BlogLifestyleHobi16 Jenis Tanaman Umbi-Umbian yang Mudah Ditanam
0
0

16 Jenis Tanaman Umbi-Umbian yang Mudah Ditanam

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Jul 23, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Indonesia adalah negara agraris dengan hasil bumi pertanian yang begitu melimpah. Selain padi sebagai salah satu hasil pertanian sekaligus bahan pokok utama, ada banyak hasil pertanian lain yang turut mendukung perekonomian dan pertanian di Indonesia. Beberapa diantaranya adalah jenis umbi-umbian yang bagus untuk pengganti nasi.

Jika Pins tinggal di perumahan di Bekasi dengan halaman yang luas seperti Panorama Bekasi Residence dapat memanfaatkan lahan yang ada untuk bercocok tanaman. Gunakan PinValue untuk menemukan hunian terbaikmu!

Jenis Tanaman Umbi-Umbian

Tanaman umbi-umbian tumbuh subur di Indonesia  dengan berbagai jenis. Mulai dari kentang, wortel, hingga bawang sebagai bumbu masakan. Berikut ini ada beberapa jenis tanaman umbi-umbian yang mudah untuk ditanam :

1. Kentang

Source : Pexels

Kentang merupakan jenis umbi khas Indonesia yang kaya akan karbohidrat. Jenis umbi ini sering digunakan sebagai pengganti nasi. Selain itu, kentang juga bisa diolah menjadi berbagai masakan, mulai dari campuran sayur, keripik, kue, dan camilan lezat lainnya.

2. Ketela Pohon atau Singkong

Source : Pexels

Sama seperti kentang, ketela juga termasuk salah satu jenis umbi dengan kandungan karbohidrat cukup tinggi. Makanan ini bisa digunakan sebagai pengganti nasi dengan hanya direbus, diolah menjadi nasi tiwul, ataupun diolah menjadi makanan lain seperti keripik. Ketela termasuk salah satu jenis umbi yang cara penanamannya sangat mudah, yakni dengan cara memotong batang pohon kurang lebih 30 cm kemudian menanamnya pada tanah.

Baca juga: Kenali 15 Jenis Tanaman Philodendron yang Harus Diketahui

3. Ubi Jalar

Source : Pexels

Ubi jalar adalah umbi-umbian khas Indonesia dengan cita rasa manis. Ubi jalar sendiri memiliki jenis yang beragam mulai dari warna dan rasanya. Salah satu yang terkenal dan unik adalah ubi madu khas Cilembu. 

4. Talas

Source : Pexels

Berbeda dengan ubi jalar yang memiliki cita rasa manis, talas merupakan umbi-umbian dengan cita rasa hambar. Meski begitu talas menjadi makanan favorit, terlebih ketika sudah diolah menjadi keripik talas. Sayangnya, ada beberapa jenis talas yang memberikan sensasi gatal ketika dikonsumsi.

5. Suweg

Source : Kompas

Jenis umbi-umbian selanjutnya ini mungkin hanya banyak ditemukan di Jawa Timur, Jawa Tengah beberapa wilayah jawa lainnya. Suweg biasa dikonsumsi hanya dengan dikukus kemudian ditambah parutan kelapa dan sedikit garam. 

6. Uwi

Source : Kompas

Sekilas umbi-umbian uwi terlihat mirip dengan suweg, namun sebenarnya mereka berbeda. Uwi memiliki cita rasa manis dengan warna khas putih keunguan. Berdasarkan kondisi topografi, suweg dapat tumbuh subur di Kabupaten Malang dengan ketinggian 250-500 mdpl.

7. Gembili

Source : Grid

Sama seperti  uwi, gembili adalah jenis umbi-umbian yang tumbuh dengan cara merambat. Gembili memiliki cita rasa manis dan dagingnya lembut. Tumbuhan ini dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah, atau dataran pada ketinggian 900 mdpl.

