BlogLifestyleHewan PeliharaanKelinci Hias Australia
0
0

Kelinci Hias Australia

Dipublikasikan oleh Harsanto Maulana Ibrahim dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari

Apr 10, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Sesuai namanya, kelinci Australia merupakan jenis kelinci yang berasal dari Australia. Hingga saat ini kelinci Australia bukan hanya sebagai kelinci hias saja namun juga digunakan untuk sumber daging karena kelinci jenis ini memiliki ukuran tubuh yang cukup besar.

Proses kemudahan pengembangbiakan yang ditawarkan membuat makin banyak orang tertarik untuk beternak kelinci Australia apalagi prospek keuntungan yang cukup menarik membuat orang berbondong – bondong memelihara jenis kelinci ini.

Ciri Ciri Kelinci Australia

Selain digunakan sebagai sumber daging, kelinci Australia memiliki ciri khusus yakni di bagian bulu yang cukup lebat, umumnya kelinci Australia memiliki warna bulu chestnut.

Ciri Ciri Kelinci Australia

Nah akan tetapi corak warna ini terkadang cukup menipu karena banyaknya penjual yang mengatakan bahwa kelinci yang dijualnya merupakan kelinci Australia padahal kelinci Australia asli tidak ada yang masuk ke negara kita, hal ini disebabkan karena sistem imunitas yang berbeda sehingga apabila kelinci Australia asli masuk maka akan langsung terkena virus.

Meskipun kelinci Australia memiliki kekurangan dari sistem imunitas akan tetapi banyak orang tetap mencari kelinci ini karena berbagai kelebihan yang dimilikinya. Kelebihan yang dimiliki oleh kelinci Australia yakni mampu menghasilkan anak 6 – 10 ekor setiap kelahiran.

Untuk kebutuhan ternak tentu jumlah ini cukup menjanjikan bukan? Apalagi kelinci Australia dikenal sebagai varietas kelinci yang memiliki kandungan lemak cukup rendah sehingga lebih diminati karena tidak menyebabkan kolesterol.

Perbedaan Kelinci Australia Dan Lokal

Kelinci lokal jawa atau sering disebut juga sebagai Lepus nigricollis merupakan kelinci yang berasal asli dari Indonesia. Kelinci ini memiliki warna bulu yang cukup khas, nah sesuai namanya maka kelinci ini dapat dengan mudah ditemukan di pulau Jawa khususnya Jawa Barat.

Perbedaan Kelinci Australia Dengan Lokal

Kelinci Jawa memiliki bentuk tubuh yang cukup kecil dan dianggap sebagai kelinci yang memiliki kekebalan tubuh cukup tinggi.

Kelinci Australia memiliki ciri yang cukup berbeda dibandingkan kelinci lokal yakni memiliki postur tubuh yang cukup besar dan pastinya memiliki telinga yang lebih panjang jika dibandingkan dengan kelinci lokal. Kelinci ini sebenarnya cukup sulit untuk dijinakkan karena karakter yang dimilikinya cukup agresif.

Jenis Kelinci Australia

1. Kelinci Anggora Australia

Kelinci jenis angora merupakan kelinci yang memiliki bulu cukup lebat, tentu saja varian kelinci ini lebih sering digunakan untuk hewan peliharaan dibandingkan hewan konsumsi.

2. Kelinci Australia Unggul

Jenis Kelinci Australia

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa kelinci Australia breed asli akan sangat sulit jika dikembangbiakkan di Indonesia. Umumnya bibit kelinci Australia unggul berasal dari Peranakan Australia dengan kelinci lokal di Indonesia.

3. Kelinci Australia Putih

Selain memiliki warna bulu chestnut umumnya kelinci Australia memiliki warna putih. Biasanya lebih sering digunakan sebagai kelinci konsumsi. Jika anda tertarik, anda bisa mencari ke tempat peternakan kelinci yang besar.

4. Kelinci Australia Mata Merah

Nah, jika kelinci lain memiliki mata sedikit gelap, anda juga bisa mencari kelinci Australia yang memiliki mata merah.

Cara Merawat Kelinci Australia

Sebenarnya cara merawat kelinci Australia tidak berbeda jauh dengan kelinci pada umumnya. Jika anda tertarik memelihara kelinci Australia pastikan sudah memiliki kandang atau lahan yang nantinya akan anda gunakan sebagai tempat untuk memelihara kelinci.

