BlogLifestyleEdukasiKata Kerja Material: Pengertian, Contoh & Jenis-jenisnya
0
0

Kata Kerja Material: Pengertian, Contoh & Jenis-jenisnya

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Okt 13, 2023

8 menit membaca

Copied to clipboard
kata kerja materialtop-right-banner

Pada saat kamu mempelajari pelajaran bahasa Indonesia, kamu pasti akan menemui sebuah materi yang di dalamnya terdapat tentang kata kerja material. Tapi kamu tahu apa itu kata kerja material? Bagi kamu yang belum tahu dan ingin tahu lebih dalam lagi tentang kata kerja material, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan tentang kata kerja material. Mulai dari pembahasan tentang pengertian, jenis-jenis, ciri-ciri, dan juga contoh kata kerja material.

Jadi langsung saja kita simak materi tersebut satu persatu pada ulasan di bawah ini. Supaya nanti bisa semakin menambah ilmu pengetahuan Pins semua. Jika Kamu sedang mencari rumah, Kamu dapat melakukan pencarian di jual rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second di Kec Bandung. Atau Pins juga bisa menemukan rumah siap huni di iklan jual rumah.

Pengertian Kata Kerja Material

Kata kerja material adalah sebuah kata-kata yang di dalamnya menunjukkan sebuah apakah sebuah subjek berkinerja, atau sebuah kata kerja yang menunjukkan suatu aktivitas yang dapat di kenali dengan jelas.

Contoh Kata Kerja Material

kata kerja material
Source : Pixabay

Berikut ini adalah beberapa contoh kata kerja material :

  • Memotong : Ibu memotong semua sayuran sebelum dimasak.
  • Membaca : Rian senang sekali membaca komik.
  • Menulis : Brian suka menulis puisi.
  • Berlari : Dika berlari karena terlambat berangkat sekolah.
  • Melempar : Rina melempar bola dengan perlahan.
  • Berenang : Bebek itu berenang di kolam.
  • Melihat : Dia suka sekali melihat wanita yang cantik.
  • Memegang : Dia memegang erat tanganku.
  • Berjalan : Aku suka sekali berjalan pada saat sore hari.
  • Mengeluarkan : Bank Indonesia mengeluarkan uang baru.
  • Memiliki: Ayah memiliki sawah seluas 10 hektar.
  • Mendapat: Karina mendapatkan peringkat 2 di kelas.
  • Menjadi: Pak wahyu menjadi ketua RT di Bekasi.
  • Menempati: Valentino Rossi menempati urutan kedua pada klasifikasi MotoGP Internasional.
  • Merupakan: Ayah merupakan kepala keluarga.
  • Termasuk: Jokowi termasuk tinggi di negeri merah putih.
  • Bagian: Kambing bagian dari hewan bertulang belakang.
  • Menutup: Ibu Menutup pintu rumah karena takut orang asing masuk.

Jadi, berdasarkan berdasarkan beberapa contoh di atas dapat kita simpulkan bahwa struktur kalimat menggunakan bahan dasar kata kerja sebagai berikut : subjek + kata kerja + objek.

Baca juga: Kata Kerja Transitif dan Intransitif

Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut :

  • Seorang ibu menyusui ASI.
  • Ibu membuat nasi.
  • Seorang teknisi elektronik memperbaiki televisi yang rusak.
  • Dika menulis puisi malam hari.

Pernyataan kata kerja di dalam sebuah kalimat memberikan gambaran akan suatu proses yang terjadi, terjadinya suatu perubahan yang tidak sesuai dengan alam. Tak hanya itu, prediksi juga sering dipakai pada saat menggunakan kata kerja.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Layar HP Bergaris, Ikuti Langkah Berikut Ini

Ciri-Ciri Kata Kerja Material

kata kerja material
Source : Pixabay

Sebuah kalimat dapat dikatakan memiliki kata kerja material apabila jenis kata yang merupakan sebuah penunjuk memenuhi kriteria dan juga prosedur untuk menentukan kriteria morfologis.

1. Koleksi Kata

Apabila suatu kata atau kalimat tidak mengandung lampiran di dalamnya, serta memiliki kesamaan struktural yang dapat diselesaikan dengan serangkaian kata dengan sebuah tambahan. Penting bagi Kamu untuk belajar Bahasa Indonesia, dilema dan langkah konkretnya.

2. Bentuk Morfologis

Adalah semua kata yang terdapat atau terkandung tambahan seperti mem, ber, di -, dan – i atau bahkan terdapat kombinasi di antara kedua tambahan tersebut secara literal. Tak hanya itu, beberapa kata kerja juga tidak mengandung bentuk-bentuk yang satu ini, akan tetapi mereka mengandung kata tradisional di dalamnya.

