BlogLifestyleTeknologiJika pembeli tidak konfirmasi penerimaan barang di Shopee
0
0

Jika pembeli tidak konfirmasi penerimaan barang di Shopee

Dipublikasikan oleh Mahardhika Gilang

Apr 11, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Apa yang terjadi jika pembeli tidak konfirmasi penerima barang di Shopee? Apakah dana tetap akan diteruskan ke penjual? Apakah uang tetap masuk ke akun Shopee penjual? Oke, untuk bahasan kali ini masih tentang Shopee, tapi dari sisi penjual. Saya pakai Shopee bukan cuma untuk beli barang saja, tetapi juga untuk jualan produk.

Shopee, Jual Beli dalam Satu Aplikasi
Melalui Shopee, pengguna bisa membeli maupun menjual barang. Shopee sebagai perantara antara penjual dan pembeli. Dengan adanya marketplace seperti Shopee, sangat membantu bagi orang yang ingin berjualan lewat online. Tingkat konversinya lebih tinggi ketimbang kalau kita promosi barang lewat Facebook. Orang buka Facebook belum tentu ingin beli barang, karena memang Facebook adalah media sosial. Shopee bukanlah media sosial, tapi marketplace, sehingga kegunaannya adalah untuk jual beli.

Dari segi pembeli, dengan hadirnya marketplace Shopee memudahkan pembeli untuk mencari barang yang ingin mereka beli. Selain itu, beli lewat marketplace lebih aman, karena sebelum barang sampai, dana yang dibayarkan pembeli ditahan oleh pihak marketplace. Dana baru diteruskan ke penjual jika barang sudah sampai.

Kemudahan Berbelanja Online Lewat Shopee
Shopee juga mempermudah bagi yang ingin beli barang tapi tak punya ATM buat transfer uang. Shopee menyediakan beragam pilihan pembayaran, termasuk pembayaran via Indomaret dan Alfamart. Dengan begitu, untuk beli barang di Shopee, pembeli tak harus punya ATM, tapi bisa membayar pesanannya lewat Indomaret atau Alfamart. Selain itu, Shopee juga menyediakan pilihan pembayaran COD (Cash on Delivery), pesanan dibayar ketika barang sampai.

Pembeli akan mendapatkan resi sebagai bukti pengiriman. Pembeli bisa melakukan pelacakan barang dengan resi tersebut untuk mengetahui posisi barang. Pengecekan resi bisa dilakukan di web jasa ekspedisi yang bersangkutan, maupun langsung lewat aplikasi Shopee.

Pentingkah konfirmasi penerimaan barang bagi pembeli?
Kalau barang sudah sampai, dana yang dibayarkan oleh pembeli bisa langsung masuk ke akun Shopee penjual, jika pembeli mengonfirmasi penerimaan barang lewat akun Shopee miliknya. Lalu bagaimana jika barang sudah sampai di tangan pembeli, tapi pembeli tidak melakukan konfirmasi penerimaan barang? Apakah dana tetap akan masuk?

Sebetulnya pembeli tidak harus melakukan konfirmasi penerimaan barang. Namun, sebagai penjual, kalau ingin dana dari pembeli cepat masuk, Anda bisa hubungi pembeli lewat chat agar mengonfirmasi penerimaan barang. Tapi kalau tidak, tunggu beberapa hari. Dana akan masuk ke akun penjual beberapa hari kemudian.

Dana juga bisa masuk ke akun penjual jika pembeli mengonfirmasi penerimaan barang, meski sebetulnya barang masih dalam proses pengiriman. Dengan catatan, pilihan pembayarannya bukan COD. Kalau pembeli memilih pembayaran COD, pembeli tidak bisa mengonfirmasi penerimaan barang kalau barang pesanannya belum sampai.

Memang kalau sebagai penjual, saya senang kalau pembeli melakukan konfirmasi penerimaan barang begitu barang sudah sampai, karena dana lebih cepat masuk ke akun Shopee saya. Tapi, kalau pembeli tidak melakukannya juga tidak apa-apa. Hal itu bukan berati pembeli tidak bertanggung jawab, tapi bisa jadi karena pembeli tidak tahu. Dan nggak usah telalu baper lah dengan pembeli yang seperti itu. Itu bisa dibicarakan baik-baik ke pembeli.

Saya bukan penjual yang punya modal besar. Toko saya juga saat postingan ini dibuat belum berstatus Star Seller. Tapi, saya tidak mempermasalahkan kalau pembeli tidak konfirmasi penerimaan barang. Dana tetap akan masuk ke akun penjual, meski lebih lama. Yang saya permasalahkan kalau pembeli kasih bintang satu :D.

Kesimpulan
Bagi yang tidak mau membaca panjang lebar, langsung baca saja poinnya di bagian kesimpulan ini. Jadi, dana pembayaran pesanan tetap akan masuk ke akun Shopee penjual meski pembeli tidak melakukan konfirmasi penerimaan barang.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download