BlogLifestyleHobiKura-Kura MSE
0
0

Kura-Kura MSE

Dipublikasikan oleh Harsanto Maulana Ibrahim dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari

Apr 10, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Hewan merupakan salah satu makhluk hidup yang wajib untuk kita Lindungi. Terdapat beraneka ragam jenisnya. Hewan juga bisa kamu jadikan teman dengan cara memeliharanya. Kamu dapat menemukan beberapa hewan peliharaan yang mengemaskan dan juga unik, bahkan kamu bisa memeliharanya dilahan yang sempit dan yang terpenting aman dan tidak membahayakan keselamatan.

Ada beberapa hewan peliharaan yang cocok untuk dipelihara, hewan yang lucu mampu mengubah perasaan dan juga pikiran seseorang dan juga dapat mengurangi stres. Dengan memelihara hewan peliharaan maka dapat membuat kesenangan khusus.

Dan jika kamu menyukai hewan reptil maka kamu bisa memelihara salah satu hewan yang sangat lucu yaitu memelihara kura kura air. Kura-kura ada beberapa jenis, bahkan ada jenis kura-kura jinak yang dapat kamu jadikan teman di rumah.

Bukan hanya itu kura-kura memiliki cangkang yang bercorak unik sehingga bisa dijadikan dekorasi yang cantik. Kura-kura merupakan hewan yang aman untuk dipelihara. Dan untuk memeliharanya pun tidak repot kamu hanya perlu untuk menyediakan makanan dan kandang. Untuk ulasan kali ini kita akan mengulas mengenai Kura Kura MSE.

Ciri Ciri dan Bentuk

Kura-Kura MSE adalah kura-kura pemakan siput dan biasanya sering disebut dengan kura-kura MSE yaitu Kura-kura Malayan Snail Eater. Ini merupakan kura-kura yang unik karena dapat kita lihat dari bentuknya bahwa Malayan Snail Ester ini cukup uni dan tidak terlalu mencolok.

Memiliki karapas yang berwarna coklat dan dihias dengan garis-garis kuning di bagian tepinya. Saat dilihat dari jauh karapasnya memiliki bentuk seperti Kubah. Kura-kura ini berwarna hitam pada bagian kepalanya dan terdapat motif garis-garis terang yang menambah kesan lucu.

Kura Kura MSE ( Melayan Snail Eater )

Kura Kura Malayan Snail Eater ini memiliki bagian rahang yang kuat yang mendukung kebiasaannya untuk memakan siput. Kura kura ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan mampu untuk tumbuh hingga mencapai panjang 20-30 cm.

Kura-kura Malayan pemakan siput merupakan spesies kura-kura Thailand dan paling sering digunakan dalam prestasi rilis. Yaitu dimana biasanya kura-kura dan hewan lain dilepaskan ke alam untuk dapat menyeimbangkan ekosistem alam dan juga dapat mengontrol siput yang merupakan hama di lahan pertanian. Kura-kura yang dirilis lainnya merupakan kura-kura yang terserang penyakit yang biasanya berada di penangkaran.

Karakteristik Dan Habitat

Kura-kura MSE ini sering ditemukan di sungai yang beraliran lambat dan memiliki dasar berlumpur dan banyak terdapat vegetasi air. Contohnya seperti Sawah, Rawa-rawa, rawa, dan juga saluran irigasi dan beberapa sungai Di Asia Tenggara. Kura-kura Malayan yang merupakan pemakan siput ini ditemukan di sungai Mekong basin yaitu Kamboja, Laos, Selatan Vietnam, dan juga di Timur laut Thailand. Dan diperkenalkan di Jawa, Indonesia.

Dari Karakteristiknya kepala dan corak garis menunjukkan bahwa kura-kura Malayan Snail Eater pemakan siput di Jawa adalah kura-kura yang berasal dari campur tangan manusia terutama dari Sungai Mekong Basin. Selain itu kura-kura Mse juga memiliki karakteristik adalah penjelajah. Kura kura ini termasuk kura-kura air dan tidak jarang juga sering menghabiskan waktunya untuk berjemur di bawah terik sinar matahari pagi.

Usia dan Ukuran

Kura-kura Malayan Snail Eater memiliki ukuran yang bisa mencapai 20 cm dan kura kura ini dapat mencapai usia 14 tahun. Kura-kura ini adalah Reptil karnivora dan dinamai Malayan snail Eater karena memiliki kecederungan memakan siput kecil. Tidak hanya siput namun juga memakan cacing tanah, Krustasea, Serangga air, dan juga ikan kecil.

