BlogHome ServiceElektronikLengkap! Daftar 29 Kode Error Mesin Cuci Panasonic
0
0

Lengkap! Daftar 29 Kode Error Mesin Cuci Panasonic

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa

Des 4, 2023

8 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Tidak ada produk yang sempurna dan memiliki usia sepanjang masa, termasuk mesin cuci Panasonic yang tidak luput dari masalah. Dikarenakan didukung kualitas tingginya, perangkat ini dilengkapi kode error mesin cuci Panasonic yang akan muncul tergantung dari masalah yang terjadi.

Misalnya, sering muncul kode error mesin cuci panasonic E3 yang berarti mesin tidak bisa mengalirkan air maupun kode error mesin cuci panasonic E4 yang memberikan sinyal jika air meluap. Kode-kode ini akan muncul pada control display mesin cuci yang bisa mendiagnosa jenis kerusakan apa yang terjadi.

Baca Juga:

Daftar Kode Eror Mesin Cuci Panasonic

kode error mesin cuci panasonic
Source : Panasonic

Intip langsung yuk ke-29 daftar kode erornya agar kamu paham bagaimana mengatasinya!

Kode E01/E1

Kode ini memberikan sinyal jika pintu mesin cuci tidak tertutup dengan baik sehingga mesin tidak bisa berputar atau beroperasi dengan optimal. Cara menanggulanginya bisa dengan beberapa cara, pastikan pintu mesin cuci tertutup rapat dan tidak terganjal cucian. Bisa juga dengan memeriksa bagian switch pintu mesin cuci apa sudah terpasang dengan baik dan rapat.

Baca Juga:

Kode E02/E2

Kode E02/E2 jika muncul di display mesin cuci Panasonic mengartikan mesin tidak bisa menyiapkan air. Hal yang harus diperhatikan adalah selang penghubung tidak tersumbat atau terlipat. Jika ada sumbatan, segera bersihkan filter pasokan air mesin cucinya.

Kode E03/E3

Seperti yang sempat disebutkan di atas, kode error mesin cuci panasonic E3 berarti mesin tidak dapat mengalirkan air. Kemungkinan besar karena ada sumbatan pada selang pembuangan. Jadi silahkan periksa selang pembuangan dan bersihkan atau kemungkinan selang terendam air. Jangan lupa bersihkan juga drain filter yang dimungkinkan tersumbat.

Kode E04/E4

Untuk kode E04 sendiri memberi tanda jika ada luapan air. Periksa katup pasokan air dan pastikan jika katupnya masih berfungsi dan tidak ada kerusakan. Jika masih mengalami masalah yang sama, matikan terlebih dulu mesin cuci lalu cabut kabel daya dari stop kontak, lalu nyalakan kembali. Jika masih ada kode E04/E4, segera hubungi layanan servis Panasonic untuk tindakan lebih lanjut.

Kode F8

Canggihnya mesin cuci Panasonic tidak hanya bisa mendeteksi masalah yang ada dalam mesin atau yang berhubungan dengan kelistrikan saja, tapi juga jika ada indikasi kabel terkelupas pun bisa dianalisa. Kode F8 mengartikan adanya kemungkinan kabel yang terkelupas sehingga terjadi hilang kontak antara modul atau PCB ke water level valve dengan komponen lain. Jika mengalami masalah ini, ada baiknya langsung ditangani oleh ahlinya dari service center mesin cuci Panasonic.

Kode H01

Muncul H01 berarti ada sensor tekanan atau switch yang error. Cara menanggulanginya coba periksa kabel ke sensor dan switch tekanan. Jika ada kerusakan, sebaiknya mengganti PCB utama dan sensor tekanan tersebut.

Kode H04

Adanya kerusakan pada relay ditandai dengan munculnya kode H04. Cara mendeteksinya adalah dengan memeriksa kabel dan pastikan tidak ada yang terkelupas atau terputus. Solusinya, tentu dengan mengganti PCB Control-nya.

Baca Juga:

Kode H05

Ada kalanya data tidak tersimpan pada kontrol panel elektronik dan hal itu ditandai dengan munculnya kode H05. Coba periksa semua kabel yang terhubung ke mesin cuci, atau ganti PCB kontrolnya. Cek pula mode B di mode service atau layanan.

Kode H07

Munculnya kode H07 biasanya terjadi masalah pada jalur motor tacho. Kamu bisa memeriksa kabel ke motor tacho mesin cuci. Jika masalah masih berlanjut, bisa mengganti motor atau PCB controlnya agar kembali berfungsi dengan baik.

Kode H09

Bila ada masalah pada pengontrol elektronik, kode H09 akan keluar. Hal yang perlu kamu lakukan adalah coba cek bagian tersebut dan ganti modul kontrol elektronik dengan yang baru jika masih ada masalah di bagian tersebut.

Kode H17

Di mesin cuci ada thermistor atau sensor suhu, dan bisa mengalami masalah atau kerusakan dengan munculnya kode H17 di panel mesin cuci Panasonic. Jika masalah berlanjut, penanganannya tentu dengan mengganti sensor suhunya tersebut.

Kode H18

Tidak hanya sensor suhu, bisa juga ada masalah pada sensor fuse motor yang ditandai dengan kemunculan kode H18. Jadi coba pastikan koneksi motor dalam keadaan baik atau gantilah koneksi motornya.

Kode H21

Dengan komponen yang banyak, banyak pula yang harus diperhatikan dari mesin cuci Panasonic, termasuk level ketinggian air dengan sensornya yang jika bermasalah akan memberikan kode H21. Jika terjadi, periksa water level-nya dan bersihkan.

