Dipublikasikan oleh Eka Mandala dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan
Mei 2, 2023
9 menit membaca
Daftar Isi
Makalah Manajemen Pemasaran – Pendidikan adalah salah satu lembaga fundamental dalam sebuah bangsa atau negara. Oleh sebab itu lembaga pendidikan harus memiliki daya tarik tersendiri agar dapat mempengaruhi peserta didik untuk menimba ilmu. Dalam makalah manajemen pemasaran pendidikan ini akan dibahas bagaimana pendidikan dapat diterima di tengah masyarakat dunia digital.
Makalah manajemen pemasaran pendidikan ini sangat bermanfaat dalam menciptakan dan menyajikan pendidikan menjadi sesuatu yang menarik dan memiliki nilai pasar yang menjanjikan. Mau tidak mau pendidikan harus bertransformasi menjadi bisnis yang memiliki daya saing tinggi.
Berikut ini akan dibahas dalam bentuk makalah manajemen pemasaran pendidikan ini para pelaku da pelaksana lembaga pendidikan akan termotivasi untuk menggunakan strategi jitu dalam menciptakan pembelajaran yang menarik dan tentunya memenuhi kebutuhan masyarakat.
Download Makalah Manajemen Pemasaran File Doc:
https://drive.google.com/open?id=1bUl9T-59KTjs3x-Ao9MuhWcqjJR_GLCG
Pembahasan materi ini akan menjadi menarik jika dipaparkan dalam bentuk makalah selain lebih enak dibaca tetapi untuk menghindari tingkat kejenuhan dalam membaca sebuah karya ilmiah. Untuk pembahasan masalah ini berikut ditampilkan latar belakang masalah.
Untuk dapat menyajikan informasi dan pemahaman yang kompleks pada makalah ini pembahasan akan diulas dalam latar belakang masalah sebagai pembuka. Berikut ini adalah beberapa penjelasan masalah.
Manajemen memiliki fungsi tersendiri dalam sebuah lembaga atau administratif tertentu. Adapun fungsi tersebut adalah Organizing, Directing, Controlling dan Planning. Manajemen pemasaran akan sangat membantu dalam meningkatkan nilai pendidikan di masyarakat.
Perkembangan zaman dan berubahnya sistem tatanan kehidupan saat ini menjadikan pendidikan berubah menjadi ladang bisnis yang berfungsi dua aspek pertama sebagai mesin produksi sumber daya manusia dan yang kedua berfungsi sebagai bisnis aset yang sangat menjanjikan.
Hanya lembaga pendidikan yang memiliki manajemen yang baik yang akan dicari dan digandrungi oleh masyarakat dimasa yang akan datang. Kebutuhan masyarakat akan pendidikan menjadi sangat bervariasi dan semakin tinggi kualitasnya. Hal ini ini disebabkan kebutuhan pasar terhadap kualitas sumber daya manusia juga tinggi. Artinya pendidikan tidak saja sebagai kebutuhan memberantas buta huruf tetapi sebagai kebutuhan agar dapat bertahan hidup dimasa yang akan datang. Alasan ini lah pendidikan sangat membutuhkan manajemen pemasaran.
Baca juga: Contoh Makalah Manajemen
Berdasarkan masalah diatas maka dapat dijadikan pembahasan rumusan masalah dalam makalah manajemen pemasaran ini adalah sebagai berikut:
Baca juga: Makalah Kebugaran Jasmani
Salah satu manfaat karya ilmiah adalah untuk memberikan penjelasan khusus tentang sebuah teori atau permasalahan. Dalam makalah manajemen pemasaran pendidikan ini tujuannya adalah untuk mengetahui seberapa penting manajemen pemasaran untuk kebaikan pendidikan. Nah untuk ini berikut tujuan dan manfaat makalah ini adalah
Dari latar belakang masalah yang telah dijelaskan diatas maka materi pembahasan akan di jawab dengan teori secara spesifik. Hal ini untuk menjawab dan menjelaskan permasalahan dan solusi yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Adapun kajian pustaka yang dibahas dalam makalah ini adalah.
