Dipublikasikan oleh Omri Cristian
Des 4, 2023
4 menit membaca
Memahami komponen mesin diesel penting untuk dipelajari dalam bidang otomotif. Jika dalam mesin bensin yang dikompresikan adalah bahan bakar dan udara, pada mesin diesel yang dikompresikan hanyalah udara saja, dan pada saat langkah usaha, pembakaran dihasilkan bukan dari percikan bunga api. Melainkan karena tingginya tekanan kompresi, panasnya udara dan bahan bakar yang sudah dikabutkan sehingga mudah terbakar.
Bagaimanan kerja dari komponen mesin diesel dan fungsinya? Simak di bawah ini jawabannya!
Baca juga: Yuk, Kenali 38 Komponen Mesin Mobil dan Fungsinya
Bahan bakar harus dikabutkan agar mudah terbakar. Tugas pengabutan ini dilakukan oleh nozzle injektor. Karena dikabutkan, maka tidak heran apabila saluran-saluran dalam sistem bahan bakar terutama pompa injeksi dan nozle harus memiliki tingkat presisi yang sangat tinggi. Mengingat tingginya tekanan dalam bahan bakar untuk menghasilkan semprotan kabut yang sempurna.
Bagaimana sistem bahan bakar pada mesin diesel ini bekerja? Pada awalnya, pompa bahan bakar akan menghisap solar yang berada di tangki, kemudian akan melalui filter solar untuk disaring.
Setelah itu akan melewati water sedimenter untuk memisahkan antara air dan solar. Baru setelah itu masuk ke bagian pompa injeksi bahan bakar. Dari pompa injeksi akan disalurkan ke masing-masing nozle injektor sesuai dengan urutuan pengapiannya, dan terjadilah semprotan bahan bakar dalam bentuk kabut.
Baca juga:
Komponen dalam sistem bahan bakar yang berfungsi untuk menampung solar.
Berfungsi untuk menyaring solar dari berbagai kotoran yang terdapat di dalam solar. Kotoran-kotoran tersebut antara lain, kerak, partikel-partikel, tanah, dll.
Water sedimenter berfungsi untuk memisahkan air yang terbawa di dalam aliran solar.
Berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar dari tangki bahan bakar ke pompa injeksi.
Berfungsi untuk memajukan saat penyemprotan sesuai dengan putaran mesin (rpm mesin).
Berfungsi untuk memberikan tekanan pada solar yang akan diinjeksikan/disemprotkan oleh nosel. Pompa injeksi terdapat dua macam yaitu tipe in line (segaris) dan tipe distributor.
Baca juga:
Governor dalam sistem bahan bakar diesel berfungsi untuk mengatur putaran motor dengan cara mengatur volume bahan bakar yang disemprotkan. Governor ini terdapat dua jenis yaitu governor sentrifugal (mekanis) dan governor pneumatic (vakum).
Berfungsi mengabutkan bahan bakar ke ruang bakar.
Berfungsi untuk memanaskan udara di dalam ruang bakar mesin diesel saat mesin masih dingin. Sehingga mesin lebih mudah hidup.
Komponen ini berguna sebagai bagian yang masuk ke dalam ruang bakar utama. Kepala silinder sendiri terbuat dari besi tuang dengan presisi yang sangat tinggi. Di komponen ini sendiri ada beberapa komponen lainnya.
Komponen ruang bakar adalah bagian yang berfungsi sebagai tempat terjadinya pembakaran bahan bakar dan udara yang telah dikompresi. Tipe ruang bakar pada mesin diesel pun ada beragam, mulai dari tipe ruang bakar langsung, depan dan kamar pusaran.
Torak adalah salah satu komponen penting yang berfungsi menerima tekanan untuk memutar poros engkol. Ini membuat torak atau piston menjadi bagian penting dalam kerja mesin diesel.
Komponen ini adalah salah satu komponen penting yang bertugas menjadi penghubung antata piston atau torak dengan ujung batang piston. Bentuk pena torak ini dibuat berlubang agar berat dari pena torak berkurang.
Ring piston (torak) ini terdiri dari ring kompresi dan ring oli. Komponen ini berfungsi menyalurkan panas yang berasal dari piston lewat dinding silinder. Selain itu, komponen ini menjadi penting karena mencegah kebocoran kompresi dan gas pembakaran.
Komponen valve adalah bagian yang terbuat dari bahan yang tahan dengan panas dengan temperatur tinggi. Ini penting karena komponen ini bekerja di bagian dekat ruang bakar yang panas terus menerus. Nantinya, valve ini berfungsi sebagai memasukkan dan mengeluarkan gas hasil pembakaran.
Fly wheel atau roda penerus adalah komponen yang terbuat dari baja kuat. Fungsinya sendiri untuk meratakan putaran poros engkol akibat pembakaran yang terjadi.
Baca juga: Ingin Mobil Terawat? Ganti Oli Mobil Berapa Bulan Sekali?
CamShaft atau poros nok berfungsi untuk menutup serta membuka katup sesuai dengan pengapian yang terjadi. Bentuknya sendiri adalah elips agar komponen ini bisa bekerja efisien.
Crank shaft atau poros engkol berfungsi untuk merubah gerak naik dan turunnya piston. Gerakan ini nantinya akan memutar flywheel.
Jurnal bearing atau bantalan jurnal adalah komponen yang berfungsi untuk membantu oli masuk ke dalam blok silinder. Bantalan ini umumnya terbuat dari metal dan baja lunak.
Bagaimana sudah tahu komponen-komponen mesin diesel? Komponen ini banyak dan saling mendukung satu sama lain dalam menjalankan fungsinya masing-masing. Semoga bermanfaat, ya!
Baca juga:
Featured Image Source: Kompas.com
Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome. Cek pilihan rumah di Kota Bandung terbaik dari Pinhome!
Tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.
© lifestyle.pinhome.id