BlogLifestyleEdukasi17+ Kata-Kata Bijak Soekarno
0
0

17+ Kata-Kata Bijak Soekarno

Dipublikasikan oleh Aulia Ramadhanti

Apr 13, 2023

9 menit membaca

Copied to clipboard
kata-kata bijak soekarnotop-right-banner

Ir Soekarno atau Bung Karno merupakan Presiden pertama sekaligus proklamator. Maka tidaklah heran apabila namanya dikenang hingga saat ini. Melalui kata mutiara atau kata-kata bijak Soekarno setidaknya kita dapat sedikit memahami pemikirannya.

Salah satu kata-kata bijak Soekarno yang sangat populer dan fenomenal adalah;

Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia.

Sebagai seorang pemikir, Soekarno termasuk orang yang berlian, sehingga bangsa luarpun menghormati beliau. Salah satu hasil pemikiran Soekarno ialah Pancasila, yang saat ini menjadi dasar negara Indonesia.

Sebelum kita lanjut dengan kata-kata bijak Bung Karno, alangkah baiknya terlebih dahulu mengenal biografi beliau secara singkat.

Biografi Singkat Ir Soekarno

ir soekarno
Sumber: hot.liputan6.com
Nama LengkapIr.H Soekarno
Nama PanggilanBung Karno
Nama KecilKusno
Tempat, tanggal lahirBlitar, 6 Juni 1901
AgamaIslam
Meninggal21 Juni 1970
DimakamkanBlitar, Jawa Timur

Soekarno dikenal sebagai tokoh ploklamator dan Presiden pertama Indonesia. Bung Karno begitu sapaan akrabnya adalah seorang yang cerdas dan visioner.


Artikel Terkait:


Melalui pemikiran-pemikiran yang luar biasa, Soekarno mencatatkan dirinya sebagai tokoh dunia yang dikenang hingga saat ini.

Soekarno yang lahir pada 06 Juni 1901 di Blitar, Jawa Timur tidak hidup selayaknya orang pada umumnya. Akan tetapi, beliau semenjak kecil hidup dengan kakek dan neneknya.

Namun tidak lama kemudian saat dirinya beranjak dewasa, ia ikut kembali bersama orang tuanya dan tinggal di Mojokerto.

Bungkarno mendapatkan pendidikan di banyak tempat dari banyak tokok-tokoh terkenal Indonesia pada saat itu. Beliau juga termasuk tokoh nasional yang dekat dengan tokoh tokoh Islam, termsuk Ayahanda Gus Dur.

Kata-Kata Bijak Soekarno

Sumber: beritasatu.com

1. Keinginan yang Kuat dari Dalam Hati

Jika kita memiliki keinginan yang kuat dari dalam hati, maka seluruh alam semesta akan bahu membahu mewujudkannya.

Keinginan yang kuat merupakan modal yang amat penting untuk mewujudkan sesuatu, bagaimana seorang dapat meraih impiannya jika ia tidak memiliki keinginan yang kuat.

Keinginan yang kuat ditandai atau dibuktikan dengan terus berusaha, pantang menyerah, serta sabar dalam menjalani prosesnya.

Tidak sedikit orng yang mengaku memiliki keinginan kuat, akan tetapi pada prosesnya mereka tidak cukup tahan mnjalaninya.

Bagi orang dengan keinginan kuat, berhasil itu hanya proses waktu saja, sebab mereka meyakini digaris akhir ada kesuksesan. Kemudian ingatlah sekecil apapun yang kita lakukan untuk mewujudkan impian pasti tidak akan sia-sia.

Baca juga: Teks Proklamasi tulisan tangan Bung Karno

2. Memuji yang Baik

Aku akan memuji apa yang baik, tak pandang sesuatu itu datangnya dari seorang komunis, islam, atau seorang Hopi Indian.

Dari kata-kata bijak Soekarno di atas, kita dapat melihat bahwa Bung Karno tidak memandang latar belakang siapa orang yang berbuat kebaikan. Hal ini tentu saja dapat kita jadikan sebagai contoh untuk menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini.

3. Semerbak Bunga Mawar

Bunga mawar tidak mempropagandakan harum semerbaknya, dengan sendirinya harum semerbaknya itu tersebar di sekelilingnya.

Melaui quotes Soekarno satu ini, seolah-olah beliau ingin mengkonfirmasi bahwa popularitas itu akan adatang sendirinya. Hal ini bisa diumpamakan seperti bunga mawar yang tidak pernah mempropagandakan keharumannya.

Pujian, popularitas dan lain sebagainya akan dengan sendirinya datang, apabila kita dapat melakukan hal-hal besar yang dapat memberikan manfaat untuk khalayak. Hal ini sebagaimana orang pintar dan cerdas tidak pernah mengkonfirmasi dirinya adalah seoang yang cerdas.

4. Keberanian

Barangsiapa ingin mutiara, harus berani terjun di lautan yang dalam.

