BlogLifestyleHobi10 Fakta dan 5 Makna Menarik dari Lily of The Valley
0
0

10 Fakta dan 5 Makna Menarik dari Lily of The Valley

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Jul 23, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Bunga merupakan sesuatu yang sering digunakan sebagai kado untuk pasangan, keluarga atau sahabat terdekat. Orang-orang sering memberikan bunga karena dianggap setiap bunga memiliki arti dan makna yang unik. Salah satunya adalah bunga Lily yang sering disebut Lily of The Valley.

Kecantikan bunga ini sangat cocok menghiasi rumah di Jagakarsa seperti Vasa Jagakarsa. Pins bisa mendapatkan rumah tersebut lewat Program KPR Bank. Yuk cari tahu lebih dalam terkait fakta menarik tentang bunga ini!

10 Fakta Lily of The Valley

Tidak hanya cantik, bunga lily of The Valley ternyata memiliki berbagai fakta menarik yang jarang diketahui. Beberapa diantaranya : 

1. Lily of The Valley sebagai Air Mata Hawa

Source : Pexels

Sebuah legenda mengatakan jika lili merupakan bunga yang muncul dari mata Hawa ketika diasingkan dari Taman Eden. Arti of The Valley sendiri adalah lembah yang menggambarkan bunga ini berasal dari Lembah.

2. Sering Digunakan Pengantin di Kerajaan Inggris

Jenis bunga ini menjadi bunga favorit di kalangan kerajaan Inggris. Terutama pada saat hari perayaan tertentu, seperti penobatan, atau pernikahan. Lily of The Valley pernah digunakan Ratu Victoria, Putri Astrid, Grace Kelly, dan Kate Middleton sebagai bucket pada hari pernikahannya.

Baca juga: 16 Jenis Tanaman Umbi-Umbian yang Mudah Ditanam

3. Dipercaya Membawa Keberuntungan

bunga Lily of The Valley
Source : Unsplash

Percaya tidak percaya, Lily of The Valley dianggap membawa keberuntungan dalam hal percintaan. Inilah yang menjadi alasan Lily of The Valley sering digunakan sebagai buket pernikahan, terutama di kalangan kerajaan Inggris.

4. Dapat Hidup di Musim Dingin Selama Beberapa Dekade

Salah satu keunikan bunga lili dibanding bunga lain adalah kemampuannya untuk dapat hidup selama beberapa dekade pada iklim dingin. Kebalikannya, bunga ini tidak dapat bertahan pada cuaca panas.

5. Pernah Menjadi Bunga Nasional Finlandia

Source : Pixabay

Siapa sangka bunga cantik ini pernah menjadi bunga Nasional di negara Finlandia. Bahkan pada setiap 1 Mei warga Finlandia memperingatinya sebagai Hari Lily of The Valley.

6. Dibudidayakan Secara Turun Temurun

Selain bunganya yang cantik dan sering digunakan pada kegiatan tertentu, daun Lily of The Valley ternyata juga punya manfaat tersendiri. Oleh karena itu daun Lily of The Valley pernah dibudidayakan secara turun temurun untuk menghasilkan pigmen warna hijau.

Baca juga: Kenali 15 Jenis Tanaman Philodendron yang Harus Diketahui

7. Bahan Baku Pembuatan Parfum dan Kosmetik

Source : Pixabay

Tak banyak yang tahu jika tanaman ini juga digunakan sebagai bahan dasar pembuatan parfum dan kosmetik. Bunga Lily of The Valley mengandung antioksidan tinggi yang dapat meregenerasi kulit dengan cepat. Di beberapa negara Eropa, parfum dan kosmetik berbahan dasar Lily of The Valley bisa ditemukan dengan mudah.

8. Bukan Termasuk Bunga Bakung

Lily of The Valley memang sekilas memiliki bentuk menyerupai bunga bakung, namun sebenarnya keduanya adalah bunga yang berbeda. Secara ilmiah Lily of The Valley masuk dalam keluarga Asparagaceae (asparagus).

9. Mengandung Racun

Siapapun pasti akan merasa gemas dengan keindahan bunga ini. Namun perlu diketahui jika ia mengandung racun yang dapat menyebabkan sakit perut, penglihatan kabur dan bahkan mengantuk. Pada hewan, mengkonsumsi bunganya dalam jumlah sedikit dapat menyebabkan gagal ginjal akut atau kematian.

Baca juga: Mengenal si Cantik Tanaman Lili Paris yang Bertengger di Taman Rumah

10. Memiliki Khasiat Sebagai Obat

Source : Pixabay

Selain dapat menyebabkan racun, jika pengolahannya tepat, lili dapat bermanfaat sebagai obat. Gangguan jantung, amandel, infeksi saluran kemih, epilepsi, sakit mata, demam, hingga luka bakar adalah beberapa penyakit yang dapat disembuhkan oleh bunga Lily of the Valley.

5 Makna Menarik dari Lily of The Valley

Lily memiliki makna tersendiri bagi Ratu Elizabeth II, karena digunakan sebagai karangan bunga pada penobatannya sebagai Ratu Inggris. Namun selain itu, ada banyak fakta menarik bunga inil yang jarang diketahui, diantaranya : 

1. Melambangkan Kemurnian, dan Kesucian

Lily of The Valley dalam vas bunga
Source : Pexels

Pertama, lili memiliki makna kemurnian dan kesucian bagi setiap pemiliknya. Tak hanya keluarga kerajaan Inggris, masyarakat juga sering menggunakan bunganya pada acara sakral tertentu.

2. Melambangkan Keibuan

Bunga Lily memiliki makna keibuan karena menjadi simbol besar pada saat kelahiran, atau untuk awal siklus baru.

3. Memiliki Nilai Positif

Source : Pexels

Kerajaan Inggris percaya jika Lily of The Valley memiliki nilai positif bagi yang memilikinya. Bahkan, pada berbagai acara resmi kerajaan bunga ini tidak pernah absen.

4. Simbol Cinta

Lili juga dikenal sebagai simbol untuk rasa kasih sayang dan cinta, terutama di negara Prancis. Setiap tanggal 1 Mei Prancis memperingatinya sebagai La Fete du Muguet, serta banyak masyarakat disana yang memberikan bunga ini kepada orang tersayang .

5. Keberuntungan dan kebahagiaan

Source : Pexels

Masyarakat Prancis percaya jika bunganya melambangkan keberuntungan dan kebahagiaan. Oleh karena itu, sejak masa pemerintahan Charles IX Raja Perancis pada tahun 1561, lili digunakan sebagai simbol utama.

Lili atau dalam bahasa inggris disebut Lily adalah tumbuhan dari genus Convallaria. Bunga ini memiliki bentuk menyerupai lonceng. Bunga Lily besar umumnya memiliki tiga daun bunga dengan warna yang berbeda, mulai dari putih, kuning, jingga, merah muda, merah, ungu, bahkan warna hitam.

Kecantikan Lily of The Valley tidak hanya bisa dinikmati pada saat acara tertentu saja, namun juga bisa digunakan untuk hiasan dirumah. Selain cantik, aromanya juga dapat digunakan sebagai parfum alami. Jika ingin meletakkannya sebagai hiasan rumah, pastikan Pins sudah memiliki hunian yang nyaman bersama keluarga.

Feature Image Source: Unsplash


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Britania Green Resort dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download