BlogLifestyleHewan PeliharaanKura-Kura Brazil
0
0

Kura-Kura Brazil

Dipublikasikan oleh Harsanto Maulana Ibrahim dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari

Apr 10, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Kura-kura Brazil hampir sama dengan jenis lainnya yang ada di dunia. Akan tetapi jenis kura kura air ini memiliki sedikit perbedaan karakteristik yang membuatnya mudah dikenali. Hal ini terdapat pada semburat berwarna merah yang ada di belakang matanya.

Sedangkan karakter lainnya yang membuat banyak orang merasa senang terhadap hewan yang satu ini adalah dapat bertahan di lingkungan mana pun. Bahkan jenis hewan ini dapat mencapai umur hingga dua puluh tahun.

Untuk panjang bagian tubuhnya mencapai kurang lebih tiga puluh centimeter. Kura-kura Brazil ini termasuk jenis hewan yang berdarah dingin. Jenis hewan ini dapat bertahan hidup umumnya dengan suhu antara dua puluh derajat Celsius hingga dua puluh delapan derajat Celsius.

Perlu Anda ketahui bahwa di saat memelihara kura-kura ini harus menyediakan ruangan kosong yang bisa digunakan untuk berjemur di bawah sinar matahari. Hal ini perlu dilakukan dengan tujuan agar sama dengan habitat aslinya yang membutuhkan sinar matahari untuk menghangatkan diri.

Sehingga sistem kekebalan tubuh kura-kura Brazil menjadi lebih mudah untuk stabil. Dengan sinar matahari kura-kura juga akan mudah dalam mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuhnya.

Perlu Anda ketahui bahwa dalam kandang hendaknya Anda tidak perlu meletakkan bebatuan terlebih yang tajam. Hal ini dilakukan untuk menghindari dapat melukai pada bagian cangkangnya dan berikan hiasan secukupnya.

Jenis Kura-Kura Brazil

Ada beberapa jenis kura-kura Brazil yang bisa dijadikan sebagai peliharaan. Beberapa jenisnya antara lain yaitu :

Kura Kura Brazil Red Ear Slider
  • Red Ear Slider

Jenis hewan ini memang begitu istimewa. Sehingga banyak disukai oleh masyarakat Indonesia khususnya anak-anak. Salah satu keistimewaan yang ada yaitu pada bagian telinganya memiliki warna merah.

  • Trackhemys Scripta Elegans

Meskipun jenis kura-kura ini sangat diminati. Namun jika Anda ingin memeliharanya maka bisa membelinya dengan harga yang lebih terjangkau.

  • Leopard Tortoise

Untuk daya tarik yang dimiliki dari kura-kura yang satu ini adalah pada bagian cangkangnya. Dibagian cangkangnya ini memiliki jenis yang tutul-tutul seperti macan. Untuk jenis hewan ini memang sangat rawan terserang penyakit. Sehingga kondisi kadang harus benar-benar dalam kondisi bersih, hangat dan tidak lembab.

  • Indian Star Tortoise

Karakteristik jenis hewan kura-kura ini memiliki corak yang unik. Corak unik ini terlihat pada bagian cangkang dengan jenis bintang. Untuk panjang pada bagian tubuhnya kurang lebih tiga puluh delapan centimeter dengan berat yang mencapai delapan kilogram.

Bentuk Fisik / Ciri-Ciri

Bagi Anda yang ingin memelihara kura-kura Brazil harus mengetahui mengenai ciri-cirinya. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan dalam membelinya.

Terlebih apabila Anda baru pertama kali memelihara kura-kura. Beberapa ciri-ciri fisiknya tentu saja ada warna merah pada bagian telinganya. Untuk ciri lainnya tentu saja tergantung dari jenisnya.

Kura Kura Brazil

Habitat & Karakteristik

Pada saat Anda memang ingin memelihara jenis kura-kura Brazil. Tentu saja membutuhkan aquarium dan juga kolam yang mendukung mengenai tempat hidup aslinya. Umumnya akan lebih sehat apabila kura-kura ini diberikan kolam luar yang dekat dengan sinar matahari seperti habitat aslinya. Akan tetapi apabila ingin diletakkan di dalam rumah.

Maka haruslah menggunakan aquarium agar lebih mudah dalam membuang kotoran yang keluar. Sedangkan untuk karakteristik kura-kura Brazil ini akan lebih sering membuang kotorannya di dalam air. Sehingga dalam waktu kurang lebih dua hari sekali Anda harus membersihkannya. Perlu Anda ketahui bahwa kura-kura ini tidak bisa tinggal ditempat yang kotor.

Dengan demikian apabila Anda tidak menjaga kebersihannya kemungkinan akan mudah terserang kuman. Tentu saja hal ini akan mudah menimbulkan penyakit yang akan berakibat buruk.

