BlogLifestyleHobiCara Latihan Passing Bola Voli yang Baik dan Benar
0
0

Cara Latihan Passing Bola Voli yang Baik dan Benar

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Apr 6, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Salah satu cabang olahraga yang sudah masuk dalam kurikulum sekolah dan terkenal dengan menggunakan handball adalah permainan bola voli. Permainan ini kerap diajarkan guru olahraga kepada Pins dengan mengajari terlebih dahulu teknik-teknik dasar bermain bola voli.

Teknik dasar bola voli meliputi smash, blocking, service, dan passing. Dari keempat teknik dasar yang harus dikuasai oleh pemain bola voli, passing merupakan salah satu aspek paling penting. Lalu bagaimana latihan passing harus dilakukan? Yuk, simak informasinya di bawah ini:

Baca juga: Teknik Dasar Bola Voli

Pengertian Passing

Latihan Passing Bola Voli
Source : Intisari Online

Passing adalah salah satu teknik yang harus dikuasai pemain bola voli. Jika Pins melakukan passing dengan benar, maka passing ini akan memberikan kontribusi kepada tim. Tapi apabila passing ini dilakukan dengan cara yang salah, maka akan membuat tangan Pins sakit.

Terdapat dua jenis passing, yaitu passing bawah dan atas. Passing bawah dan passing atas biasanya digunakan untuk menyerang musuh. Cara melakukan teknik ini memang tidak mudah dan butuh latihan yang rutin.

Untuk mempermudah mempelajari teknik passing, maka yang harus dilakukan oleh seorang pemain bola voli khususnya pemula adalah dengan mengikuti langkah-langkah cara melatih teknik passing dengan benar.

Baca juga:

Latihan Passing Bawah Bola Voli

Latihan Passing Bola Voli
Source : Detik

Ketika belajar teknik passing, kebanyakan pemain pemula merasa kesulitan dalam menguasainya, apalagi teknik passing bawah. Passing bawah adalah salah satu teknik yang sulit dipelajari daripada teknik passing atas.

Cara Melakukan Passing Bawah

Untuk melakukan passing bawah ada tahapan yang harus Pins perhatikan. Berikut ini adal cara melakukan passing bawah:

  • Pertama-tama, bukalah kaki selebar bahu untuk melakukan persiapan, kedua lutut direndahkan, ujung kaki depan dijadikan berat tumpu badan, dan tangan diluruskan dan dirapatkan ke depan.
  • Perhatikan bola yang datang dan perhitungkan posisi bola kemana ia akan mengenai tangan Pins. Usahakan mengenai pergelangan tangan yang ada di bawah telapak tangan.
  • Setelah datang ayunkan tangan ke atas dengan bagian lutut terangkat, untuk memantulkan bola kerahkan tenaga yang Pins miliki.

Teknik ini akan terasa susah dilakukan bagi pemain bola yang baru. Teknik ini akan sering gagal diterima oleh pemain tersebut, karena bola tidak menyentuh pergelangan tangan  dan menyentuh bagian tangan yang lain sehingga terasa sakit.

Passing Bawah Dua Tangan

Source : Kumparan

Agar mempermudah Pins dalam mempelajari teknik passing, maka katakanlah bahwa belajar teknik passing bawah dan atas tidaklah susah. Akan tetapi, hal pertama yang harus Pins lakukan adalah dengan memperbanyak latihan.

Apalagi teknik passing bawah butuh latihan rutin untuk benar-benar mahir dan jago dalam melakukannya.

Ketika Pins terbiasa dengan latihan passing bawah, maka kesalahan yang dilakukan saat passing bawah akan semakin sedikit.

Baca juga: Sejarah dan Perkembangan Bola Basket di Dunia

Latihan Passing Atas Bola Voli

Passing atas bisa langsung dengan mudah mengarahkan atau melempar bola kepada lawan, akan tetapi dengan passing bawah justru lebih susah. Ada beberapa hal yang ini perhatikan untuk mempelajari teknik ini.

Cara Melakukan Passing Atas

Latihan Passing Bola Voli
Source : Kumparan

Terdapat perbedaan cara dalam melakukan passing atas dibandingkan dengan passing bawah. Berikut ini adalah cara yang harus Pins lakukan:

  • Pertama yang harus Pinslakukan adalah membuka kedua kaki selebar bahu, lalu rendahkan kedua lutut sehingga pada kaki bagian depan ujung enjadi tumpuan berat badan.
  • Telapak tangan diarahkan menuju ke arah datangnya bola sampai berbentuk seperti mangkok dan lengan dalam posisi ditekuk di depan atas wajah.
  • Pastikan bola yang datang dari arah musuh bisa sampai mengenai kedua telapak tangan sehingga bola yang disentuh bisa didorong dengan kuat sampai bola terbang melewati ring area lawan.
  • Bola yang di dorong ke area lawan menggunakan telapak tangan, yang mana saat bola didorong badan condong mengikuti arah lemparan bola dan tumit terangkat.

Nah, itulah dia teknik melakukan passing bawah dan passing atas. Mudah-mudahan artikel diatas bisa membantu Pins dalam latihan dan bisa membantu dalam mencari informasi yang Pins inginkan.

Baca juga: Permainan Bola Voli Mini


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Feature image source: Berita DIY-Pikiran Rakyat

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download