BlogLifestyleEdukasi10 Keutamaan Membaca Al Quran di Bulan Ramadhan Sekaligus Mengkhatamkannya
0
0

10 Keutamaan Membaca Al Quran di Bulan Ramadhan Sekaligus Mengkhatamkannya

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mei 11, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
keutamaan membaca al quran di bulan ramadhantop-right-banner

Apa saja keutamaan membaca Al Quran di bulan Ramadhan?Bulan Ramadhan juga dikenal sebagai Syahrul Qur’an atau bulan Al Quran. Karena kitab suci umat Islam diturunkan pada bulan yang mulia ini kepada Nabi Muhammad SAW. Menyambut bulan Ramadhan dianggap istimewa oleh Allah di antara bulan-bulan lainnya. Karena dipilih oleh Allah sebagai waktu turunnya kitab suci Al Quran di antara semua bulan. 

Apa manfaat dari membaca dan mempelajari Al Quran (tadarus Al Quran)?

Baca juga:

Bagaimana dengan Keutamaan Mengkhatamkan Al Quran di Bulan Ramadhan?

Bulan Ramadhan dianggap sebagai bulan yang sangat istimewa dan penuh dengan berkah. Umat Muslim sering mendengar bahwa bulan Ramadhan adalah bulan Al-Quran, karena terdapat banyak bukti dalam ajaran Islam yang menunjukkan hal tersebut.

Keutamaan mengkhatamkan Al Quran sudah dicontohkan langsung oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu,

أن جبريل كان يعْرضُ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْقُرْآنَ كُلَّ عَامٍ مَرَّةً ، فَعرضَ عَلَيْهِ مَرَّتَيْنِ فِي الْعَامِ الَّذِي قُبِضَ فيه

“Dahulu Jibril mendatangi dan mengajarkan Al-Qur’an kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam setiap tahun sekali (pada bulan ramadhan). Pada tahun wafatnya Rasulullah shalallahu ‘alayi wasallam Jibril mendatangi dan mengajarkan Al-Qur’an kepada beliau sebanyak dua kali (untuk mengokohkan dan memantapkannya)” (HR. Bukhari no. 4614)

Ibnu Atsir rahimahullah menjelaskan,

أي كان يدارسه جميع ما نزل من القرآن

“yaitu mempelajari (mudarasah) semua ayat Al-Quran yang turun” (Al-Jami’ fi Gharib Hadits, 4/64).

Baca juga: Penyusunan lembaran ayat-ayat Al Quran

Menargetkan Khatam dengan Shalat Tarawih

Source : langgam

Menyelesaikan membaca seluruh Al-Quran dalam bulan Ramadhan melalui shalat tarawih adalah amalan yang sangat baik. Dalam satu malam, biasanya dibaca satu juz Al-Quran. Seperti yang disampaikan oleh Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah.

ويمكن أن يفهم من ذلك أن قراءة القرآن كاملة من الإمام على الجماعة في رمضان نوع من هذه المدارسة، لأن في هذا إفادة لهم عن جميع القرآن، ولهذا كان الإمام أحمد رحمه الله يحب ممن يؤمهم أن يختم بهم القرآن، وهذا من جنس عمل السلف في محبة سماع القرآن كله، ولكن ليس هذا موجبا لأن يعجل ولا يتأنى في قراءته، ولا يتحرى الخشوع والطمأنينة، بل تحري هذه الأمور أولى من مراعاة الختمة

“Dipahami dari (hadits) tersebut, bahwa Imam membaca Al-Quran seluruhnya (sampai khatam) bersama jamaah pada Bulan Ramadhan termasuk dalam mudarasah ini (yaitu mudarasah Nabi Shallallahu ’alaihi wa salam bersama malaikat Jibril alaihissalam). Oleh karena itu Imam Ahmad rahimahullah suka terhadap Imam yang mengkhatamkan Al-Quran. Ini merupakan amal para salaf yaitu mendengarkan Al-Quran seluruhnya.

Akan tetapi hal ini bukan kewajiban, agar supaya bersegera dan tidak membaca secara perlahan-lahan. Ia tidak mencari kekhusyu’an dan tuma’ninah. Bahkan mencari hal ini (khusyu’ dan tuma’ninah) lebih utama daripada perhatian terhadap mengkhatamkan” (Majmu’ Fatawa bin Baz 15/324, Asy Syamilah)

Baca juga: Begini Tata Cara Khatam Quran yang Baik dan Benar

Mendapat Mahkota Cahaya di Akhirat

Seseorang yang membaca, mempelajari, dan mengamalkan Al Quran akan diberikan mahkota cahaya pada hari akhir nanti. Mahkota tersebut akan diberikan kepada kedua orang tuanya.

