BlogLifestyleHewan Peliharaan8+ Jenis Kupu-Kupu dengan Tampilan Unik dari Berbagai Belahan Dunia
0
0

8+ Jenis Kupu-Kupu dengan Tampilan Unik dari Berbagai Belahan Dunia

Dipublikasikan oleh Aulia Ramadhanti

Apr 6, 2023

8 menit membaca

Copied to clipboard
jenis kupu kuputop-right-banner

Kita tahu, bahwa kupu-kupu merupakan salah satu hewan yang yang memiliki proses metamorfosis yang cukup panjang dan unik. Mulai dari telur, ulat, kepompong hingga menjadi jenis kupu-kupu dewasa.

Dilansir dari Konservasi Sumber Daya Hutan dan Ekowisata Institut Pertanian Bogor, Indonesia setidaknya memiliki lebih dari 1.900 jenis kupu-kupu atau 10 persen dari semua jenis kupu-kupu dunia.

Berikut adalah jenis kupu-kupu terindah yang ada dari berbagai belahan dunia. Yuk, simak!

Baca juga: Cara Mengundang Kupu-Kupu di Taman Rumah

Jenis Kupu-Kupu Terindah di Dunia

1. Blue Morpho

blue morpho
Sumber: Wikipedia

Apakah Anda pernah mendengar jenis kupu-kupu satu ini? Menurut informasi yang beredar, Blue Morpho merupakan kupu-kupu yang cantik dengan sayap seperti peri.

Hampir setiap orang di belahan dunia bisa dipastikan akan suka ketika melihat wujud dari kupu-kupu ini karena warna biru metalik dimilikinya. Selain itu, Blue Morpho juga memiliki sayap yang mengkilat dengan ukuran kisaran 8 inci. Biasanya kupu-kupu ini dapat ditemukan di daerah Amerika Tengah, Selatan dan Meksiko.

2. Monarch Buterfly

monarch butterfly
Sumber: Unsplash

Sekilas Monarch Butterfly memiliki bentuk yang persis dengan jenis kupu-kupu yang banyak ditemukan di Indonesia. Namun, kupu-kupu ini memiliki habitat asli di Amerika Utara.

Amerika Utara sendiri sekan menjadi rumah bagi karya seni menakjubkan ini, termasuk Monarch Butterfly. Jenis kupu-kupu ini tidak memiliki ukuran yang terlalu besar, hanya sekitaran 4 inci saja.

Perpaduan warna hitam, putih dan coklat menjadikan warna kupu-kupu ini tidak terlalu mencolok, namun tetap indah karena bentuk coraknya yang tidak biasa.

Baca juga: Ternyata, Ini Manfaat Laron untuk Burung Kicau

3. Australian Painted Lady

australian painted butterfly
Sumber: Pexels

Namanya cukup mewah bagi seekor kupu-kupu, entah siapa yang memberikan nama tersebut. Namanya yang bagus berbanding lurus dengan bentu dan corak yang indah. Sehingga sangat wajar sekali untuk mendapatkan nama tersebut.

Sesuai namanya, kupu-kupu ini berasal dari Australia. Namun kupu-kupu jenis ini juga bisa Anda temui di New Zealand. 

Yang menarik dari mahluk bercorak indah ini adalah dimana pada musim tertentu, ia akan bermigrasi dari bagian utara ke daerah selatan seperti Queensland.

Keunikan dari kupu-kupu inilah yang bisa memberikan pemandangan yang indah dan berbeda di langit Australia.

4. Purple Spotted Swallowtail

purple spotted swallowtail
Sumber: Unsplash

Jenis kupu-kupu ini juga punya bentuk sayap yang indah, dimana bagian atas sayap memiliki ukuran lebih besar dibandingkan dengan ukuran sayap bawah.

Seperti namanya, Purple Spotted Swallowtail memiliki arti bagian warna ungu dan sayap seperti ekor. Warnanya memang jelas sekali terlihat indah dengan warna ungu di bagian tengah sayap.

Namun sayangnya jenis kupu-kupu ini termasuk jenis yang langka, bahkan hampir punah. Kupu-kupu Purple Spotted Swallowtail bisa Anda temukan di Papua Nugini dan sekitarnya.

Baca juga: Jangan Panik! Ini Cara Mengatasi Ular Masuk Ke Rumah

5. Red Lacewing Buterfly

red lacewing butterfly
Sumber: Unsplash

Kupu-kupu yang berasal dari daerah Filipina ini memiliki bentuk seperti yang ada di Indonesia, yakni sayap di bagian tengahnya yang berwarna merah bata. Kupu-kupu ini dapat dengan mudah ditemukan di India, Nepal dan juga di Indonesia

Baca juga: Yuk Simak Penjelasan Tentang Morfologi Kupu Kupu!

6. Leopard Lacewing

leopard lacewing
Sumber: Wikipedia

Sesuai dengan namanya, kupu-kupu Leopard Lacewing mempunyai corak yang menyerupai seekor leopard. Jenis kupu-kupu ini banyak ditemukan di China, Malaysia dan Singapura. Corak dan warna yang tertata rapih, seakan memperjelas kecantikan Leopard Lacewing.