Berbicara soal keberanian, tentu saja Sokarno adalah seorang yang sangat berani, bukan hanya tergambar dari kata-kata ini. Akan tetapi jika dilihat pada masa kepemimpinannya, beliau berani untuk diasingkan oleh Belanda demi merdekanya Indonesia.

5. Cita-Cita Setinggi langit

Gantungkan cita-cita mu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang.

Kata-kata bijak Soekarno ini cukup sering terdengar, terutama dari kalangan pelajar dan mahasiswa. Bagaimana tidak, pelajar dan mahasiswa adalah seorang yang sedang berusaha untuk mewujudkan mimpi-mimpinya.

Siapa saja yang membaca atau mendengar kata kata tersebut akan membakar semangat untuk mewujudkan berbagai keinginan dan impian.

6. Laki-Laki dan Perempuan

Laki-laki dan perempuan adalah sebagai dua sayapnya seekor burung.

Laki-laki dan perempuan adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan ibarat sepasang sayap burung, jika satu di antaranya patah, maka tidaklah dapat terbang burung tersebut. Namun apabila dua sayap tersebut sama kuatnya maka dipastikan ia dapat terbang hingga kepuncak.

Itulah sejatinya hubungan antara laki-laki dan perempuan, harus mampung saling mendukung satu sama lain, hingga pada suatu saat dapat terbang tinggi.

7. Belajar dan Berpikir

Belajar tanpa berpikir itu tidaklah berguna, tapi berpikir tanpa belajar itu sangatlah berbahaya!

Belajar akan membauat seorang menjadi tahu dan bisa, sedangkan berpikir akan membuat seorang menjadi mengerti apa yang dipelajarinya. Bung Karno melalui kata-kata di atas ingin memberikan nasehat ke pada kita, bahwa harus belajar dan berpikir.

8. Bangsa yang Besar

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.

Kata-kata bijak Soekarno satu ini dikenal dengan sebutan \”Jas Merah\” artinya jangan lupakan sejarah. Sejarah adalah sebuah pengalaman dan pembelajaran. Selain kita dapat menghormati orang-orang yang berjasa, kita juga tahu kesalahan apa yang telah diperbuat di masa lalu, sehingga tidak akan diperbuat lagi pada kemudian.

Bahkan beberapa negara besar tidak ayal menempatkan sejarah di posisi yang begitu tinggi karena saking berpengaruhnya.

9. Rasa Malu dan Takut Dalam Kebaikan

Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun.

Rasa malu dan takut dalam kebaikan adalah sebauh keburukan. Seseorang yang malu dan takut untuk berbuat baik, maka ia tidak akan bertemu dengan kemajuan dalam kehidupannya.

Kita dapat dengan mudah menemukan orang-orang yang nekat dalam melakukan keburukan, sedangkan tampaknya hanya sedikit orang yang bertekad dalam melakukan kebaikan. Padahal apabila kita perhatikan sama-sama nekat jdudulnya.

Kebaikan adalah sesuatu yang selayaknya untuk diperjuangkan, sebab pada dasarnya manusia hidup untuk menyebarkan hal tersebut.

10. Pemilihan Umum

Pemilihan umum jangan menjadi tempat pertempuran. Perjuangan kepartaian yang dapat memecah persatuan bangsa Indonesia.

Tidak dapat kita pungkiri bahwa pemilu saat ini menjadi medan pertempuran partai politik, yang pada akhirnya malah memecahkan atau mengkotak-kotakan rakyat.

Padahal Bung Karno telah memberikan nasehatnya untuk bangsa ini, bahwa pemilu jangan sampai menjadi arena pertempuran atau memecahbelahkan bangsa.

11. Bangsa yang Merdeka

Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.

Salah satu contoh kecil dari bangsa yang percaya dengan kekuatan diri sendiri tidak akan melakukan impor besar. Sebab hal tersebut menunjukan ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri oleh pemerintah.

Membangun kepercayaan terhadap kekuatan bangsa sendiri tentu bukanlah perkara mudah, mengingat banyak ancaman dan hasutan dari pihal lain. Namun jika hal itu tidak dibangun dan dilakukan, sampai kapanpun kita akan menjadi bangsa yang terjajah.

12. Perjuangan Melawan Bangsamu Sendiri

Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.

Kata-kata bijak Soekarno di atas mengartikan jika perjuangan pasca penjajah akan lebih sulit, sebab yang dilawan adalah bangsa sendiri.

Seperti yang kita rasakan saat ini, setiap elit bangsa telah memiliki kepentingan dan sulit untuk menemukan orang yang tulus untuk memimpin tanpa harus memanfaatkan dan memeras rakyat.

Anak bangsa bertarung, saling mencekal dan menjegal demi kepentingan masing-masing. Maka tidak ayal jika mereka menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya.

13. Lukisan Samudera

Aku lebih suka lukisan samudra yang gelombangnya menggebu-gebu daripada lukisan sawah yang adem ayem tentram.

