Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari
Des 4, 2023
5 menit membaca
Daftar Isi
Sistem kelistrikan motor berperan dalam menyediakan arus listrik di motor. Tujuannya adalah membantu proses bahan bakar agar menggerakan alat pendukung sepeda motor.
Apabila sistem kelistrikan sepeda motor mati maka motor akan mogok bahkan mati. Ketahui sistem, jalur dan masalah yang sering muncul terkait kelistrikan sepeda motor berikut ini:
Sistem kelistrikan motor dimulai dari spul yang menghasilkan energi listrik. Aliran listrik ini akan disebar ke komponen lain seperti busi untuk menciptakan pematik otomatis.
Aliran listrik tersebut akan ditampung dalam baterai sebagai arus cadangan. Dengan begitu saat motor distarter bisa langsung menyala. Sistem starter menggunakan elektrik dengan mengubah tenaga listrik ke mekanik.
Tenaga tersebut dipakai untuk memutar poros pada engkol. Jika sistem starter rusak maka akan diganti dengan kick starter.
Listrik tidak hanya Pins gunakan untuk menyalakan mesin saja namun mengaktifkan sistem tanda. Bagian dari sistem tanda adalah bel motor, lampu rem, lampu sein, klakson dan lainnya.
Baca juga:
Komponen kelistrikan motor sebenarnya ada banyak sekali khususnya yang berfungsi untuk mengoptimalkan arus listrik pada aki. Tugas dan komponen tersebut di antaranya adalah:
Spul berguna sebagai penghasil energi listrik termasuk untuk mengisi daya aki. Komponen ini mampu menghasilkan arus listrik AC atau bolak balik. Energi listrik yang dihasilkan oleh spul akan digunakan oleh busi, bola lampu, CDI dan lainnya.
Sekring bermanfaat sebagai perangkat keamanan listrik yang mampu memutus arus listrik secara otomatis. Arus listrik yang tidak stabil mampu menimbulkan konslet dan merusak komponen kelistrikan.
Fungsi kabel adalah sebagai penyalur listrik dari spul ke aki dan menyebarkan alirannya ke komponen lain. Seiring pemakaian sepeda motor kabel bisa terkelupas sehingga cek secara berkala.
Kiprok disebut pula dengan rectifier regulator yang bermanfaat menstabilkan tegangan listrik atau mengubah arus listrik. Kiprok berpengaruh pada masa pakai aki sebagai sumber daya listrik itu sendiri.
Arus listrik lewat kiprok distabilkan dengan mengubah menjadi arus satu arah misalnya arus AC ke DC sebelum dialirkan ke aki. Apabila aliran listrik terlalu besar mampu menyebabkan over change.
Baterai bermanfaat untuk menyimpan listrik sehingga mampu menghidupkan sepeda motor ketika distarter. Fungsi baterai adalah mengoperasikan perangkat motor lain seperti lampu, ECU, CDI.
Baca juga:
Kelistrikan motor terdiri atas susunan kompleks dan terbagi atas tiga jalur utama. Alur dari setiap jalur kelistrikannya bisa Pins ketahui dari penjelasan singkat di bawah ini!
Jalur ini merupakan tempat pembakaran yang berfungsi mengirim arus listrik ke kumparan busi. Dari keterkaitan busi dan ruang bakar akan mampu menciptakan percikan arus sebagai pemantik otomatis.
Dalam pengapian terdapat dua jalur untuk mengatur perangkat listrik yang disebut dengan alternatif current (AC) dan direct current (DC). Ruang pengapian AC ada pada motor keluaran lama khususnya yang bermesin karburator.
AC memiliki arus listrik dengan sumber langsung dari spul yang ditransfer ke CDI. Kumparan arus akan diterima oleh koil dan busi mesin. Sementara DC dilengkapi dengan injeksi yang pengaturan arus ditransfer ke koil dan dilakukan oleh ECU. Inilah mengapa mesin injeksi membutuhkan arus konstan dari aki motor.
Jalur AC dan DC menyuntikan energi listrik pada lampu sehingga bisa menyala. Jalur penerangan berbeda dengan jalur pengapian karena arus yang dimilikinya lebih halus.
Jalur penerangan AC akan menjadi pelengkap motor lampa yang mempunyai irama putaran spul motor. Sedangkan jalur DC, pergerakannya dijalankan dengan voltase aki. Sebenarnya selain mesin dan lampu listrik juga dibutuhkan untuk rem setir dan lampu sein.
Jalur kelistrikan motor yakni pengisian menstimulasi jalannya penerangan dan pengapian. Kebanyakan orang menyebutnya dengan jalur untuk menyalakan sistem kelistrikan sepeda motor.
Letaknya tegak lurus dari spul menuju mesin regulator. Usai melewati regulator jalur pengisian akan dicabangkan ke pengapian dan penerangan. Arus yang belum dipakai untuk pembakaran atau penerangan akan diakumulasikan di aki motor.
Baca juga:
Masalah kelistrikan memang krusial sebab jika tidak dirawat bisa menyebabkan motor mogok. Ada beberapa masalah yang sering timbul terkait kelistrikan sepeda motor ini, yakni:
Pemakaian motor yang sudah lama dan sering menerjang berbagai cuaca ekstrim mudah merusak komponen kelistrikan. Khususnya bagian kulit kabel yang mudah terkelupas.
Kabel yang terkelupas akan mengganggu aliran arus listrik. Cek bagian kabel secara keseluruhan kemudian segera ganti baru bila ada yang putus maupun terkelupas.
Gejala kerusakan lainnya adalah aki yang boros sehingga motor sering mogok. Borosnya aki dapat Pins cek dengan seberapa sering penggunaan dan jumlah aki yang terpakai.
Saat arus listrik tidak stabil maka lampu akan redup. Lampu ini sangat membantu pengendara melintasi jalan di malam hari. Bawa ke bengkel untuk mengecek bohlam lampu dan masalah kelistrikan lainnya.
Sistem kelistrikan motor yang rusak dapat ditandai dari lampu motor redup dan motor sulit dinyalakan walau sudah distarter. Cek secara berkala agar bila terjadi gangguan kelistrikan bisa langsung tertangani.
Source Feature Image: Pexels
Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome.
Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah
© lifestyle.pinhome.id