7. Peacock Buterfly

peacock butterfly
Sumber: Wikipedia

Jenis kupu-kupu satu ini berasal dari dataran Eropa. Meski Eropa sendiri adalah benua yang memiliki banyak habitat kupu-kupu, namun jenis Peacock Butterfly merupakan kupu-kupu palling indah diantara yang lainnya.

Memiliki bentuk yang terlihat lebih lebar serta corak warna yang tersusun rapih dari atas sayap. Perpaduan warna cokelat putih dan abu menjadikan Peacock Butterfly terlihat menawan saat hinggap di atas bunga.

8. Zebra Longwing

zebra longwing
Sumber: Wikipedia

Zebra Lowling memiliki lebar sayap yang tidak biasa dibandingkan jenis kupu-kupu lainnya. Namanya sendiri diambil dari hewan Zebra, sebab coraknya yang memang serupa dengan Zebra.

Zebra Lowling ditemukan pertama kali di daerah Florida Amerika Serikat pada tahun 1996. Jenis kupu-kupu ini sangat senang sekali bergerombol, mulai dari bermain, makan, hingga terbang bersama. Karena kekompakannya ini, maka Zebra Lowling bisa dinobatkan sebagai kupu-kupu sosialita.

Selain indah dan cantik, Zebra Longwing dapat membunyikan suara berderit saat mereka dalam keadaan terancam. Lalu kupu-kupu ini termasuk satu-satunya jenis yang memakan serbuk sari bunga. Menurut ilmuan hal itu dapat memperpanjang usia Zebra Lowling

Baca juga: Mudah! Ini Dia Bagaimana Cara Merawat Taman Bunga Dengan Praktis

9. Emerald Swallowtail

emerald swalowtail
Sumber: Wikipedia

Jenis kupu-kupu keluarga swallowtail ini memiliki bentuk yang rupawan dengan warna yang glowing. Bisa dibilang, jenis Emerald merupakan kupu-kupu terindah dalam keluarga Swallowtail. Dan ternyata, jenis kupu-kupu Swallowtail ini masih punya 550 jenis yang berbeda, lho.

Warnanya yang menawan selalu membuat siapa pun yang melihatnya jadi merasa nyaman. Sayapnya yang lebar dengan warna hijau seakan-akan memberi kesan bersinar dan terang. 

Untuk habitatnya sendiri berada di kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia, Malaysia atau Singapura.

Baca juga: Bunga Marigold, Bunga Cantik yang Kaya akan Ragam Manfaat

10. Appolo Buterfly

jenis kupu kupu appolo butterfly
Sumber: Wikipedia

Jenis kupu-kupu Apollo Butterfly ini sangat mudah sekali dikenali sebab memiliki warna yang berbeda dengan yang lainnya, yaitu berwarna putih dengan lingkaran merah bagian tengah kedua sayapnya.

Namun jangan seneng dulu gaess, meskipun kupu-kupu satu ini terlihat indah, akan tetapi keberadaannya sudah jarang. Appolo Butterfly hanya dapat dijumpai di Prancis, Spanyol dan Italia, itupun hanya di daerah tertentu saja.

Keunikan lain dari kupu-kupu ini adalah ia dapat mengeluarkan bau busuk saat sedang merasa terancam.

11. Glasswinged Butterfly

jenis kupu kupu glasswinged
Sumber: Wikipedia

Keunikan Glasswinged Butterfly terletak pada sayapnya yang transparan. Makanya kenapa kupu-kupu ini disebut dengan Glasswinged Butterfly.Beda halnya dengan jenis pada umumnya, kupu-kupu ini punya sayap transparan yang mirip dengan plastik atau bahkan kaca. Ia juga dikelilingi dengan frame berwarna orange yang indah, serta garis hitam pada bagian tengahnya.

12. Eighty Eight

jenis kupu kupu Eighty Eight
Sumber: Wikipedia

Namanya sendiri diambil dari corak sayap yang memiliki angka 88. Kupu-kupu dengan warna putih ini terlihat lucu dan bisa dikatakan fantastis. Sebab jarang sekali ada kupu-kupu yang memiliki corak menyeruapai huruf atau angka. 

Kupu-kupu yang berasal dari Amerika Selatan dan Tengah ini memiliki 12 spesies dengan warna yang beragam (Hasil publikasi penelitian). Tentu saja jika diperhatikan, kupu-kupu ini terlihat begitu artistik dengan corak hampir yang sempurna.

Habitat terfavorit Eighty-eigh biasanya adalah di sekitaran sungai dan tempat-tempat dekat dengan pemukiman. Biasanya, mereka akan terbang secara bergerombol dengan minimal dengan jumlah 3 kupu-kupu.

Baca juga: 427 Daftar Burung Endemik Indonesia, Lengkap dari AZ!

Penutup

Demikian pembahasan mengenai jenis kupu-kupu yang bisa kita bagikan, semoga menjadi wawasan serta pengetahuan bagi kita semua.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download