BlogLifestyleHewan PeliharaanKelinci Hycole
0
0

Kelinci Hycole

Dipublikasikan oleh Harsanto Maulana Ibrahim dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari

Apr 10, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Memiliki hewan peliharaan seolah menjadi kegemaran bahkan hobi bagi sebagian orang. Tak jarang pula orang memilih untuk memelihara hewan yang cukup ekstrem seperti harimau, ular, dan hewan lainnya.

Namun bagi banyak orang, mereka lebih memilih hewan peliharaan yang menggemaskan atau menghasilkan. Untuk hewan yang menghasilkan biasanya banyak orang memilih untuk memeliharanya dalam jumlah besar hingga menjadi peternakan seperti ayam, sapi, domba, kambing, dan lainnya.

Sedangkan untuk hewan peliharaan yang menggemaskan, seseorang biasanya lebih memilih anjing, kucing, hamster, marmut, maupun kelinci.

Berbicara mengenai kelinci, siapa yang tidak suka dengan hewan berkuping panjang yang satu ini? Banyak dari Anda yang pastinya memilih kelinci untuk menemani kesehariannya.

Namun tak jarang dari mereka yang menjadikan hewan menggemaskan yang satu ini sebagai ladang usaha. Mereka memanfaatkan peluang yang ada karena banyaknya peminat kelinci sebagai salah satu sumber penghasilannya.

Karakteristik Kelinci Hycole

Kelinci Hycole

Dari banyaknya jenis kelinci yang ada, ada salah satu jenis kelinci yang bisa Anda pilih untuk menemani keseharian Anda. Jenis kelinci yang satu ini bernama kelinci hycole.

Jenis kelinci yang satu ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan jenis kelinci pada umumnya. Jenis kelinci yang berasal dari Prancis ini masuk ke dalam golongan hewan pedaging.

Jenis kelinci hycole mulai dibawa dan dikembangkan di Indonesia sejak tahun 2012. Meski terbilang sebagai kelinci pedaging yang bisa dikonsumsi, namun tak ada salahnya jika Anda mencoba untuk memelihara jenis kelinci yang satu ini.

Kelinci hycole yang berasal dari Prancis ini meski harus hidup dan tinggal di Indonesia yang memiliki iklim tropis, namun mampu beradaptasi dengan baik di sini.

Warna bulunya yang putih tentu membuat siapa saja yang melihatnya semakin tertarik. Tak hanya jenis kelinci lain yang memiliki karakteristik, jenis kelinci ini pun memiliki karakteristik yang membedakannya dengan jenis kelinci yang lain.

• Selain dikenal sebagai salah satu kelinci yang berasal dari Perancis, kelinci hycole juga dikenal karena warna bulu dan bentuk tubuhnya yang unik.

Warna bulu kelinci hycole cenderung berwarna putih bersih. Jika ada warna campurannya pun hanya sebagian atau seperti bercak. Sedangkan untuk bentuk wajahnya, kepala kelinci hycone lebih cenderung lonjong ke depan.

• Tak hanya itu, jenis kelinci ini terbilang cukup agresif jika dibandingkan jenis kelinci peliharaan pada umumnya. Jenis kelinci ini tidak suka terus disentuh atau bahkan dielus.

Jenis kelinci ini bukan merupakan kelinci manja yang harus selalu disentuh untuk mengenali pemiliknya. Jadi Anda cukup menyimpannya di dalam kandang dan sering menengoknya agar mereka mengenali Anda.

Jika memang Anda ingin menggendong, mengelus, atau memanjakannya sah-sah saja selagi tidak terlalu sering dan tidak berlebihan karena hal itu mampu membuat kelinci menjadi stres.

Sifatnya yang tidak suka dimanja dan lebih suka berada di kandang atau bermain-main, kelinci hycole tidak perlu membuat banyak waktu Anda dihabiskan dengan bersamanya. Kelinci dengan sifat itu tentu membuatnya tidak mudah merasa stres.

Ciri Tubuh Kelinci Hycole

Ciri Tubuh Kelinci Hycole

Tak hanya mengenai karakteristik yang dimiliki oleh kelinci hycole, namun juga terdapat ciri lain yang dimiliki oleh kelinci hycole. Ini dia beberapa ciri yang dimiliki oleh kelinci hycole.