Baca juga: Mengenal si Cantik Tanaman Lili Paris yang Bertengger di Taman Rumah

8. Bengkuang

Source : Pixabay

Bengkuang merupakan umbi-umbian yang memiliki tekstur sedikit berbeda ketimbang jenis umbi lainnya. Tanaman ini memiliki bentuk khas seperti gasing, memiliki rasa manis, dan warna putih bersih. Bengkuang tumbuh subur di wilayah Mangunharjo Jawa Tengah, dan beberapa daerah Jawa lainnya.

9. Gadung

Source : Ayo Bandung

Gadung merupakan umbi-umbian populer di Indonesia yang sering diolah menjadi keripik. Secara umum, gadung merupakan jenis umbi yang memiliki racun, sehingga tidak bisa dikonsumsi langsung atau hanya dengan direbus. Perlu proses khusus untuk menghilangkan racun dan mengubahnya menjadi cemilan lezat.

10. Ganyong

Source : Monitor

Ganyong mungkin tidak sepopuler jenis umbi-umbian lainnya, namun sering digunakan sebagai campuran olahan makanan. Jenis umbi ini biasa diolah dengan cara dikukus atau diparut lalu diambil tepungnya. Ganyong dapat hidup di lempung berpasir dan tanah yang kaya humus.

11. Garut

Source : Tirto

Garut merupakan umbi-umbian yang cukup digemari di Indonesia. Tumbuhan ini dapat tumbuh subur di tanah lempung berpasir yang banyak mengandung mineral vulkanik dengan ketinggian 900 mdpl. Garut biasa diolah dengan cara dikukus atau diparut, kemudian diambil tepungnya.

12. Gembolo

Source : Grid

Sekilas gembolo memiliki karakteristik seperti gembili, namun sebenarnya berbeda. Gembolo merupakan jenis umbi yang dapat tumbuh subur di pekarangan rumah. Sama seperti ganyong dan garut, gembolo biasa diolah dengan mengambil tepung, lalu kemudian dijadikan aneka jenis hidangan lezat lainnya.

13. Wortel

Source : Pexels

Wortel adalah salah satu jenis umbi-umbian yang kaya akan vitamin dan sering digunakan sebagai sayur atau minuman. Umbi-umbian ini dapat hidup pada ketinggian minimal 1000 mdpl dengan temperatur udara optimal 15 O – 21O C.

14. Bawang

Source : Pexels

Bawang putih dan bawang merah merupakan jenis umbi-umbian yang sering digunakan sebagai bumbu masakan sehari-hari. Bawang merah dapat hidup pada dataran rendah sampai dataran tinggi pada ketinggian 0–1000 mdpl, sedangkan bawang putih dapat hidup pada ketinggian kurang lebih 700-1000 mdpl pada iklim kering.

Baca juga: 5 Arti dari Bunga Gardenia dan Cara Merawatnya

15. Porang

Source : Media Indonesia

Sekilas Porang memiliki tekstur mirip dengan suweg dengan cita rasa manis dan empuk. Jenis umbi-umbian ini sering digunakan sebagai pengganti nasi, olahan agar-agar, mie, hingga kosmetik. Porang dapat hidup pada daerah ketinggian, dan lahan gambut.

16. Lobak

Source : Pexels

Terakhir umbi-umbian yang dapat tumbuh dengan mudah di sekitar pekarangan adalah lobak. Lobak sering digunakan sebagai campuran sayuran ataupun makanan lain seperti minuman. Jenis umbi-umbian ini dapat tumbuh subur di dataran rendah maupun pegunungan.

Tanaman umbi-umbian diatas bisa dijadikan bahan masakan di rumah. Beberapa kerap kita gunakan seperti bawang, wortel, kentang dan lainnya. Tak sedikit pula masih terasa asing di telinga seperti garut, porang, gembili dan sebagainya.

Memiliki kesempatan untuk dapat menanam berbagai umbi-umbian di pekarangan atau ladang sendiri tentu akan sangat menyenangkan. Namun sebelum menanam berbagai jenis umbi-umbian, pastikan Pins sudah menemukan hunian yang cocok dan memiliki pekarangan luas. Informasi mengenai berbagai jenis hunian bisa didapat melalui website Pinhome.

Feature Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Bali Resort Tangerang dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download