di Sini!

Keuntungan Investasi Sukuk

Source : Freepik

Tujuan dari melakukan investasi adalah untuk mendapatkan keuntungan. Investasi sukuk juga bisa memberikan keuntungan bagi masyarakat yang menjadi investornya. Beberapa keuntungannya, sebagai berikut:

Sukuk Aman dan Terjangkau

Keuntungan investasi sukuk yang pertama adalah 100% aman, sebab dijamin oleh pemerintah. Pemerintah menjamin dalam pembayaran imbalan dan nilai sukuk ritel. Setiap individu dapat membeli sukuk dengan investasi yang terjangkau, mulai dari 1 juta Rupiah.

Syariah

Sukuk ritel sudah sesuai dengan ketentuan syariah Dewan Syariah Nasional MUI. Jadi investasi ini cocok untuk siapa saja dari berbagai kalangan.

Sukuk Memiliki Imbalan yang Kompetitif

Sukuk dapat memberi imbalan yang kompetitif per bulannya dengan pajak tidak lebih dari 15%. Hal ini menjadi sangat kompetitif jika dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya.

Partisipasi dalam Membangun Indonesia

Dana dari sukuk digunakan untuk pembiayaan APBN (Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara) dan pembangunan infrastruktur yang diperbolehkan syariah. Artinya, bila kamu bergabung pada investasi ini, kamu ikut bersama membangun Indonesia.

Baca juga: 6 Cara Agar Tidak Boros, Bikin Kaya & Mencapai Financial Freedom!

Cara Membeli Sukuk

Source : Freepik

Setelah memahami keuntungan dari sukuk, tentu kamu juga penasaran bagaimana cara melakukan pembelian instrumen investasi ini bukan? Bila kamu tertarik untuk membeli sukuk, kamu bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

Registrasi Sukuk

Proses registrasi calon investor memakai sistem elektronik dari Mitra Distribusi. Kamu tinggal memasukkan data diri, nomor rekening dana nasabah, Single Investor Identification atau SID, dan nomor rekening surat berharga. 

Jika kamu belum memiliki nomor SID, rekening dana nasabah atau rekening surat berharga. Kamu bisa meminta bantuan dari tim pelayanan. SID adalah kode tunggal dan khusus yang diterbitkan oleh KSEI  atau Kustodian Sentral Efek Indonesia sebagai lembaga penyimpanan dan penyelesaian.

Pemesanan Sukuk

Cara pembelian sukuk ritel yang kedua yaitu dengan melakukan pemesanan. Kamu melakukan pemesanan sukuk setelah membaca ketentuan dan syarat yang ada pada memorandum Informasi. Proses ini bisa kamu lakukan hanya pada masa penawaran sukuk tersebut.

Pembayaran Sukuk

Jika kamu telah mendapatkan verifikasi pemesanan, kamu menerima kode pembayaran. Umumnya kode tersebut dikirim melalui email atau sms berdasarkan kebijakan dari setiap Mitra Distribusi. Fungsi kode pembayaran yaitu untuk menyetorkan dana investasi melalui Bank Persepsi. Contohnya melalui teller, ATM, internet banking, atau mobile banking pada kurun waktu yang telah ditentukan.

Konfirmasi Pembelian Sukuk

Langkah akhir dalam proses pembelian sukuk ritel yakni konfirmasi pembayaran. Kamu nantinya bisa mendapatkan notifikasi completed order, NTPN atau Nomor Transaksi Penerimaan Negara, dan menerima alokasi sukuk tersebut pada tanggal penerbitan.

Pemahaman mengenai investasi sukuk sangat penting sebelum kamu melakukan investasi tersebut. Kepemilikan terhadap sukuk ini juga bisa diwariskan kepada ahli waris yang sah dan kepadanya tetap dilakukan pembayaran dari imbalan dan nilai nominal sukuk ritel.

Pastinya investasi ini sangat cocok untuk kamu sebagai investor ritel dan masyarakat umum. Jika kamu berminat melakukan investasi pada sukuk, kamu wajib rajin mencari informasi kapan penawaran dari pemerintah dibuka. Hal ini karena sukuk tidak diperjualbelikan bebas pada sembarang platform dan waktunya juga ditentukan.

Itulah pengertian, jenis, keuntungan dan cara membeli sukuk. Semua jenis investasi yang diawasi oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan pastinya baik. Kamu hanya harus cermat memilih instrumen yang cocok dengan profil risiko diri. Apakah kamu sudah memahami mengenai sukuk?

Baca juga: 8 Daftar Reksadana Syariah Terbaik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Permata Mulia Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Featured Image Source: Freepik

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download