BlogHome ServiceOtomotif12 Jenis Ban Mobil yang Cocok untuk Kendaraanmu
0
0

12 Jenis Ban Mobil yang Cocok untuk Kendaraanmu

Dipublikasikan oleh Omri Cristian

Des 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Apakah kamu sudah mengenal beragam jenis ban mobil? Setiap kendaraan baik motor maupun mobil pasti terdapat roda agar mobil bisa berjalan dengan lancar. Roda ini terdiri dari pelek dan ban.

Ban adalah salah satu bagian pada kendaraan khusunya pada roda yang bersentuhan langsung dengan jalan. Ban diisi dengan udara bertekanan supaya dapat dimanfaatkan sebagai peredam getaran atau kejutan sehingga akan menambah kenikmatan maupun kenyamanan mengendarai suatu kendaraan.

Ternyata ban mobil sendiri memiliki banyak jenis yang bisa digunakan berdasarkan kebutuhan kamu. Berikut ini beragam jenis ban mobil yang bisa kamu pilih untuk digunakan.

Baca juga: 7 Jenis Mobil Pertama di Dunia dan Sejarah Penemu Mobil

Jenis Ban Mobil Berdasarkan Ulir

Berdasarkan ulir pada ban, jenis ban terbagi dari beberapa macam. Berikut ini jenis ban berdasarkan ulir:

Ban Bias

ban bias
Source : bisaotomotif

Salah satu tipe ban ini memiliki ciri khas yaitu bentuk lapisan seratnya yang berarah miring. Ban bias memiliki kelebihan yaitu menambah kenyamanan berkendara hal ini disebabkan karena tapak (tread) dapat menyerap getaran/kejutan dengan sangat baik.

Tidak ada gading yang tak retak, ban bias ini juga memiliki kekurangan, yaitu ketahanan terhadap keausan dan guncangan (rol) berada dibawah ban radial.

Ban Radial

ban radial
Source : bisaotomotif

Berbeda dengan ban bias, ban yang satu ini lapisan seratnya menyilang, tidak arah miring seperti pada ban bias. Ban radial ini sabuknya terbuat dari baja, sehingga ban tipe ini ada yang menyebutnya sebagai ban radial baja.

Kebalikannya dari ban bias, ban radial memiliki keuntungan lebih tahan terhadap guncangan dan keausan, tetapi ya itu kenyamanan saat mengendarai mobil kurang.

Baca juga: Apa Itu Coating? Pengertian, Manfaat dan Fungsi Coating Mobil

Ban dengan Ban Dalam

Ban tipe ini adalah ban yang sering digunakan pada kendaraan bermotor dan mobil. Tipe ban ini memiliki ban lagi di dalam ban utamanya. Pada tipe ini, ban dalam berfungsi menampung tekanan udara. Sehingga, ban dalam menjadi penopang utama berat kendaraan dan beban yang diangkutnya.

Ban Tubeless (Tanpa dalam)

Source : Kompas

Hampir semua mobil keluaran terbaru menggunakan ban tubeless yang didalamnya tidak terdapat ban dalam seperti pada ban-ban yang biasa. Ban tubeless ini bagian dalamnya dilengkapi dengan lapisan yang menahan kebocoran udara, dan akan secara otomatis menghambat kebocoran udara ketika ban tertusuk oleh benda tajam.

Sehingga ketika ban tertusuk oleh benda yang tajam misalnya paku, maka ban tubeless ini tidak langsung kempes sehingga ada waktu untuk kamu menambalkan ban ke tukang tambal ban khusus tubeless.

Selain itu juga keuntungan ban tubeless ini adalah transfer radiasi panas yang dihasilkan ketika berjalan akan disalurkan dengan rim. Ada 3 hal yang tidak ada pada ban tubeless tetapi ada pada ban dengan ban dalam, yaitu ban dalam, flap dan side ring. Ini akan membuat ban tubeless semakin ringan.

Run Flat Tire

Jenis ban ini mampu membawa kendaraan tetap berjalan meskipun tekanan angin pada ban 0 atau kempis. Keunggulan ban ini juga bisa tetap membuat mobil melaju hingga kecepatan 80km/jam meski ban tidak ada tekanan sama sekali. Oleh karena itu, run flat tire sangat cocok untuk kamu ingin mobil jadi lebih aman dalam berkendara.

Baca juga: Ini Dia Tekanan Ban Mobil yang Aman dan Ideal

Jenis Ban Mobil Berdasarkan Fungsi

Ban mobil pun dapat dibagi lagi berdasarkan fungsi yang beragam. Berikut ini jenis ban berdasarkan fungsinya:

All Terrain

Source : Suara

Ban jenis ini dirancang bekerja di jalanan on road dan off road. Ban masih berfungsi dengan baik di medan yang tidak terlalu ekstrem. Sedangkan  di jalanan aspal, ban ini tidak mengeluarkan suara bising. Jenis ban mobil all terrain umum digunakan pada mobil SUV.

Mud Terrain

Ban yang satu ini dirancang khusus untuk mobil off road. Beberapa diantaranya adalah Toyota Hardtop FJ400 dan Jeep Wrangler. Jadi, ban ini bisa berjalan dengan baik di medan berlumpur, bebatuan, dan jalan berair. 

Performance

Source : iNews

Jenis ban ini umumnya digunakan mobil balap karena memiliki kestabilan yang baik. Alur ban-nya yang sedikit membuat ban performance cocok untuk mobil balap dengan trek aspal kering. Namun, jenis ini juga membuat ban  tidak cocok digunakan saat hujan karena berisiko membuat mobil jadi licin.

Baca juga: Simak Cara Mengetahui Masa Kadaluarsa Ban Mobil

Eco

Source : Kumparan

Ban ini ditujukan untuk penggunaan bahan bakar yang lebih hemat.Terbuat dari lapisan silika , ban ini punya cengkeraman yang kuat ke jalan. Lapisan silica ini juga menyebabkan rolling resistance lebih sedikit.

Comfort

Ban ini cocok digunakan untuk kendaraan yang berjalan di jalan beraspal. Ban ini juga unggul karena memiliki karet tebal dan celah alur rapat. Alur dan ulir ban ini mampu mengalirkan aliran udara m di permukaan jalan dengan baik. Ini membuat umum ban comfort bisa lebih awet.

Highway Terrain

Jenis ban ini dikhusunya pada mobil on road dengan aspal yang halus. Oleh karena itu, ban ini umumnya digunakan oleh mobil city car, hatchback, MPV atau sedan yang biasa melintasi jalan-jalan di kota. 

Spare tire 

Source : WIRED

Spare tire atau ban cadangan digunakan saat ban utama tidak dapat digunakan. Terdapat dua jenis ban spare, yaitu temporary space saver dan full size.

Jenis ban pertama bisa digunakan kendaraan untuk melaju dengan kecepatan sedang. Sedangkan jenis kedua merupakan ban yang sama dengan ban bawaan jadi bisa digunakan seperti biasanya.

Itu tadi beberapa jenis ban mobil yang bisa kamu pakai. Kamu bisa memilih berdasarkan jenis mobil dan kebutuhan. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Tekanan Ban Mobil Avanza yang Aman untuk Pengendara


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download