BlogLifestyleFinansial7 Tahap Mencapai Kebebasan Finansial untuk Setiap Individu
0
0

7 Tahap Mencapai Kebebasan Finansial untuk Setiap Individu

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Agu 9, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Kebebasan finansialtop-right-banner

Kebebasan finansial adalah kondisi ketika seseorang memiliki keuangan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup, mencapai tujuan keuangan, dan menjalani gaya hidup yang diinginkan tanpa terlalu bergantung pada pendapatan rutin.

Dengan kebebasan finansial, kamu bisa membeli rumah eksklusif dari Pinhome atau salah satu perumahan di BSD dengan mudah. Rumah bekas di Kec Tangerang bisa kamu jual untuk diganti dengan rumah baru yang mewah. 

Dalam keadaan memiliki kebebasan finansial, seseorang punya kontrol yang lebih besar atas keputusan yang berkaitan dengan finansial dan dapat menjalani hidup tanpa beban keuangan yang berlebihan.

Baca juga: 6 Cara Membuat Rencana Keuangan Pribadi Agar Finansial Lebih Aman

Kebebasan Finansial dan Pensiun Dini

Kebebasan finansial
Pixabay

Berbicara tentang kebebasan finansial, maka kamu harus memiliki pola pikir yang disebut dengan Financial Independence, Retire Early atau FIRE. Perlu diketahui, FIRE ini sudah menjadi gerakan di seluruh dunia yang disebut dengan FIRE Movement.

FIRE adalah gerakan gaya hidup dengan tujuan mencapai kemandirian finansial dan pensiun dini. Gerakan ini populer sejak tahun 2010 di kalangan milenial saat itu dan mendapat perhatian luas dari berbagai platform media. 

Mereka yang ingin mencapai FIRE dituntut untuk memaksimalkan tingkat tabungan dengan mencari cara untuk meningkatkan pendapatan seraya mengurangi pengeluaran. 

Selain itu, mereka juga dituntut untuk melakukan investasi secara agresif agar kekayaan atau pendapatan mereka meningkat. 

Tujuannya adalah untuk mengumpulkan aset sampai pendapatan pasif yang dihasilkan menyediakan cukup uang untuk biaya hidup selama masa pensiun seseorang. 

Secara teori, FIRE dicapai melalui penghematan yang agresif, jauh lebih banyak dari standar 10–15 persen yang biasanya direkomendasikan oleh perencana keuangan.

Bahkan para pegiat gerakan ini memberikan perbandingan seberapa banyak tabungan yang disisihkan dan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai FIRE.

Waktu pensiun dini akan semakin cepat jika tabungan yang disisihkan semakin besar. Untuk itu, mereka yang mengejar FIRE berusaha untuk menabung 50% atau lebih dari pendapatan mereka.

Pada tingkat tabungan 75%, dibutuhkan waktu kurang dari 10 tahun kerja untuk mengumpulkan 25 kali lipat biaya hidup tahunan rata-rata yang disarankan oleh aturan ‘penarikan aman 4%’.

Baca juga: Kenali 5 Jenis-Jenis Suku Bunga dalam Keuangan

Tahap Meraih Kebebasan Finansial

Kebebasan finansial
Pixabay

Meraih kebebasan finansial untuk pensiun bukan perkara mudah. Hal ini harus direncanakan sejak dini dan akan memakan waktu yang cukup lama. 

Selain itu, kebebasan finansial tentunya bisa diraih dengan mengubah pola hidup dari yang boros menjadi lebih hati-hati dalam spending the money. Kamu harus lebih bijak dalam menggunakan uang dengan skala prioritas yang ketat. 

Nah berikut beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk meraih kebebasan finansial yang bisa kamu terapkan!

1. Tentukan Tujuan

Langkah pertama adalah menentukan tujuan finansial jangka pendek, menengah, dan panjang. Hal ini dapat mencakup pembayaran utang, investasi, pendidikan, pensiun, dan lain-lain. 

Mengetahui tujuan finansial akan sangat membantu kamu dalam menjalankan tahap-tahap berikutnya untuk meraih kebebasan finansial.

2. Buat Anggaran dan Perencanaan Keuangan

Kebebasan finansial
Pixabay

Buat anggaran yang realistis dan sesuai dengan pendapatan kamu. Identifikasi pengeluaran yang perlu dikurangi atau dieliminasi. Selanjutnya, buat rencana keuangan yang inklusif, termasuk investasi dan pengembangan aset.

3. Kurangi Utang

Prioritaskan membayar utang, terutama yang memiliki suku bunga tinggi. Selain itu, mulailah menyiapkan dana darurat yang cukup untuk mengatasi kejadian tak terduga tanpa harus merusak rencana keuangan dan menyedot tabunganmu.

Baca juga: Merdeka Finansial Secara Syariah? Tentu Bisa!

4. Investasi

Kebebasan finansial
Pixabay

Investasikan uang dalam instrumen keuangan yang sesuai dengan profil risiko dan tujuan yang kamu tentukan. Kamu bisa berinvestasi dalam bentuk saham, obligasi, properti, reksa dana, dan lainnya. 

Pengembangan aset yang cerdas adalah kunci untuk mencapai kebebasan finansial.

5. Cari Passive Income

Selain berinvestasi, kamu juga perlu untuk mencari pendapatan pasif atau passive income lain agar pemasukan bertambah. Untuk mendapatkan ini, langkah investasi bisa sangat mendukung. 

Misalnya kamu yang investasi di properti bisa menjadikan aset kamu itu sebagai pendapatan pasif. Caranya, sewakan properti tersebut sehingga kamu mendapat penghasilan setiap bulan atau tahun. Namun kamu perlu mengetahui cara menentukan harga sewa rumah agar tidak salah.

6. Rencanakan Pensiun

kebebasan finansial
Pixabay

Pastikan kamu memiliki rencana pensiun yang tepat, termasuk rencana dana pensiun atau investasi jangka panjang. Hal ini penting agar jangan sampai kamu pensiun tapi tidak memiliki uang untuk hidup. 

Selain itu, pertimbangkan pula untuk memiliki asuransi kesehatan dan asuransi yang dibutuhkan lainnya. Memiliki asuransi sama dengan memiliki dana darurat, karena bisa membantu saat keadaan darurat terjadi. 

7. Evaluasi

Setiap perencanaan pasti perlu evaluasi. Begitu pula dengan rencana meraih kebebasan finansial, kamu perlu meninjaunya secara rutin terkait rencana keuangan, tujuan, dan strategi investasi. 

Pastikan pemasukan kamu mengalami peningkatan secara signifikan meskipun kamu tidak bekerja banting tulang. 

Itulah beberapa langkah untuk mencapai financial freedom. Perlu diingat, tujuan ini memerlukan kesabaran, disiplin, dan komitmen jangka panjang dan tidak bisa diraih secara instan.

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Orchard Village dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download