BlogHome ServiceElektronikNah! Ini Penyebab dari Kenapa Kulkas Kadang Bunyi Kadang Tidak
0
0

Nah! Ini Penyebab dari Kenapa Kulkas Kadang Bunyi Kadang Tidak

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa

Des 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Kulkas pada dasarnya mengeluarkan suara yang halus sebagai tanda bekerja dengan baik dan stabil. Namun jika sudah mengeluarkan suara berisik tentu mengganggu, apalagi jika terjadi bergantian. Itu sebenarnya adalah tanda ada masalah pada kulkas. Jadi kenapa kulkas kadang bunyi kadang tidak?

Sebenarnya, kenapa mesin kulkas kadang bunyi kadang tidak masih dikatakan normal. Tapi jika sudah mengganggu, berarti memang ada masalah pada komponen atau bagian dari kulkas tersebut.

Baca Juga: Simak! 7 Penyebab Kulkas Tidak Beku

Kenapa Kulkas Kadang Bunyi Kadang Tidak?

kenapa kulkas kadang bunyi kadang tidak
Source : Freepik/garetsvisual

Berikut beberapa penyebab umum yang sering terjadi.

Tegangan Listrik Tidak Stabil

Seperti yang sempat disebutkan di atas, suara yang keluar dari kulkas sebenarnya masih terbilang normal. Jadi coba dengarkan suara yang keluar dari kulkas apalagi jika kadang bunyi kadang tidak. Jika yang terdengar suaranya seperti berdecit, bisa jadi ada masalah pada tegangan listrik yang tidak stabil di rumah atau gedungnya.

Tidak hanya pada kulkas, sebenarnya alat elektronik akan cepat rusak dan tidak bekerja maksimal jika dialiri tegangan listrik yang berubah-ubah. Karena itu stabilizer sering digunakan sebagai perangkat tambahan di komputer atau CPU misalnya. Lakukan hal yang sama pada kulkas dengan menggunakan stabilizer pada kulkas agar membantu tegangan listrik yang masuk ke kulkas stabil.

Kompresor Rusak

Yang paling umum terjadi kenapa mesin kulkas kadang bunyi kadang tidak, biasanya karena kompresornya rusak. Hal ini ditandai dengan suara yang keluar dari kulkas mulai bising dan berisik. Bukan berarti keseluruhan kompresornya, tapi bisa jadi komponen di dalam kompresor yang sudah rusak atau aus.

Tapi jika memang masalahnya terjadi di kompresor, sebaiknya dilakukan perbaikan oleh ahlinya atau teknisi resmi dari service center kulkas tersebut. Hal ini untuk menghindari hal yang tidak sesuai dengan spesifikasi dan standar perbaikan yang sempurna.

Komponen Overload Rusak

Ada komponen overload dalam sebuah kulkas yang berfungsi melindungi kompresor dari panas berlebih atau overheat. Ketika kompresor mulai panas, overload akan memutus aliran ke kompresor. 

Nah, jika overload rusak, kompresor akan terus bekerja walaupun sudah kelebihan panas atau overheat sehingga ada indikasi kompresor tidak bekerja normal dengan adanya tanda suara bising yang kadang terdengar kadang tidak.

Bila masalah ini jika dibiarkan berlarut terlalu lama atau tidak diperbaiki bisa mengakibatkan kompresor mati dan proses pendinginan kulkas tidak maksimal. Bahkan bisa membuat kulkas jadi tidak dingin. Itulah kenapa mesin kulkas kadang bunyi kadang tidak.

Baca Juga: Ikuti 8 Cara Memperbaiki Kulkas Mati Total Berikut Ini!

Cara Mengenal Suara Kulkas Berbunyi Normal

kenapa kulkas kadang bunyi kadang tidak
Source : Freepik/pressfoto

Sebenarnya ada beberapa jenis suara juga dan berbeda-beda pada setiap kulkas, terutama jika perbedaannya ada di jenis pintu kulkas, kulkas 1 pintu dan kulkas 2 pintu. Seperti yang sebelumnya diinformasikan, suara pada kulkas adalah bagian dari proses normal sebuah kulkas karena menandakan kompresor berjalan.