Baca Juga: 6 Merk Kulkas untuk Listrik 450 Watt

Kode H23

Jika Relay Heater rusak, akan muncul kode H23 yang sebaiknya diselesaikan dengan mengganti relay heater-nya dengan memeriksa pengontrol elektroniknya terlebih dulu.

Kode H25

Jika muncul kode H25, berarti ada masalah pada motor universal mesin cuci Panasonic. Segera periksa kabel motor utama atau langsung mengganti motor mesin cucinya.

Kode H27

Jika pintu mesin cuci tidak tertutup rapat, akan muncul kode H27. Hal ini bisa disebabkan oleh kurang rapatnya switch dan pengunci pintu yang sudah aus. Jadi segera periksa kabel pengunci pintu dan ganti pengunci pintu bila perlu.

Kode H29

Kipas angin di mesin cuci juga bisa rusak atau berputar lambat dengan tanda kode H29. Jadi bisa periksa kabel yang menyambung ke kipas pendingin atau periksa konektor yang tersambung ke kipas pendingin pula. Jika masalah berlanjut, segera ganti kipas pendinginnya.

Kode H41

Spoin tidak berfungsi dengan baik biasanya akan muncul kode H41 yang memang harus dilakukan penggantian pengontrol elektronik utama. Tapi sebelumnya, kamu bisa memeriksa kabel yang terhubung ke sensor 3D atau mengganti sensornya tersebut terlebih dulu.  

Baca Juga: 11 Rekomendasi Cordless Vacuum Cleaner Terbaik

Kode H43

Masalah yang kerap terjadi adalah seal tabung yang bocor karena selang pembuangan air kurang tinggi. Namun jika sudah diperbaiki ketinggiannya tetap muncul kode H43, bisa mengganti seal tabungnya saja.

Kode H46

Biasanya terjadi masalah pada pengiriman sinyal jika ada kebocoran yang tidak normal. Pertama lakukan pengecekan kabel dan bagian sensor kebocoran. Jika berlanjut, coba ganti pengontrol elektroniknya ya, Pins.

Kode H51

Meski memiliki kapasitas besar, mesin cuci juga punya maksimal beban. Dan jika terdeteksi adanya beban yang melebihi kapasitas, mesin cuci Panasonic menandainya dengan kode H51. Jadi kurangi beban cucinya atau lakukan pemeriksaan pada motor penggerak dan main board utama karena bisa jadi justru sensor bebannya yang rusak.

Kode H52

Tidak hanya faktor internal perangkat, tapi kode H52 juga memberikan tanda jika adanya gangguan dari luar, yaitu tegangan listrik yang masuk ke mesin cuci terlalu tinggi. Karena itu, segera periksa pasokan listrik PLN di tempatmu.

Kode H53

Sebaliknya, kode H53 memberikan tanda jika tegangan yang masuk ke mesin cuci terlalu lemah sehingga mesin cuci tidak bisa bekerja secara maksimal.

Kode H55

Kode H55 menandakan jika arus tidak stabil ketika motor mesin cuci berputar. Sebaiknya cek bagian motor atau menggantinya dengan yang baru.

Baca Juga: Keren! Intip Mesin Cuci Bisa Langsung Setrika Ini

Kode U11

Terkadang tabung penampung juga tidak dapat membuang air keluar dari mesin cuci karena muncul kode U11. Bisa jadi karena tersumbatnya selang pembuangan atau ujung selang terendam air. Atau bisa juga karena filter drain kotor sehingga harus dibersihkan. Ata memang ada masalah pada motor drain. Jadi jangan lupa dicek, ya.

Kode U12

Kurang sempurnanya pintu tertutup bisa menjadikan munculnya kode atau mesin tidak bekerja karena begitu amannya mesin cuci Panasonic. Kode U12 menandakan jika pintu mesin cuci terbuka atau switch pintunya rusak. Coba cek apakah ada yang mengganjal di pintu atau kurang tertutup sempurna. Jika masih terjadi, bisa jadi switch pintu yang rusak dan harus diganti.

Kode U13

Mencuci tentu belum lengkap jika belum kering. Nah, kode U13 ini menandakan jika mesin pengering belum berfungsi dengan benar atau tidak beroperasi dengan berputar. Bisa jadi karena beban terlalu besar atau bahkan terlalu ringan. Jadi bisa dikira-kira untuk menambah atau mengurangi jumlah cucian yang akan dikeringkan dalam sekali waktu.

Terutama, misalnya tidak mengeringkan celana jins dan selimut tebal secara bersamaan. Dan pastikan permukaan mesin pengeringnya stabil dan rata. Biasanya untuk mesin cuci bukaan atas ada pengganjal untuk meratakan pakaian di mesin pengering agar tetap stabil ketika berputar.

Kode U14

Kode U14 mengartikan jika mesin cuci tidak mengisi air. Bisa jadi karena kerana tau aliran air yang masuk ke mesin cuci tertutup, filter air sampai pasokan air tersumbat. Jadi bisa dicek dan dibersihkan.

Kode U18

Sementara kode U 18 adalah tanda jika filter saluran pembuangan bermasalah. Segera periksa kondisi motor drain dan bersihkan filter saluran pembuangan.

Demikian 29 kode error mesin cuci Panasonic. Semoga bermanfaat, Pins! Bila kamu juga mempunyai masalah dengan AC di rumah, kamu bisa menggunakan layanan jasa dari Pinhome Home Service. Jasa servis maupun cuci AC bisa kamu pesan lewat aplikasi Pinhome. Klik disini untuk coba ya!

Featured Image Source: Panasonic

Baca Juga: 6 Tipe Setrika Maspion yang Bagus dan Tahan Lama


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download