  • Berat dari kelinci hycole berkisar antara 6,5 hingga 7 kg untuk seekor indukan. Ukuran yang cukup besar untuk seekor kelinci.
  • Jenis kelinci ini jarang mengalami stres selagi tidak sering disentuh. Kelinci hycole juga tidak mudah mengalami sakit selagi Anda mendukungnya dengan pemberian asupan nutrisi dalam makanan dan minuman yang seimbang dan mencukupi kebutuhan. Tingkat kematiannya pun terbilang cukup rendah.
  • Jenis kelinci ini juga bisa melahirkan anak mulai dari 8 hingga 10 ekor dalam sekali melahirkan. Pertumbuhan anak kelinci hycole terbilang cukup cepat.
  • Jenis kelinci hycole yang menjadi kelinci pedaging memiliki tingkat lemak dan kolesterol yang rendah ketika dikonsumsi.

Jenis Kelinci Hycole

Lantas apa perbedaan antara kelinci jenis hycole dengan kelinci new Zealand yang notabennya memiliki warna yang serupa, yaitu putih bersih? Ini dia sedikit perbedaan yang terlihat antara kelinci new Zealand dengan kelinci hycole.

Jenis Kelinci Hycole

• Bentuk badan dari tubuh kelinci new Zealand cenderung lebih bulat jika dibandingkan dengan kelinci hycole. Sedangkan untuk kelinci hycole bentuk badannya cenderung lebih datar dan panjang.

Ketika sedang dalam keadaan menggiling akan lebih terlihat perbedaannya.

• Pada bagian bulunya, kelinci hycole dan kelinci new Zealand juga mengalami perbedaan. Jenis kelinci new Zealand memiliki bulu yang lebih pendek dan lebih halus dan mengkilap.

Sedangkan ketika dilihat, kelinci hycole memiliki bulu yang lebih panjang dan tidak halus atau cenderung lebih kasar.

• Pada bagian telinganya, kelinci new Zealand white memiliki telinga yang jauh lebih pendek dari kelinci hycole. Sedangkan kelinci hycole memiliki telinga yang lebih panjang.

Cara Memelihara Kelinci Hycole

Lantas bagaimana cara merawat kelinci hycole? Ini dia langkah perawatan yang harus Anda lakukan ketika memilih untuk membudidayakan jenis kelinci hycole sebagai hewan peliharaan maupun untuk diternakkan dan menjadi ladang usaha.

Cara Memelihara Kelinci Hycole

• Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih bibit indukan kelinci terbaik dan berkualitas. Untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda harus memperhatikan berat bibit kelinci yang akan Anda pilih. Untuk berat yang baik biasanya memiliki berat minimal 4 kg untuk kelinci betina dan 3 kg untuk kelinci jantan.

• Persiapkan kandang untuk budidaya kelinci. Hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika ingin memelihara jenis kelinci pedaging yang satu ini adalah penempatan kandang kelinci. Kelinci pedaging lebih suka dengan udara yang sejuk.

Kandang kelinci sistem battery

• Jadi ketika Anda membuat kandang kelinci, pastikan kandang ini berada di tempat dengan sirkulasi udara yang baik dan sejuk, dan tentunya tempat yang terjangkau oleh sinar matahari.

Pastikan kandang yang Anda buat membuat kelinci merasa nyaman. Kandang bisa dibuat dari kayu atau bambu yang mudah dicari. Untuk ukurannya, satu kandang dapat diberi ukuran panjang 200 cm dengan lebar 75 cm. Ukuran tersebut mampu menampung setidaknya 10 hingga 12 kelinci.

• Perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh kelinci. Anda bisa memberi makan kelinci berupa sayur seperti wortel. Namun jika Anda memelihara kelinci ini untuk dikembangbiakkan kemudian dijual kembali.

[powerkit_button size=”md” style=”primary” block=”false” url=”https://zonaternak.com/kelinci/makanan/” target=”_self” nofollow=”false”]
16 Makanan Kelinci Dan Macam Jenis Rumput
[/powerkit_button]

Anda bisa memberi kelinci nutrisi tambahan yang berasal dari pelet seperti piterna dan hormonik. Berikan secara rutin setidaknya 2 kali sehari, yaitu pagi dan sore hari.

Baca juga mengenai : Kelinci Anggora

Harga

Setelah mengetahui cara budidaya kelinci hycole, pertanyaan yang muncul berikutnya adalah harga dari seekor kelinci. Untuk seekor anakan kelinci hycole biasanya diberi harga 20.000 rupiah.

Untuk bibit indukan kelinci biasanya diberi harga 100.000 rupiah. Sedangkan untuk kelinci dewasa bisa diberi harga hingga 200.000 rupiah.

kelinciItu dia beberapa informasi mengenai pemeliharaan dan pembudidayaan kelinci hycole. Semoga informasinya bermanfaat.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download