Contoh kata kerja adalah tidur, mandi, bangun, makan , pergi, pulang , duduk, naik, lupa, berpartisipasi, mengingat, dan yang lainnya.

Sedangkan untuk contoh dari kalimatnya adalah sebagai berikut:

  • Dia pergi sekolah
  • Anak itu makan dengan lahap.
  • Temanku duduk di kursi.

Jadi, bisa dikatakan bahwa semua kata yang dapat dikembangkan dengan serangkaian kata dengan kata sifat maka akan menjadi sebuah kata kerja.

Baca juga : Kata Kerja Mental

Jenis kata Kerja Material

Ada beberapa kata kerja yang bisanya kamu pakai pada saat melakukan pembicaraan. Menulis, makan, tidur, dan juga mandi merupakan sebagian dari banyaknya kata kerja yang ada.

Dengan banyaknya kata kerja yang ada, kata kerjapun dapat dibagi menjadi dua jenis yakni kata kerja material dan kata kerja rasional. Lalu apa perbedaan dari kedua kata kerja tersebut?

Jika kata kerja material merupakan sebuah kata-kata yang di dalamnya menunjukkan sebuah apakah sebuah subjek berkinerja, atau sebuah kata kerja yang menunjukkan suatu aktivitas yang dapat di kenali dengan jelas. Seperti yang telah dijelaskan di atas.

Sedangkan kata kerja relasional merupakan sebuah kata kerja yang mana di dalamnya terjadinya penekanan yang lebih atau bisa dikatakan bahwa sebuah kata kerja yang berguna sebagai sebuah penghubung antara subjek dengan pelengkap.

Lalu frasa dengan kalimat interpretasi relasional haruslah dapat saling melengkapi satu sama lain, jika tidak membingungkan. Contohnya adalah kata karena itu, kapan, dan juga kata dan.

Struktur kalimat yang digunakan pada kata kerja penghubung ini adalah Subjek + Kata Kunci Hubungan + Pelengkap.

Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut:

  • Nenek adalah orang tua ibu/bapak.
  • Nenek adalah merupakan objek, adalah merupakan kata kunci penghubung, dan orang tua bapak/ ibu merupakan sebuah pelengkap.

Kamu harus tahu betapa pentingnya belajar Bahasa Indonesia Inggris.

Contoh Kata Kerja Material

kata kerja material
Source : Pixabay

Sama halnya dengan penggunaan kata benda, untuk mengetahui kata tersebut kata kerja atau bukan, kita dapat mengikuti dua contoh kata kerja yang berhubungan di antara kedua kalimat.

