BlogLifestyleEdukasiBacaan La Haula Wala Quwwata Illa Billah dan Artinya
0
0

Bacaan La Haula Wala Quwwata Illa Billah dan Artinya

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Okt 5, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

La haula wala quwwata illa billah atau biasa disebut sebagai kalimat hauqolah merupakan salah satu doa yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari-hari. Doa ini merupakan penggalan dari doa keluar rumah yang sudah diajarkan kepada kita sejak masa anak-anak. Tak hanya digunakan sebagai doa keluar rumah saja, kalimat ini juga bisa digunakan untuk tujuan lainnya.

Seperti ketika Pins akan hendak keluar dari Rumah Ekslusif seperti Griya Cinere bisa membaca bacaan tersebut. Lewat aplikasi Pinhome diketahui pula informasi harga rumah bekas di Kota Bogor ataupun perumahan baru di Kabupaten Bekasi. Yuk biasakan diri untuk membaca bacaan ini saat keluar rumah setiap harinya!

La Haula Wala Quwwata Illa Billah atau Bacaan Hauqolah

Bacaan Doa Tahlil Lengkap dengan Artinya
Source : telisik

Kalimat hauqolah adalah salah satu kalimat thayyibah yang disukai oleh Nabi Ibrahim alaihissalam. Bahkan, beliau menyebut kalimat ini sebagai taman surga.

Selain sering dilafalkan pada doa harian Islam, bacaan lahaula wala quwata illa billahil aliyil adzim Arab juga sering dijadikan kaligrafi dan dipajang pada tempat tertentu, baik pada rumah-rumah, masjid, atau tempat lainnya.

Sebagian orang menganggap bahwa bacaan dzikir hauqolah ini sering dibaca selepas adzan sebelum sholat atau sering disebut juga sebagai puji-pujian kepada Allah SWT sambil menunggu imam datang. Ada juga yang mengamalkan membaca dzikir hauqolah ini sebanyak 300 kali sehari, 1000 kali sehari, atau dalam jumlah lain sesuai anjuran dari guru thoriqoh.

Keutamaan La Haula Wala Quwwata Illa Billah

Source : Pexels

Kalimat hauqolah dilengkapi dengan bacaan “bismillahi tawakkaltu alallohi“. Bacaan lengkapnya yaitu, “bismillahi tawakkaltu alallohi la haula walaa quwwata illa billahil aliyil adzim“. Maknanya bahwa manusia adalah makhluk yang lemah dan tidak ada kekuatan selain karena pemberian dari Allah SWT yang maha kuasa. Lalu apa saja keutamaannya? cek selengkapnya disini!

1. Balasan di Surga

Menurut HR Bukhari menyatakan bahwa bacaan ini merupakan salah satu pusaka surga. Berikut hadist yang menyebutkan lafadz ini sebagai simpanan pahala di surga.

يَا عَبْدَ اللَّهِ بْنَ قَيْسٍ قُلْ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ . فَإِنَّهَا كَنْزٌ مِنْ كُنُوزِ الْجَنَّةِ

Artinya: “Wahai ‘Abdullah bin Qois, katakanlah ‘laa hawla wa laa quwwata illa billah’, karena ia merupakan simpanan pahala berharga di surga.” (HR Bukhari)

2. Jauh dari Kefakiran

Keutamaan melafalkan hauqolah adalah mampu menjauhkan diri dari kefakiran. Hal ini diungkapkan dalam hadist Abu Dawud, Tirmidzi dan Ibunu Majah.

“Barang siapa mengucapkan, ‘Laa haula wa laa quwwata illa billah,’ sebanyak 100 kali dalam sehari, maka ia tidak akan ditimpa kefakiran selamanya.

3. Respon Saat Muadzin Mengumandangkan Adzan

Ketika muadzin berseru “Hayya ‘ala As-Salah” dan “Hayya ‘ala Al-Falah”, kamu bisa mengucapkan hauqolah. Hal ini seperti merujuk hadist dari Abu Said Al-Khudri dan Umar bin Khattab.

4. Obat 99 Penyakit

Banyak mengucapkan lafadz hauqolah mampu menyembuhkan penyakit yang diderita. Hal ini berdasarkan riwayat dari al-Uqaili melalui Jabir RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda,

“Perbanyaklah membaca la haula wala quwwata illa billah, karena sesungguhnya bacaan ini merupakan obat untuk 99 penyakit. Penyakit paling ringan adalah kebimbangan.”

5. Melindungi dari Godaan Setan

Jika keluar rumah membaca bacaan ini maka setan bisa menjauh dari kita. Bahkan bisa sampai jatuh tersungkur dan melindungi kita dari godaannya yang merujuk pada keburukan. Oleh karena itu biasakan diri untuk berucap bacaan ini saat hendak keluar rumah.

Baca juga: Tulisan Arab Astaghfirullahaladzim

Tulisan Laa Hawla Walaa Quwwata Illa Billah

la haula wala quwwata illa billah
Source : Pinterest

Kalimat la haula wala quwwata illa billah biasa juga disebut dengan versi panjang yang berbunyi la haula walakuata illa billahil aliyil adzim. Berikut tulisan Arab lahaula wala quwata illa billahil aliyil adzim artinya:

لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Sedangkan untuk tulisan Arab gundul la haula wala quwwata illa billah adalah sebagai berikut:

لا حول ولا قوّة الّا بالله العليّ العظيم

Artinya: “Tidak ada daya untuk melakukan ibadah dan tidak ada kekuatan untuk menjauhi maksiat selain karena pertolongan Allah yang Maha Tinggi dan Maha Agung”.