Mahkota tersebut sangat terang, bahkan terang seperti sinar matahari, dan memiliki nilai yang tak ternilai di dunia. Ini karena selama hidupnya, sang anak telah memegang teguh ajaran Al Quran.

Sebelum lanjut ke pembahasannya, ada baiknya Pins mengetahui tentang lokasi rumah yang nyaman yaitu rumah baru di Bandung. Tepatnya di perumahan Grand Sharon Residence. Kamu dapat mengecek harga rumah disana melalui Pinhome.

Membuat Hati Tenang

Selain itu, keutamaan membaca dan mempelajari Al Quran di bulan Ramadhan adalah dapat memberikan ketenangan hati. Al Quran dianggap sebagai obat penawar yang paling ampuh ketika hati terluka. 

Dengan membaca dan mempelajarinya secara rutin, Allah akan menurunkan ketenangan dalam diri setiap manusia.

Dilindungi Oleh Allah

Al Quran sebagai kitab suci umat Islam memiliki keistimewaan yang luar biasa. Bahkan, seseorang yang rajin membacanya akan ditemani oleh para malaikat mulia. Keberadaan malaikat tersebut dapat melindungi manusia dari berbagai bahaya dan celaka.

Baca juga: Baca Doa Sebelum Membaca Al-Quran. Begini Doanya!

Aromanya Harum

Meskipun membaca Al Quran sunnah, namun sebaiknya dilakukan setiap hari. Orang yang gemar membaca Al Quran diibaratkan seperti orang yang harum dan enak rasanya. 

Hal ini disebabkan karena membaca ayat-ayat suci Al Quran setiap hari memiliki banyak keistimewaan.

Dinaikkan Derajatnya Oleh Allah

Bulan Ramadhan adalah bulan yang istimewa dan penuh dengan keberkahan. Seseorang yang membaca dan mempelajari Al Quran di bulan Ramadhan. Akan termasuk dalam golongan umat yang mulia di hadapan Allah SWT.

Ditemani Oleh Al Quran di Akhirat\

Source : nuonline

Seseorang yang senang membaca Al Quran dan menerapkan isinya dalam kehidupan sehari-hari. Nantinya di akhirat Al Quran akan mendatanginya. 

Hal ini karena selama hidupnya, menggunakan Al Quran sebagai panduan hidup bukan hanya sebagai hiasan yang tidak pernah dibaca.

Baca juga: Bacaan Doa Khatam Quran Lengkap dengan Artinya 

Al Quran Membelanya Saat di Akhirat

Seperti yang diketahui, tidak hanya ibadah wajib yang dapat menyelamatkan manusia dari siksa api neraka. Namun amalan sunnah juga dapat memberikan kontribusi yang besar dalam timbangan kebaikan manusia di akhirat.

Salah satu amalan sunnah yang dapat memberikan manfaat besar adalah membaca Al Quran. Di akhirat nanti, Al Quran yang sering dibaca akan menjadi pembela bagi kita. 

Menjadi Orang Pilihan Terbaik

Seseorang yang senang membaca Al Quran di bulan Ramadhan akan termasuk dalam golongan orang terbaik di sisi Allah. Hal ini karena selama hidupnya, gemar membaca Al Quran dan mengaplikasikan isinya dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga terlihat bahwa keimanannya sangat kuat kepada Allah.

Pahala yang Dilipatgandakan

Seseorang yang gemar membaca Al-Quran pasti akan mendapatkan pahala dari Allah. Terlebih lagi jika ia membaca Al-Quran di bulan Ramadhan, maka Allah akan meningkatkan pahalanya lebih besar daripada membaca di bulan-bulan yang lain.

Baca juga: Hadits Ada Berapa Fase dalam Bulan Ramadhan

Menjadi Syafaat di Akhirat Kelak

Membaca Al Quran di bulan Ramadhan memiliki keutamaan, yaitu memberikan syafaat di hari kiamat. Al Quran juga dapat memberikan syafaat kelak sama seperti memberikan shalawat kepada Rasulullah. Selain mendapatkan pahala, umat muslim juga akan mendapat syafa’at. Sebuah hadis mengisahkan bahwa saat kiamat tiba, Nabi Muhammad akan memberikan syafaat kepada umatnya yang rajin membaca Al Quran.

Baca juga:

Featured Image Source: detiknews


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami rumah sekunder di Bandung dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download