BlogLifestyleHobiKenali 6 Ciri dari Tanaman Kantong Semar Serta Fakta Uniknya
0
0

Kenali 6 Ciri dari Tanaman Kantong Semar Serta Fakta Uniknya

Dipublikasikan oleh Ade Ardian dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Jul 17, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
tanaman kantong semartop-right-banner

Tanaman Kantong Semar (Nepenthes) adalah kelompok tanaman karnivora yang menarik perhatian para ilmuwan dan pecinta alam di seluruh dunia. Dengan keunikan bentuknya yang menyerupai kantong, tanaman ini telah memikat minat banyak orang sejak pertama kali ditemukan.

Sebelum membahas tentang Kantong Semar lebih jauh, perlu diketahui bahwa mencari rumah eksklusif yang sesuai selera membutuhkan waktu, terutama di perumahan di Depok. Namun, jangan khawatir karena iklan jual rumah online gratis bisa dilihat di PinValue.

Baca juga: Hewan Karnivora

Mengenal Tanaman Kantong Semar

Kantong Semar merupakan tanaman yang unik.
Source : Freepik

Diketahui sebelumnya bahwa Kantong Semar memiliki nama latin Nepenthes. Tanaman ini termasuk dalam kategori tumbuhan tropis yang umum ditemukan di Asia Tenggara seperti Indonesia, Filipina, Malaysia, dan Sri Lanka. Namun, habitat utamanya terdapat di Indonesia, khususnya di Pulau Kalimantan dan Sumatera.

Tinggi tanaman ini mencapai 15 hingga 20 meter dari permukaan tanah dan termasuk dalam jenis tanaman merambat karena Kantong Semar tumbuh dengan cara memanjat atau melekat pada tanaman lain. Selain itu, tanaman ini memiliki beberapa jenis seperti nepenthes ampularia jack yang memiliki bentuk yang agak gemuk dan pendek, nepenthes gracilis korthals yang memiliki bentuk ramping dengan warna hijau seperti daun, nepenthes mirabilis yang memiliki ciri khas yang tipis dan halus, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 47 Tanaman Hias Outdoor Rumah Yang Mudah Dirawat

6 Ciri Tanaman Kantong Semar

Tanaman karnivora ini memiliki fakta unik.
Source : Freepik

Selain memiliki bentuk yang unik menyerupai kantong, tanaman ini memiliki ciri khusus yang membedakannya dari tanaman pemakan serangga pada umumnya, yaitu:

1. Memiliki Kantong Perangkap Serangga

Kantong Semar memiliki bentuk yang khas dengan bagian yang menyerupai corong. Bagian ini berfungsi sebagai perangkap serangga dan menjadi ciri khas dari tanaman ini.

Ketika bagian ujung daun yang berbentuk seperti piala terbuka, itu menandakan bahwa tanaman sedang mencari mangsa dan akan menarik serangga untuk masuk ke dalamnya.

2. Mekanisme Penangkapan

Tanaman ini memiliki bagian ujung yang dapat membuka dan menutup dengan fleksibilitas. Saat bagian ujungnya terbuka, serangga yang terjebak di sekitar tanaman akan tertarik dan masuk ke dalam Kantong Semar.

Begitu serangga masuk, bagian ujung kantong akan menutup dengan rapat, memastikan serangga tetap terperangkap di dalamnya. Selanjutnya, enzim pencernaan yang terdapat di dalam tanaman ini akan mulai bekerja mencerna serangga tersebut untuk memperoleh nutrisi yang diperlukan oleh tanaman.

Proses pencernaan tersebut memungkinkan tanaman ini untuk memanfaatkan serangga sebagai sumber energi dan nutrisi dalam lingkungannya.

3. Menghasilkan Nektar yang Manis

Meskipun tidak memiliki aroma wangi seperti bunga yang menarik lebah dan kolibri, Kantong Semar mampu menarik perhatian serangga dengan cara menghasilkan cairan manis bernama nektar. Nektar ini sangat manis dan lengket, sehingga serangga tergoda untuk mencicipinya.

Selain itu, dinding dalam tanaman ini sangat licin, sehingga serangga mudah terjebak di dalamnya dan sulit naik ke atas.

