Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari
Des 4, 2023
4 menit membaca
Daftar Isi
Yamaha R15 V3 menjadi motor yang cukup difavoritkan. Beberapa sparepartnya bahkan digunakan untuk modifikasi motor lainnya seperti Nmax. Keunggulan dari tipe ini adalah kompresi R15 V3 yang menjadi andalan.
R15 V3 adalah generasi ketiga dari R15 yang dipasarkan di Indonesia. Motor ini adalah salah satu motor terbaru dari Yamaha Indonesia Motor Manufacture dan menjadi andalan. Cek spesifikasi rasio kompresi R15 V3 di sini agar tahu bedanya dengan motor Yamaha lainnya.
Kompresi merupakan indikator yang menunjukan jumlah tekanan dalam silinder mesin kendaraan. Kompresi terjadi saat piston mesin mulai menyemprotkan bahan bakar lalu ditangkap oleh api busi.
Kompresi dan rasio kompresi memiliki definisi yang berbeda. Rasio kompresi adalah perbandingan antara volume silinder saat piston ada di titik paling terendah dan tertinggi.
Rasio menunjukkan jumlah tinggi bermakna mempengaruhi kandungan reset oktan number pada bahan bakar yang digunakan. Perbandingan rasio dilihat dari besar silinder yang ada di kendaraan.
Makin besar perbedaan volume diyakini kepadatanya semakin tinggi. Imbasnya bahan bakar yang dibutuhkan harus memiliki nilai research octane number (RON) tinggi pula.
Cara mengukur kompresi mesin adalah memakai compression gauge yang terhubung dalam lubang besi lewat adaptor. Setelah itu nyalakan mesin kendaraan dengan tekan starter.
Perhatikan besaran tekanan pada silinder dengan melihat jarum penunjuk yang ada di compression gauge. Tekanan tinggi bisa berdampak baik pada kendaraan karena menghasilkan tenaga yang besar pula.
Hubungan antara nilai oktan dan rasio kompresi akan menentukan seberapa besar emisi yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar. Rasio lebih tinggi mampu menghasilkan emisi yang rendah.
Rasio kompresi ini dibutuhkan untuk pemilihan bahan bakar yang tepat untuk kendaraan. Jika pemilihan bahan bakarnya sembarangan menyebabkan kerusakan pada mesin lebih cepat.
Baca juga:
Sebelum mengetahui rasio kompresi R15 V3 yuk cek dulu spesifikasi motor ini terlebih dulu. R15 V3 disematkan pada motor Yamaha ini bukan tanpa alasan. Desain motornya merupakan adopsi dari R series karena perawakannya yang moge look.
Bagian ban gambot dengan ukuran 140 untuk bagian belakang dan 100 untuk bagian depan. Frame deltabox, ditambah suspensi depan berjenis upside down serta swing arm jenis banana arm.
Performa mesin cukup handal dengan torsi sebesar 14.7 Nm serta daya terbaik sekitar 14.2 kW. Adapun spesifikasi R15 V3 VVa atau R15 V3 bisa Anda simak dalam tabel berikut:
Mesin | Keterangan |
Tipe mesin | Liquid Cooled 4-Stroke, SOHC, 4 Valve, VVA |
Tipe kopling | Wet Type Multi-Plate Clutch; Assist & Slipper Clutch |
Tipe transmisi | Manual |
Sistem bahan bakar | Fuel Injection |
Kapasitas oli mesin | Total=1.05L;Berkala=0.85L;Ganti filter oli=0.95L |
Sistem pelumasan | Wet sump |
Sistem starter | Electric starter |
Torsi maksimum | 14.7 Nm/8.500rpm |
Daya maksimum | 14.2 kW/10.000 rpm |
Diameter X langkah | 58×58.7 mm |
Jumlah/posisi silinder | Single cylinder |
Volume silinder | 155.1cc |
Dimensi | Keterangan |
Jarak sumbu roda | 1325 mm |
Kapasitas tangki bensin | 11 L |
Berat isi | 137 kg |
Tinggi tempat duduk | 815 mm |
Jarak terendah ke tanah | 155 mm |
PxLxT | 1990x725x1135 mm |
Rangka | Keterangan |
Rem | Disc brake |
Rem depan | Disc brake |
Suspensi depan | Telescopic fork (inverted) |
Suspensi belakang | Link Monoshock |
Ban depan | 100/80-17M/C 52P |
Ban belakang | 140/70-17M/C 66S |
Tipe rangka | Deltabox |
Kelistrikan | Keterangan |
Tipe busi | NGK/MR8E9 |
Baterai | GTZ4V/YTZ4V |
Sistem pengapian | TCI |
Untuk rasio kompresi R15 V3 adalah 11.6:1. Untuk bahan bakar yang direkomendasikan adalah memiliki oktan 95 keatas yakni Pertamax Turbo. Pertamax Turbo memang digunakan untuk kendaraan dengan nilai rasio kompresi di angka 11 dan kurang dari 13.
Rasio perbandingan kompresi mesin ada di angka 11:1 hingga 13.1. Nilai rasio kompresi ini bisa Pins cek pada spesifikasi kendaraan di buku manual. Gunakan bahan bakar yang disarankan pabrikan agar mesin terjaga dan bekerja selalu optimal.
Baca juga:
Selain rasio kompresi R15 V3 tinggi bagian pistonnya sering digunakan pada motor lainnya. Misalnya saja pada motor Nmax dan imbasnya mampu meningkatkan rasio kompresi kendaraan.
Bila semula rasio kompresi kendaraan berkisar 10.5:1 maka penggunaan piston Yamaha R15 V3 mampu menaikan rasionya menjadi 11.6:1. Biaya pasang piston Yamaha R15 V3 di Nmax 155 dipatok biaya sebesar Rp565.500.
Untuk biaya bongkar mesin berkisar Rp150.000. Sisanya adalah biaya piston, piston ring, gasket dan silinder. Apabila menambah circlip dan pin piston sekalian maka ada penambahan biaya Rp40.000.
Kelebihan dari piston Yamaha R15 V3 adalah bentuk dome atau permukaannya rata. Sementara piston standar Maxi Yamaha memiliki cekungan ke dalam. Penggunaan piston dengan dome rata membuat kompresi jadi lebih tinggi.
Kompresi R15 V3 cenderung tinggi sehingga emisi yang dihasilkan rendah. Pins perlu menggunakan oktan di atas 95 yakni Pertamax Turbo agar mesin terjaga.
Baca juga:
Source Feature Image: Pexels
Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome.
Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah
© lifestyle.pinhome.id