Usia / Umur

Untuk usia kura-kura Brazil ini memiliki usia hingga dua puluh tahun. Akan tetapi tentu saja apabila Kita mengetahui mengenai karakteristik dalam pola pemeliharaannya.

Hal ini karena memelihara kura-kura ini bisa dikatakan sesuatu yang susah susah gampang. Bisa dikatakan susah apabila Kita tidak mengetahui mengenai karakteristiknya yang termasuk hewan suka kebersihan dan tidak menyukai tempat lembab.

Namun gampang apabila Kita mengetahui mengenai cara pembangunan kolam atau pun aquarium yang harus senantiasa tersedia air bersih pada saat kura-kura berenang.

Ukuran Kura Kura Brazil

Apabila mencapai usia dewasa maka kura-kura Brazil ini akan mencapai panjang hingga tiga puluh centimeter. Namun ukuran ini tentu saja memiliki jenis panjang yang berbeda-beda apabila sesuai dengan jenisnya.

Dengan demikian Anda bisa memilih jenis kura-kura sesuai dengan keinginan. Hal ini karena jenis yang berbeda memiliki corak dan ukuran yang berbeda pula.

Harga Kura Kura Brazil

Untuk harga anakan kura Kura ini bisa mencapai hingga seratus ribu rupiah. Dengan demikian apabila Anda membelinya bisa menggunakan cara online atau pun mendatangi langsung para penjualnya. Proses pembeliannya bisa dilakukan dengan membeli aquarium yang dibutuhkan.

Makanan

Kura Kura Brazil ini bisa dikatakan memiliki jenis pemakan segalanya. Sehingga proses memberikan makanan hendaknya diberikan dengan memberikan variasi. Beberapa jenis makanan yang bisa diberikan kepada kura Kura Brazil antara lain yaitu sawi, wortel, pellet, tomat, pisang, pepaya, serangga, cacing, ikan, daging ayam dan masih banyak lainnya.

Makanan Kura Kura Brazil Kecil Baby

Untuk jenis makanan kura Kura Brazil yang masih kecil dengan memberikan dengan lebih lunak. Misalnya saja dengan memblendernya. Tujuannya agar bisa ditelan dan juga mudah dikonsumsi.

Kandang

Apabila ingin memberikan kandang dari kura Kura Brazil ini memang harus dilakukan dengan dua cara dengan memberikan kolam luar atau pun aquarium. Semuanya tentu saja disesuaikan dengan kondisi tempat dan juga kemampuan Anda.

Tempat kandang kura kura air

Cara Merawat / Memelihara Bagi Pemula

Dalam proses perawatan hendaknya dilakukan dengan mengetahui karakteristik dari kura Kura itu sendiri. Kura Kura ini tidak menyukai tempat yang kotor namun lebih suka membuang kotorannya dalam kolam air yang disediakan untuknya.

Sehingga Anda harus mengganti air tersebut agar tetap dalam kondisi bersih. Sehingga akan memudahkan untuk menghindari kemungkinan adanya kuman yang tumbuh akibat kotoran yang masuk ke dalam air. Hal ini karena kura Kura lebih mudah terserang penyakit.

Membedakan Jantan dan Betina

Dalam membedakan antara jantan dan betina memang bisa dilihat dari beberapa ciri fisiknya. Misalnya saja pada bagian cangkangnya yang lebih cekung ke dalam untuk jenis kura Kura jantan, jenis kukunya, jenis kelamin jantan yang lebih menonjol ekor dari kura Kura dan bagian cangkang luarnya.

Cara Ternak

Dalam proses budidaya kura Kura ini memang membutuhkan ilmu pengetahuan. Salah satu informasi yang dapat diketahui dengan memberikan satu ruangan misalnya saja dalam satu toples. Untuk satu jantan dibutuhkan dua betina. Langkah selanjutnya Anda bisa menunggu untuk kura Kura ini saling berinteraksi.

Budidaya kura kura

Pada saat membudidayakan memang membutuhkan pengalaman. Namun untuk pemula tentu saja harus mengetahui mengenai jenis indukan yang ingin dibudidayakan.

Jenis indukan yang berkualitas memiliki ciri-ciri antara lain yaitu memiliki umur hingga dua tahun, besaran sebesar piring, kondisi tempurung yang bersih, gerakan aktif, gemuk dan besar serta masih banyak lainnya.

Dengan mengetahui mengenai informasi yang telah disampaikan. Diharapkan dalam proses budidaya dan pemeliharaan bisa dilakukan dengan benar. Sehingga kura Kura akan sehat dan jauh dari penyakit. Anda juga bisa membudidayakan hingga kura Kura Brazil memiliki banyak sekali anak-anak.

Bahkan akan lebih baik apabila Anda juga akan bisa untuk menjualnya sebagai langkah sebagai pengusaha. Tentu saja hal ini dilakukan demi mendapatkan keuntungan dari hasil budidayanya

Baca Juga Mengenai : Kura Kura CST Common Snapping Turtle

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download