Cara kerja governor pneumatic juga penting untuk dipelajari. Salah satu komponen yang berfungsi untuk mengatur banyak sedikitnya bahan bakar yang disemprotkan adalah Governor. Pada artikel sebelumnya juga telah kami sebutkan bahwa Governor ini terdapat dua macam yaitu simple mechanical governoer dan combined governor yang merupakan gabungan antara pneumatic governor dengan mechanical centrifugal governor.
Tidak lengkap rasanya, jika kemarin sudah disinggung tapi tidak dijelaskan kelanjutannya. Maka dari itu artikel ini akan menjelaskan tentang cara kerja governor pneumatic pada pompa injeksi mesin diesel, mulai dari fungsi, komponennya dan cara kerja.
Apa Fungsi Governor Pneumatik?
Governor pada pompa injeksi mesin diesel berfungsi untuk mengatur banyaknya bahan bakar yang akan diinjeksikan oleh inejctor nozle. Pada cara kerja governor pneumatic bekerja atas kevakuman yang terjadi dalam ventury. Kevakuman yang biasa terjadi dalam ventury yaitu sekitar 40 – 80 milli bar. Selain mengatur banyak sedikitnya bahan bakar, yang paling utama governor pnematic ini berfungsi dalam mengatur putaran mesin (rpm).
Governor pneumatik dapat meengatur dalam setiap kondisi mesin baik putaran idle maupun putaran tinggi, GP ini umumnya digunakan pada motor Diesel ukuran kecil yang mempunyai putaran tinggi.
a. Bagian venturi yang terpasang pada saluran masuk (intake) b. Bagian blok membran yang terpasang di pompa injeksi
Komponen-komponen Governor Pneumatik
(Slideshare.net)
Kontruksi dari governor pneumatic dapat dilihat pada gambar di atas, sementara itu keterangan dan nama-nama dari setiap komponen dapat dilihat dibawah ini :
1. Saringan udara 2. Venturi ( utama dan tambahan ) 3. Throtel valve 4. Tuas penyetel 5. Saluran vakum 6. Pegas pengatur 7. Ruang vakum 8. Membran 9. Ruang atmosfer 10.Ventilasi ruang atmosfer 11. Batang pengatur
Pada saat mesin masih mati dan akan di hidupkan, throtle dibuka penuh dan kevakuman pada intake nol. Sehingga batang pengatur pada posisi maksimum.
2. Posisi Idle
(Themechanicalengineering.com)
Pada saat putaran mesin dalam posisi idle, kecepatan udara tinggi dan kevakuman besar sehingga batang pengatur tertarik kearah stop / sedikit. Putaran mesin menurun kevakuman menurun batang pengatur terdorong kearah maksimum. Putaran mesin, naik kevakuman naik, dst.
3. Posisi Putaran Maksimum dan Pembatasan
(Themechanicalengineering.com)
Throtel pada penahan putaran maksimum, kevakuman kecil batang pengatur terdorong kearah volume maksimum.
Putaran maksimum tercapai, bila kekuatan kevakuman dan pegas pengatur sebanding.
Jika putaran mesin naik lagi, maka kecepatan udara bertambah naik > kevakuman naik, batang pengatur tertarik kearah stop / sedikit, ada pengurangan jumlah injeksi > putaran maksimum di regulasi.
Ventury tambahan ini memiliki dua buah fungsi yaitu :
• Mengatur kevakuman pada ruang vakum pompa injeksi berdasarkan aliran udara
• Mencegah putaran balik motor
Cara kerja :
Pada saat mesin berputar membalik, saluran isap menjadi saluran buang. Kecepatan gas buang pada venturi tambahan besar, kevakuman pada ruang vakum juga besar, batang pengatur tertarik kearah stop yang membuat mesin mati.
Itu adalah artikel tentang governor pneumatic pada pompa injeksi, jika ada kritik dan saran dapat disampaikan melalui komentar di bawah ini yaa. Terimakasih.
Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome. Cek pilihan rumah di Kota Bandung terbaik dari Pinhome!
Tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.