4. Menghasilkan Cairan Pencerna Serangga

Ciri khusus lainnya adalah kemampuan tanaman ini untuk menghasilkan cairan pencerna serangga. Selain nektar yang menjerat serangga, kantong semar juga mengeluarkan cairan pencernaan yang mengandung enzim tripson dan pepsin.

Hal ini uniknya adalah umumnya enzim tripson dan pepsin hanya ditemukan pada sistem pencernaan hewan, bukan pada tumbuhan.

5. Memperoleh Nutrisi dari Serangga

Kantong Semar memiliki cara tersendiri dalam memperoleh nutrisi. Tanaman ini dapat tumbuh subur tanpa memerlukan pupuk, bahkan akan mati jika diberi pupuk.

Tanaman ini dapat beradaptasi dengan baik di lingkungan alam liar. Nutrisi tanaman ini didapatkan melalui serangga yang dimangsa.

Dalam serangga tersebut, Kantong Semar mendapatkan garam dan nitrat sebagai nutrisi utama untuk pertumbuhannya. Oleh karena itu, tujuan utama tanaman ini memangsa serangga adalah untuk memperoleh nutrisi yang dibutuhkan agar dapat tumbuh subur.

6. Tiga Bagian Kantong Memiliki Fungsi

Salah satu ciri khas Kantong Semar adalah adanya tiga bagian kantong yang memiliki fungsi masing-masing.

Pertama, bagian kantong atas merupakan kantong pada tanaman yang sudah dewasa. Biasanya berbentuk corong atau silinder dan dapat melilit atau menempel pada tanaman lain. Fungsinya adalah menangkap serangga yang terbang, seperti nyamuk dan lalat.

Kedua, kantong bagian bawah dapat ditemui pada tanaman muda maupun dewasa. Biasanya kantong ini menempel di atas tanah dengan dua sayap yang membantu serangga tanah, seperti semut, memanjat hingga mencapai mulut tanaman ini.

Ketiga, kantong roset hanya ditemukan pada jenis Kantong Semar tertentu. Kantong roset mirip dengan kantong bagian bawah, tetapi memiliki daun yang berbentuk roset. Fungsinya sama dengan kantong bagian bawah.

Baca juga: Mitos dan Fakta Seputar Tanaman Bidara

Fakta Unik Kantong Semar

Serangga sedang hinggap di Kantong Semar.
Source : Freepik

Berikut ini adalah berbagai fakta unik dari tanaman Kantong Semar:

1. Banyak Sebutan

Meskipun terkenal dengan sebutan Kantong Semar, tumbuhan ini sebenarnya memiliki berbagai nama. Di Riau dan Kalimantan Barat, tumbuhan ini dikenal dengan sebutan Periuk Monyet. Di Jambi, orang menyebutnya Kantong Beruk, sementara di Bangka disebut Ketakung, dan di Sunda dikenal sebagai Sorok Raja Mantri.

2. Asal Nama dari Gelas Anggur

Secara ilmiah, kantong semar dikenal dengan nama Nepenthes. Nama ini sebenarnya berasal dari nama sebuah gelas anggur. Nama Nepenthes diperkenalkan oleh JP Breyne pada tahun 1689 ketika ia menemukan sebuah tanaman unik di Sri Lanka yang sulit untuk dijelaskan.

3. Sebaran Terbanyak di Kalimantan

Pulau Kalimantan (termasuk Kalimantan, Sarawak, Sabah, dan Brunei Darussalam) merupakan pusat sebaran Kantong Semar di seluruh dunia. Hampir separuh dari spesies tanaman ini hidup di pulau Kalimantan.

4. Membutuhkan Perawatan Khusus

Kantong Semar membutuhkan perawatan khusus. Tanaman ini membutuhkan kelembaban yang tinggi.

Oleh karena itu, tanaman ini perlu disiram air dua kali sehari, terutama untuk yang ditanam di luar ruangan. Sedangkan untuk tanaman ini yang berada di dalam ruangan, disiram 2-3 hari sekali.

Itulah berbagai informasi terkait tanaman Kantong Semar yang perlu diketahui. Kamu bisa menanamnya, tapi harus memperhatikan cara-cara yang tepat.

Baca juga:

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi The Icon Acropolis dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download