BlogLifestyleEdukasiJenis-jenis Senyuman Dan Makna Yang Terkandung di Dalamnya
0
0

Jenis-jenis Senyuman Dan Makna Yang Terkandung di Dalamnya

Dipublikasikan oleh I Made Suastika

Apr 13, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Kata orang, senyuman adalah sebuah ibadah. Dengan senyuman kita bisa memberi energi positif dan aura kebahagiaan kepada orang lain disekitar kita. Dengan tersenyum juga merupakan cara mudah untuk mengekspresikan diri saat tidak bisa mengucapkannya dengan kata-kata. Karena senyuman merupakan cara untuk mengekspresikan isi hati, makan senyuman juga beberapa berbagai jenis. Dari senyum manis sampai senyum menyeringai, semua ada arti didalamnya. Mau tau apa saja arti senyuman yang selama ini kalian lihat dari orang disekitar kalian? Yuk simak infonya berikut ini!

1. Senyum Bahagia (Duchenne smile)

photo via : www.betterhelp.com

Setiap orang didunia pasti menginginkan senyum kebahagiaan didalam hidupnya. Karena senyum bahagia adalah sebuah ekspresi yang dikeluarkan karena dirinya sedang berbahagia. Senyum seperti ini biasanya ditandai dengan bentuk bibir yang lebih lebar dari senyum biasa, disertai dengan sedikit suara, dan hampir seperti orang tertawa.

2. Senyum Malu-Malu (Embarrassed smile)

photo via : www.sheknows.com

Nah kalau ada teman kamu yang tersenyum dengan pipi yang memerah sambil sedikit memalingkan wajah, itu artinya ia sedang tersipu malu dan mengekspresikannya dengan sebuah senyun. Hal ini sebenarnya sebuah ekspresi hybrid di mana senyum ini memberi sinyal untuk menyambut, sedangkan gerakan berpaling memberikan sinyal penghindaran. Jika pria menghadapi wanita yang sedang tersenyum seperti ini, itu tandanya sang wanita sedang memanggil perasaan pria dan memberikan kesan agar si pria melindungi dan peduli pada si pemberi senyuman.

3. Senyum Menggoda (Seductive/Flirtatious smile)

photo via : http://destiny104.info

Para wanita biasanya memamerkan senyum menggoda untuk menarik perhatian lawan jenis. Senyum seperti ini biasanya hanya menampilan sedikit senyuman yang disertai dengan kontak mata langsung. Jika kalian melihat teman kalian sedang memasang senyum-senyum tipis dengan kontak mata yang hanya fokus padamu dan kepala yang dimiringkan kebawah, itu artinya di sedang menggoda kamu.

4. Senyuman Palsu (Fake Smile)

photo via : www.koreaboo.com

Senyum palsu ini digunakan oleh seseorang untuk menutupi perasaan  yang sedang ia alami, sehingga orang lain menganggapnya sedang bahagia. Senyum palsu ini sering digunakan oleh para publik figur ketika sedang berada di depan kamera. Intinya senyum yang terlihat seperti senyuman biasa ini hanyalah kepura-puraan sang pemilik senyum. Sangat sulit untuk menentukan seseorang yang sedang tersenyum palsu namun yang jelas seseorang yang sedang tersenyum palsu ini biasanya pandangan matanya tidak fokus, namun tetap menampilkan senyuman.

5. Senyuman Tak Nyaman (Uncomfortable Smile)

photo via : http://www.stylebistro.com

Senyuman tak nyaman biasanya ditandai dengan senyum tipis dengan gaya yang canggung, disertai dengan alis yang mengkerut dan juga bola mata yang agak diperbesar. Seseorang mengeluarkan senyuman seperti ini biasanya saat ia merasa tidak nyaman dengan hal disekitarnya ataupun saat orang lain mengatakan sesuatu yang tak pantas saat berbincang dengan dirinya. Senyuman tidak nyaman biasanya dibuat oleh seseorang untuk menutupi perasaannya yang tidak nyaman. Misalnya saat ditanyai tentang masalah seksualitas dalam sebuah wawancara kerja.

6. Senyum Sinis (Sarcastic Smile)

photo via : www.businessinsider.com

Senyum sinis merupakan bahasa tubuh yang digunakan seseorang untuk mengekspresikan rasa tidak suka terhadap seseorang dan bisa juga sebuah penghinaan kepada seseorang. Biasanya orang yang sedang tersenyum sinis, ditandai dengan senyuman tipis disertai tatapan mata yang memberikan tampilan jijik. Senyum sinis juga dapat diartikan dengan rasa tidak puas, sikap arogan dan superioritas. Tipe senyuman ini juga bisa menggambarkan watak asli seseorang.

7. Senyum Takut (Fear smile)

photo via : www.psychmechanics.com

Senyum takut adalah senyuman yang digunakan seseorang untuk memalsukan perasaan takut. Biasanya ditandai dengan alis yang menukik keatas, senyuman lebar dengan gigi yang dirapatkan. Senyuman seperti ini biasanya digunakan oleh seorang publik figur yang harus melakukan tantangan yang menakutkan baginya.

8. Senyum Sedih (Miserable smile)

photo via : aminoapps.com

Hampir sama dengan senyum palsu, senyum sedih juga senyuman yang ditampilkan oleh seseorang ketika ia tidak ingin memperlihatkan kesedihannya pada orang lain ataupun ingin terlihat kuat dihadapan orang lain walaupun dihati mereka sedang menangis darah. Namun bedanya jika senyum palsu tatapan mata mereka tidak fokus dan terkesan datar, maka senyum sedih tatapan mata mereka akan terlihat sedih walaupun sedang memasang senyum termanisnya.

9. Senyum Lebar

Photo via lifestyle.kompas.com

Senyum lebar ini bisa dikatakan juga dengan tertawa. Senyum ini ditandai dengan bibir yang tersenyum lebar dan memperlihatkan gigi-giginya. Tipe senyuman ini mengekspresikan kepercayaan diri, kehangatan dan energi positif. Senyuman yang lebar juga menandakan keramahan dan ‘ajakan’ untuk berteman. Senyuman lebar yang dibarengi dengan kerutan di sekitar mata semakin menunjukkan kalau senyuman Anda tulus dan asli.

10. Senyum Licik/menyeringai

Photo via tandapagar.com

Orang yang mengeluarkan senyum seperti ini biasanya menampilkan ekspresi yang seperti menyimpan sebuah niat buruk kepada seseorang. Senyum biasanya ditandai dengan bibir yang ujungnya hanya terangkat satu sisi dan diikuti dengan tatapan mata yang tajam dan alis yang terangkat sebelah, serta gerakan kepala yang mengangguk-angguk pelan.

11. Senyum Simpul

Photo via pixabay.com

Senyum simpul adalah senyum yang paling umum diperlihatkan oleh seseorang. Senyum ini bisa menunjukan emosi yang berbeda-beda. Senyuman di mana kedua bibir menutup rapat dan membentuk garis lurus di wajah ini menyiratkan rasa malu atau ketakutan. Senyum tanpa memperlihatkan gigi juga menyiratkan sesuatu yang sedang dipikirkan tapi berusaha disembunyikan.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download