Sementara dalam bahasa Jawa, lahaula wala quwata illa billahil aliyil adzim artinya, “ora ono daya kekuatan ngelakoni ibadah lan ora ono daya sumingkir saking maksiat anging kelawan pitulunge Gusti Allah kang Maha Luhur tur kang Maha Agung”.

Sedangkan terjemahan umum per kata, biasanya diterjemahkan dalam bahasa “tidak ada daya dan tidak ada upaya selain karena Allah yang Maha Tinggi dan Maha Agung” atau diterjemahkan per katanya adalah sebagai berikut:

  • Laa artinya tidak.
  • Haula diartikan daya.
  • Wa artinya dan.
  • Laa artinya tidak.
  • Quwwata artinya kekuatan.
  • Illa artinya kecuali.
  • Billahi artinya karena Allah.
  • Al aliyyi artinya Yang Maha Tinggi.
  • Al adzim artinya Yang Maha Agung.

Baca juga: Tulisan Arab Kullu Nafsin Dzaiqotul Maut

Bismillahi Tawakkaltu Alallah La Haula Wala Quwwata Illa Billah

la haula wala quwwata illa billah
Source : iStock

Bacaan doa keluar rumah bismillahi tawakkaltu alallah la haula walaquwata illabillah memiliki manfaat bisa membuat syaithan menyingkir dari orang yang membacanya. Jika setan menyingkir, insya Allah apa yang kita kerjakan setelah keluar rumah, bisa dilindungi oleh Allah SWT. Berikut ini bacaan bismillahi tawakaltu alallah la haula wala quwwata illa billah:

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

Sedangkan dalam tulisan Arab gundul tanpa harakat atau syakal dituliskan sebagai berikut:

بسم الله توكلت على الله لا حول ولا قوّة الّا بالله العليّ العظيم

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, aku berserah diri kepada Allah, tidak ada daya dan upaya selain dengan pertolongan Allah.”

Adapun keutamaan membaca doa keluar rumah disebutkan di dalam hadits yang diriwayatkan dari sahabat Anas bin Malik, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَيْتِهِ فَقَالَ بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ قَالَ « يُقَالُ حِينَئِذٍ هُدِيتَ وَكُفِيتَ وَوُقِيتَ فَتَتَنَحَّى لَهُ الشَّيَاطِينُ فَيَقُولُ لَهُ شَيْطَانٌ آخَرُ كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِىَ وَكُفِىَ وَوُقِىَ

“Jika seseorang keluar dari rumahnya, lalu dia mengucapkan “Bismillahi tawakkaltu ‘alallah, laa hawla wa laa quwwata illa billah”, maka dikatakan ketika itu: “Engkau akan diberi petunjuk, dicukupkan dan dijaga”. Para setan pun akan menyingkir darinya. Setan yang lain akan mengatakan: “Bagaimana mungkin engkau bisa mengganggu seseorang yang telah mendapatkan petunjuk, kecukupan dan penjagaan.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi).

Jika Pins ingin dimudahkan urusannya, dijaga oleh Allah dari setan dan kesusahan, serta dicukupkan apa yang menjadi kebutuhanmu maka hendaknya kita membaca doa ini sebelum keluar dari rumah.

Baca juga: Doa Kelancaran berbicara

Kandungan Makna Kalimat Hauqolah

Kumpulan Bacaan Dzikir Setelah Sholat Lengkap
Source : inews.com

Inti dari kalimat hauqalah adalah pengakuan dari kita sendiri, bahwa kita ini sama sekali tidak punya kekuatan. Artinya, semua kekuatan yang kita miliki tak lain dikarenakan Allah Subhanahu Wata’ala.

Jika kita bisa melakukan ibadah, kekuatan yang kita pakai untuk ibadah itu adalah kekuatan hasil pemberian Allah SWT, sama sekali bukan dari kita, sehingga kita pun tidak merasa jumawa dan takabbur.

Demikian halnya saat kita bisa menjauhi maksiat, kekuatan untuk menjauhi maksiat itu juga adalah pertolongan Allah SWT. Pasalnya, kita sebagai manusia hanya makhluk yang lemah, yang menggerakkan tubuh kita adalah Allah, tanpa Allah, kita tidak bisa apa-apa.

Jika kita renungkan arti lahaula wala quwata illa billahil aliyil adzim, maka kita tentu tidak akan pernah sombong dengan apa yang kita lakukan. Ini semua karena kita menyadari bahwa semua yang kita miliki saat ini adalah pemberian Allah SWT.

Baca juga: Bacaan Adzan, Iqomah dan Doanya

Fadhilah Dzikir Lahaula Wala Quwata Illa Billah

la haula wala quwwata illa billah
Source : pentingpedia

Kalimah hauqolah singkat ini ternyata punya khasiat luar biasa. Fadhilah dzikir hauqolah ini disampaikan langsung oleh Rasulullah SAW kepada sahabat Abdullah bin Qois dalam hadis riwayat Imam Bukhari No 7386 berikut:

يَا عَبْدَ اللَّهِ بْنَ قَيْسٍ قُلْ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ . فَإِنَّهَا كَنْزٌ مِنْ كُنُوزِ الْجَنَّةِ

Wahai ‘Abdullah bin Qois, katakanlah ‘laa hawla wa laa quwwata illa billah’, karena ia merupakan salah satu simpanan pahala berharga dari simpanan-simpanan pahala di surga

Demikianlah pembahasan tentang bacaan dzikir la haula wala quwwata illa billah, lengkap dengan fadhilah dan makna di dalamnya. Setelah mengetahui keutamaan doa ini, hendaknya Pins mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat!

Feature Image Source: Pxhere


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Dewe Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download