  • Soekarno adalah presiden pertama di Indonesia
    Penjelasan: Subjek = “Soekarno”, kata kerja relasional = “adalah” dan kata-kata tambahan = “presiden pertama di Indonesia”. Kata-kata ini harus mengandung kalimat pelengkap, jika tidak akan membingungkan. Karena kata pelengkap dalam kalimat juga dimainkan sebagai (deskripsi + objek).
  • Mr. Grace adalah pemimpin suatu suku di Papua
    Penjelasan: Subjek = “Mr. Grace”, kata kunci hubungan = “adalah” dan kata-kata tambahan = “pemimpin suku di Papua”. Kata-kata ini harus mengandung kalimat pelengkap, jika tidak akan membingungkan. Karena kata pelengkap dalam kalimat juga dimainkan sebagai (deskripsi + objek).
  • Ayah merupakan kepala keluarga
    Penjelasan: Objek = “ayah”, hubungan kata kunci = “merupakan” dan kata tambahan = “kepala keluarga”. Kata-kata ini harus mengandung kalimat pelengkap, jika tidak akan membingungkan. Karena pelengkap (deskripsi + objek) termasuk dalam kalimat.
  • Ayah memiliki empat hektar sawah
    Penjelasan: Objek = “Ayah”, hubungan kata kunci = “memiliki” dan kata-kata tambahan = “empat hektar sawah”. Kata-kata ini harus mengandung kalimat pelengkap, jika tidak akan membingungkan. Karena pelengkap (deskripsi + objek) termasuk dalam kalimat.
  • Singa merupakan hewan karnivora
    Penjelasan: Objek = “Singa”, hubungan kata kunci = “merupakan” dan kata-kata tambahan = “hewan karnivora”. Kata-kata ini harus mengandung kalimat pelengkap, jika tidak akan membingungkan. Karena pelengkap (deskripsi + objek) termasuk dalam kalimat.
  • Lelaki itu berada di suatu villa di tengah hutan
    Penjelasan: Objek = “Lelaki itu”, hubungan kata kunci = “berada” dan kata-kata tambahan = “di suatu villa di tengah hutan”. Kata-kata ini harus mengandung kalimat pelengkap, jika tidak akan membingungkan. Karena pelengkap (deskripsi + objek) termasuk dalam kalimat.
  • Saya membutuhkan bantuan teman sekelompok untuk menyelesaikan tugas
    Penjelasan: Objek = “Saya”, hubungan kata kunci = “membutuhkan” dan kata-kata tambahan = “bantuan teman sekelompok untuk menyelesaikan tugas”. Kata-kata ini harus mengandung kalimat pelengkap, jika tidak akan membingungkan. Karena pelengkap (deskripsi + objek) termasuk dalam kalimat.
  • Derby berasal dari Kalimantan Barat
    Penjelasan: Objek = “Derby”, hubungan kata kunci = “berasal” dan kata-kata tambahan = “dari Kalimantan Barat”. Kata-kata ini harus mengandung kalimat pelengkap, jika tidak akan membingungkan. Karena pelengkap (deskripsi + objek) termasuk dalam kalimat.
  • Kami tinggal di rumah mewah dekat kota
    Penjelasan: Objek = “Kami”, hubungan kata kunci = “tinggal” dan kata-kata tambahan = “di rumah mewah dekat kota”. Kata-kata ini harus mengandung kalimat pelengkap, jika tidak akan membingungkan. Karena pelengkap (deskripsi + objek) termasuk dalam kalimat.
  • Saya mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan kuliah di Paris
    Penjelasan: Objek = “Saya”, hubungan kata kunci = “mendapatkan” dan kata-kata tambahan = “beasiswa untuk melanjutkan kuliah di Paris”. Kata-kata ini harus mengandung kalimat pelengkap, jika tidak akan membingungkan. Karena pelengkap (deskripsi + objek) termasuk dalam kalimat.
  • Jas itu merupakan hadiah dari Nenek saya
    Penjelasan: Objek = “Jas itu”, hubungan kata kunci = “merupakan” dan kata-kata tambahan = “hadiah dari Nenek saya”. Kata-kata ini harus mengandung kalimat pelengkap, jika tidak akan membingungkan. Karena pelengkap (deskripsi + objek) termasuk dalam kalimat.
  • Sup iga adalah masakan kesukaan keluarga besar saya
    Penjelasan: Objek = “Sup iga”, hubungan kata kunci = “adalah” dan kata-kata tambahan = “masakan kesukaan keluarga besar saya”. Kata-kata ini harus mengandung kalimat pelengkap, jika tidak akan membingungkan. Karena pelengkap (deskripsi + objek) termasuk dalam kalimat.
  • Pohon kelapa merupakan pohon seribu manfaat
    Penjelasan: Objek = “Pohon kelapa”, hubungan kata kunci = “merupakan” dan kata-kata tambahan = “pohon seribu manfaat”. Kata-kata ini harus mengandung kalimat pelengkap, jika tidak akan membingungkan. Karena pelengkap (deskripsi + objek) termasuk dalam kalimat.
  • Tarsius Kerdil merupakan spesies langka yang hanya tinggal di Indonesia
    Penjelasan: Objek = “Tarsius Kerdil”, hubungan kata kunci = “merupakan” dan kata-kata tambahan = “spesies langka yang hanya tinggal di Indonesia”. Kata-kata ini harus mengandung kalimat pelengkap, jika tidak akan membingungkan. Karena pelengkap (deskripsi + objek) termasuk dalam kalimat.
  • Martabak terdiri dari bahan utama berupa telur, tepung terigu, air, dan gula
    Penjelasan: Objek = “Martabak”, hubungan kata kunci = “terdiri dari” dan kata-kata tambahan = “bahan utama berupa telur, tepung terigu, air, dan gula”. Kata-kata ini harus mengandung kalimat pelengkap, jika tidak akan membingungkan. Karena pelengkap (deskripsi + objek) termasuk dalam kalimat.

Nah itulah penjelasan dari kata kerja material yang telah disertai dengan penjelasan, ciri-ciri, macam-macam, beserta dengan beberapa contoh di dalamnya. Semoga artikel ini mempermudah kamu dalam pelajaran serta dapat menambah ilmu pengetahuan kamu mengenai kata kerja material.

Baca juga: Contoh Kalimat Efektif dan Tidak Efektif

Featured Image Source: Medium


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Devana Villa Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download