Harga Kura-kura MSE

Untuk Harga kura-kura Malayan Snail Eater Bervariasi sesuai dengan ukurannya. Mulai dari harga Rp. 100.000 hingga jutaan. Kamu dapat mencarinya di kawasan persawahan atau langsung ke toko hewan peliharaan sehingga lebih mudah untuk menemukan sesuai dengan yang diinginkan. Dan untuk harga MSE sangat variatif dan juga tergantung dengan asal usulnya. Jika kura-kura MSE merupakan hasil peternakan maka akan dibanderol dari harga 100.000 dan untuk kura-kura MSE yang dihasilkan dari tangkapan maka dapat dihargai mulai dari Rp. 30.000 hingga Rp. 50.000. Walaupun harganya lebih murah namun akan lebih sulit saat dipelihara.

Cara Merawat Dan Memelihara Kura-kura MSE

Kura-kura Malayan Snail Eater adalah kura-kura yang dapat dijumpai disawah dan merupakan salah satu kura-kura khas Kawasan Malaya yang meliputi wilayah Indonesia, Brunei Darussalam dan juga Malaysia. Dan berikut ini adalah cara merawat dan memelihara kura-kura MSE dengan tepat dan benar.

• Memiliki kandang yang tepat karena kura-kura MSE tergolong sebagai kura-kura semi aquatic sehingga mampu untuk bertahan hidup dengan baik dilingkungan perairan atau daratan. Kamu bisa memeliharanya dikolam atau akuarium dan diisi dengan aksesoris yang berupa tumbuh-tumbuhan dan juga batu-batuan untuk dijadikan sebagai tempat persembunyian kura-kura.

Kandang Kura Kura Air

• Menaruhnya dilingkungan yang tenang karena kura-kura ini merupakan kura-kura yang paling mudah stres dan memiliki sifat pemalu. Sehingga penting untuk anda membuatnya merasa benar-benar nyaman agar tidak mudah mati. Maka sangat disarankan untuk meletakkannya di sudut rumah dan di tempat yang paling tenang.

• Rendam kura-kura di air Hangat untuk menjaga kesehatan jasmani dan juga rohani kura-kura MSE. Atau Rutin untuk merendamnya di dalam air hangat setiap 2 atau 3 hari sekali.

• Menjaga kebersihan Kura-kura dan Kandangnya adalah hal yang sangat penting diperhatikan. Karena kebersihan dapat menjadi poin utama untuk memelihara kura-kura MSE agar tetap terlihat sehat dan tidak mudah sakit. Kamu harus membersihkannya setiap 3 atau 5 hari sekali.

• Menjemur di bawah sinar matahari untuk dapat merangsang pembentukan Vitamin D di dalam tubuh kura-kura sehingga dapat menjadi lebih kuat. Kamu dapat menjemurnya selama 20 hingga 30 menit saja setiap jam 9.

Cara Membedakan Jantan Dan Betina

Untuk membedakan antara kura-kura betina dengan jantan maka kamu dapat memeriksanya di bagian Cangkang Kura-kura. Ada perbedaan antara cangkang betina dan Cangkang jantan. Untuk cangkang betina maka lebih panjang jika dibandingkan dengan cangkang kura-kura jantan.

Selain itu kamu juga dapat memeriksa Plastron kura-kura yaitu yang terdapat pada bagian bawah perut. Untuk plastron kura-kura jantan maka akan berbentuk cekung ke dalam, Sedangkan plastron betina maka memiliki bentuk yang rata. Kamu juga dapat memastikannya dari bagian ekor kura-kura.

Cara Ternak Kura Kura MSE

Langkah pertama adalah memastikan bahwa kamu memiliki kura-kura yang jantan dan betina. Dan kamu juga perlu untuk memastikan kura-kura sudah matang untuk seksual. Jangan lupa cara ternak yang tepat adalah memberikan makan kura-kura dengan baik.

Dan ini akhir ulasan mengenai Kura-kura MSE yang wajib untuk kamu ketahui sebelum kamu memilihnya untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan. Mulai dari bentuk dan ciri-cirinya, karakteristiknya, Cara merawatnya dengan benar agar tidak mudah mati dan beberapa poin penting lainnya.

Baca Juga Mengenai : Kura Kura Pipi Putih

Jika kamu ingin memelihara hewan peliharaan maka harus benar-benar dengan pertimbangan yang tepat, agar hewan peliharaan kita dapat hidup dengan layak dan tidak tersiksa.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk para sahabat baca.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download