Lahan yang memadai juga akan membuat kelinci lebih nyaman saat diternakkan. Setelah memiliki lahan pastinya anda harus membuat kandang yang nyaman, anda tidak membutuhkan peralatan yang baru dalam membuat kandang asalkan peralatan tersebut masih kuat pun bisa anda gunakan.

Gambar Kelinci Autralia

Kelinci merupakan hewan yang cukup rentan terkena jamur apalagi jika memiliki bulu yang tebal untuk itu ada perlu membersihkan kandang secara rutin agar kelinci terhindar dari penyakit yang menyerang kelinci.

Selain itu perawatan yang dikenal cukup baik untuk kelinci yakni memandikan kelinci. Apalagi jenis kelinci Australia memang membutuhkan perawatan khusus. Tapi pastikan jangan terlalu sering memandikan kelinci karena akan berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh kelinci.

Hal lain yang harus anda perhatikan ketika memelihara kelinci yakni memberikan pakan serta minum terbaik. Makanan yang baik untuk kelinci yakni jenis makanan yang memiliki kandungan gizi lengkap.

Biasanya untuk minuman selain disediakan air putih biasa para peternak juga menyediakan air yang diberi madu. Hal ini bertujuan untuk membuat kelinci memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Jika perlu anda bisa memberikan vitamin untuk kelinci. Jangan lupa untuk melakukan vaksinasi secara rutin maksimal dua kali setiap bulannya.

Ternak Kelinci Australia

Kandang Kelinci Australia

Ukuran kandang yang bisa anda gunakan untuk kelinci Australia sebenarnya tidak ada ukuran yang baku. Namun secara umum para peternak membuat kandang dengan ukuran 90 x 60 x 60 cm.

Kandang Kelinci

Yang paling pasti jika anda ingin membuat kandang untuk kelinci pastikan kelinci merasa nyaman dalam kandang tersebut. Jangan lupa memastikan suhu udara dengan baik dalam kandang hal ini sangat berpengaruh terhadap kelembaban.

Apabila suhu lingkungan terlalu lembab nantinya kelinci akan mudah mengalami penyakit seperti jamur.

Makanan Kelinci Australia

Makanan yang bisa anda berikan ke kelinci Australia memang sedikit berbeda dengan makanan pada budidaya kelinci lokal. Pada kelinci Australia yang sengaja digunakan sebagai sumber kelinci pedaging memang diberikan pakan yang cukup banyak.

Selain itu anda juga bisa menambahkan konsentrat apabila kelinci berada dalam masa pertumbuhan. Kelinci hamil juga bisa diberikan konsentrat biasanya sebesar 70 gram per hari.

[powerkit_button size=”md” style=”primary” block=”false” url=”https://zonaternak.com/kelinci/makanan/” target=”_self” nofollow=”false”]
16 Makanan Kelinci & Macam Jenis Rumput
[/powerkit_button]

Daftar Harga Harga Kelinci Australia

Kelinci Australia Di Pasaran

Secara umum harga kelinci Australia di pasaran bisa anda dapatkan mulai 25.000 tentu saja ini tergantung Peranakan apa kelinci tersebut. Namun semakin bertambah umur tentu semakin mahal harga kelinci.

Kelinci Australia Di Solo

Sebagaimana kelinci pada umumnya harga kelinci ditetapkan berdasarkan usia anakan tersebut. Anda bisa mendapatkan mulai 40.000 untuk usia 2 bulan, jika lebih kecil tentu lebih murah.

Kelinci Australia Sepasang

Kelinci Australia sepasang dengan usia 3 bulan bisa anda dapatkan mulai 60.000 saja.

Kelinci Australia Mata Merah

Biasanya kelinci jenis ini dijual mulai harga 60.000 untuk sepasang kelinci.

Kelinci Australia Dewasa

Harga kelinci dewasa bisa anda peroleh mulai dari 100.000.

Kelinci Australia Terbaru

Jika anda tertarik mencari kelinci Australia pastikan anda mendapatkan rentang harga terbaru yakni sekitar 100 ribuan saja.

Indukan Kelinci Australia

Indukan kelinci yang berkualitas umumnya memiliki harga mulai dari 150 ribu saja. Akan tetapi jika anda ingin mendapatkan indukan yang berkualitas mungkin anda harus menyiapkan uang mulai dari 500.000 per ekornya.

Baca juga mengenai : Kelinci Netherland Dwarf

Tips yang paling penting jika anda tertarik memelihara kelinci Australia yakni pilih indukan kelinci yang memiliki jumlah putting 8 karena banyak peternak yang percaya semakin banyak putting menunjukkan semakin banyak anak yang akan dihasilkan dan pastinya berkualitas.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download