Bung Karno lebih menyukai orang yang bersemangat dalam melakukan hal apapun ketimbang orang yang tenang. Hal ini juga dapat di artikan sebagai gambaran dari jiwa Soekarno, yang mana beliau memiliki semangat tinggi. Jiwa senantiasa bergelora dan berapi-api untuk membawa negeri ini ke arah yang lebih baik.

14. Orang Tua dan Pemuda

Seribu orang tua bisa bermimpi, satu orang pemuda bisa mengubah dunia.

Kata-kata bijak Soekarno satu ini cukup fenomenal di masyarakat. Hal ini memperlihatkan bahwa kekuatan seoarang anak muda atau pemuda berkaili kali lipat dari orang-orang di masa generasi sebelumnya.

Sehingga, diharapkan jika anak muda akan mampu mewujudkan mimpi-mimpi itu,dikenal dan dikenang hingga saat ini. Sebab, masa depan bangsa Indonesia ada dipundak anak muda, mereka yang akan menggantikan setiap lini dan sendi bangsa ini.

15. Soekarno dan Rakyat

Aku ini bukan apa-apa kalau tanpa rakyat. Aku besar karena rakyat, berjuang karena rakyat, dan aku penyambung lidah rakyat.

Soekarnao menyatakan dirinya bukanlah siapa-siapa jika tanpa rakyat. Nama beliau besar karena dukungan para rakyatnya.

Ucapannya di atas itu disampaikan dalam sebuah pidato saat di hadapan rakyat. Dan tidak dapat kita pungkiri, bahwa Soekarno adalah seorang pemimpin yang sangat hebat, terbukti saat pada zamannya, beliau tidak mudah di dikte oleh bangsa asing.

16. Pancasila

Aku tidak mengatakan, bahwa aku menciptakan Pancasila. Apa yang kukerjakan hanyalah menggali jauh ke dalam bumi kami, tradisi-tradisi kami sendiri, dan aku menemukan lima butir mutiara yang indah.

Kita sepakat bahwa Pancasila menjadi sebuah titik temu dan kesepakatan para pendiri bangsa negeri ini.

Siapa yang menginisiasi pacasila?

Tidak lain dan tidak bukan adalah Ir Soekarno. Hal tersebut dapat kita pahami dari kata-kata di atas. Lagi dan lagi begitu amat besar dedikasi dan pengorbanan yang dilakukan oleh Soekarno, semoga menjadi kebaikan untuk beliau.

17. Masih Pancaroba

Kita belum hidup dalam sinar bulan purnama, kita masih hidup dimasa pancaroba. Jadi tetaplah bersemangat elang rajawali.

Indonesia hingga saat ini belum menjadi negara yang stabil, karena belum semua sila dapat terwujud, kemiskinan dan kesenjangan sosial masih terlihat di pelupuk mata, begitupun dengan keadilan yang hanya berpihak untuk orang berduit saja.

Ini menjadi tantangan dan tanggung jawab bersama di masa yang akan datang. Mau tidak mau jika bangsa kita ingin terus maju maka harus memperjuangkan untuk menegakan pancasila.

18. Persaudaraan

Bangunlah suatu dunia dimana semua bangsanya hidup dalam damai dan persaudaraan.

Ungkapan Soekarno ini menunjukan bahwa beliau menginginkan terciptanya dunia yang damai dan aman. Namun tidak semua pemimpin negara berpikiran demikian, sebab masih ada pemimpin-peminpin negara di luar sana yang berfikir bahwa dunia harus tetap dalam keadaan konflik agar mereka untung.

Pada intnya mereka yang menginginkan konflik di dunia adalah mereka yang mencari dan menginginkan keuntungan atas itu.

19. Kekayaan Alam Indonesia

Aku tinggalkan Kekayaan alam Indonesia, biar semua negara besar dunia iri dengan Indonesia, dan aku tinggalkan hingga bangsa Indonesia sendiri yang mengolahnya.

Sedih rasanya saya membaca kata kata Soekarno ini, bagaimana tidak kita melihat kekayaan alam Indonesia saat ini tergadai demi kepentingan segelintir orang yang tidak bertanggung jawab.

Pejabat negara yang rakus menjadi persolan di ngeri ini, mereka menumpuk dan menimbun kekayaan untuk diri mereka sendiri.

20. Dua Hidup Dari Tuhan

Jikalau aku misalanya diberikan dua hidup oleh Tuhan, dua hidup ini pun akan aku persembahkan kepada tanah air dan bangsa.

Soekarno adalah seoarang yang cinta akan tanah dan bangsanya, dapat tergambar dari kata-kata bijaknya di atas, jika beliau memiliki dua hidup akan dipersembahkan untuk tanah air dan bangsanya.


Demikian 20 kata-kata bijak Soekarno, semoga dengan membaca quotes beliau ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita dalam berbangsa dan bernegara.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Source feature image: tribunnews.com

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download