Coba deteksi apakah bunyi kulkas seperti dengungan dan stabil bahkan diiringi suara seperti air mengalir. Hal ini menandakan jika kompresor sedang standby artinya suhu kulkas belum mencapai titik maksimal. Jika sudah begitu, kompresor akan mati selama beberapa menit dan siklus tersebut terjadi antara 6 sampai 9 jam.

Mirip untuk kulkas 2 pintu, jika suara yang dihasilkan adalah suara seperti air mengalir, maka tandanya sedang mengalami proses defrost atau proses pencairan es dalam freezer agar bunga es luruh atau menghilang. Proses defrost itu normal bahkan harus dilakukan agar suhu dalam freezer dan chiller tetap stabil. Jadi, jika mendengar suara defrost dan tidak sampai bising serta terjadi dalam siklus waktu yang normal seperti disebutkan di atas, tandanya kulkas masih dalam keadaan normal.

Baca Juga: Yuk Ketahui Penyebab Kulkas Tidak Dingin Tapi Lampu Menyala

Hal yang Perlu Dilakukan Bila Kulkas Mengeluarkan Bunyi Tidak Normal

Selain masalah suara yang muncul dan tidak, ada pula suara bising yang terus-menerus. Jangan disepelekan karena memang bisa jadi tanda masalah kecil ataupun bisa masalah berat yang lebih kompleks dan tentu diperlukan keahlian dari pihak yang lebih profesional. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan jika suara kulkas muncul terus-menerus dan mengganggu.

Periksa Segel Pintu Kulkas

Pertama adalah segel pintu yang rusak atau bahkan pecah. Tidak hanya karena ada barang yang menghalangi sehingga segel pintu tidak menutup sempurna, tapi bisa juga bagian segel atau pintunya kotor sehingga ada endapan yang menghalangi antara segel dan pintu. Namun jika yang rusak adalah bagian alarm pintu, butuh tenaga profesional untuk memperbaikinya jadi coba panggil service center resmi, ya!

Baca Juga: 5 Cara Memperbaiki Pintu Kulkas yang Tidak Rapat

Jaga Keseimbangan Penempatan Kulkas

Keseimbangan kulkas juga diperhatikan karena kulkas harus diletakkan pada bagian yang datar dan rata. Jika bergelombang, adakalanya beberapa komponen bergeser dan tidak bekerja maksimal sehingga menimbulkan bunyi yang mengganggu.

Coba Hindari Kelebihan Muatan di Dalam Kulkas

Selanjutnya, kulkas atau freezer yang kelebihan muatan dan beban juga bisa menimbulkan suara mengganggu atau menyebabkan alarm berbunyi karena pintu kurang menutup rapat seperti masalah di atas. Nah, kelebihan muatan ini juga bisa dipengaruhi karena banyaknya bunga es yang ada di dalam freezer. Jadi rutin lakukan defrost baik secara manual maupun menggunakan fitur yang telah ada di dalam kulkasnya.

Periksa Kipas Kondensor

Kipas kondensor dan kipas evaporator yang kotor juga akan kelebihan beban dan menimbulkan suara mengganggu. Untuk kipas evaporator sendiri berada di belakang bagian freezer yang harus menggunakan obeng untuk mengaksesnya dengan melepas isi freezer. Jangan lupa untuk mencabut stop kontak kulkas agar tidak ada aliran listrik ketika Kamu memeriksanya, ya.

Pemeriksaan Oleh Teknisi Berpengalaman

Terakhir, coba minta teknisi untuk memeriksa motherboard/mainboard atau yang lebih sering disebut untuk istilah kulkas adalah papan sirkuit. Biasanya jika memang masalahnya ada pada papan sirkuit, harus segera diganti. Dan karena papan sirkuit ini lokasi dan tipikalnya cukup kompleks, sebaiknya dilakukan penanganan dengan tenaga profesional.


Sekian penjelasan mengapa kira-kira penyebab kenapa kulkas kadang bunyi kadang tidak. Semoga bermanfaat, Pins. Nah, selain itu alat elektronik rumah tangga lainnya juga harus tetap dirawat, salah satunya AC. Teknisi berpengalaman dari Pinhome Home Service bisa membantu kamu mengatasi segala keluhan AC. Kamu hanya perlu melakukan pemesanan lewat aplikasi Pinhome. Klik disini untuk coba ya!

Featured Image Source: Freepik

Baca Juga: Simak! Penyebab Kulkas LG 2 Pintu Bagian Bawah Tidak Dingin


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download