Secara umum manajemen adalah sebuah ilmu atau seni dalam mengatur dan pemberdayaan sumber daya manusia dan yang lain menjadi produktivitas yang bernilai dan berkualitas. Sedangkan pemasaran sendiri memiliki pengertian suatu strategi teknik atau cara tertentu untuk menjual atau memperkenalkan suatu barang atau produk tertentu kepada konsumen atau masyarakat tertentu. Jika dimaknai manajemen pemasaran pendidikan adalah sebuah upaya atau teknik mensosialisasikan atau menjual produk pendidikan kepada konsumen atau masyarakat sebagai objek pengguna pendidikan.
Dengan adanya manajemen pemasaran pendidikan menjadi mudah diakses dan dicari pasar atau masyarakat sebagai konsumen yang lebih banyak. Pengertian ini dapat diberikan contoh adalah teknik pengenalan dan sosialisasi sekolah atau lembaga pendidikan swasta agar lebih menarik dan disukai oleh masyarakat.
Kondisi ini ditunjukkan dengan adanya indikasinya banyaknya lembaga pendidikan swasta yang berlomba untuk menjual produk pendidikan yang berpotensi memiliki nilai jual dan diminati cukup tinggi. Itu mengapa kualitas pendidikan swasta menjadi meningkat dengan sendiri.
Manajemen pemasaran pendidikan ini sendiri sangat dibutuhkan dalam lembaga pendidikan swasta dewasa ini. Banyaknya persaingan membuat lembaga pendidikan swasta berlomba memberikan kemudahan dan produk pendidikan yang baru dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dimasa yang akan datang.
Secara langsung penjelasan diatas sebenar telah menjelaskan betapa bermanfaatnya manajemen pemasaran dalam dunia pendidikan. Namun agar dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam maka dapat diuraikan bahwa manajemen pemasaran memiliki manfaat dan fungsi dalam pendidikan sebagai berikut:
Dengan demikian manajemen pemasaran dapat menarik dan mendapatkan pelanggan maupun konsumen yang dapat membeli produk pendidikan tertentu atau bahasa sederhana agar tingginya minat calon siswa yang bersekolah di lembaga tersebut.
Manajemen pemasaran juga menjadi faktor mendorongnya peningkatan kualitas dan performa lembaga pendidikan untuk menciptakan produk pendidikan yang disukai diminati dan yang paling dibutuhkan oleh masyarakat. Dan yang terakhir manajemen pemasaran akan menjadikan sebuah lembaga pendidikan tertentu tetap seimbang, relevan dengan kebutuhan masyarakat yang terus mengalami perubahan.
Manajemen pemasaran dalam pendidikan pasti akan melakukan pengamatan dan analisis yang mendalam untuk mengetahui dan memahami pasar pendidikan agar dapat menciptakan produk pendidikan yang laku di pasaran atau di masyarakat langkah ini sering disebut dengan identifikasi pasar.
Berikutnya adalah melakukan positioning atau melakukan segmentasi pasar membuat klasifikasi kebutuhan pasar menjadi bagian-bagian tertentu hal ini berfungsi sebagai opsi yang bervariasi kepada pasar atau konsumen.
Untuk memberikan kesan yang beda manajemen pemasaran akan membuat penawaran khusus kepada para pelanggan dan konsumen atau dikenal dengan istilah diferensiasi produk. Tentu saja penawaran yang berbeda dan lebih menguntungkan secara matematis dan logis akan semakin diminati dan dipilih.
Dan strategi berikutnya adalah dengan melakukan publikasi dalam bentuk yang lebih besar dan potensial sehingga komunikasi pemasaran akan ditangkap dengan mudah oleh konsumen. Misalkan publikasi prestasi, kelebihan dan yang lainnya di media massa tertentu. Dan yang terakhir strategi pemasaran unik dalam pendidikan adalah mempromosikan lembaga pendidikan sebagai produk jasa yang menyediakan kebutuhan konsumen.
Selain strategi pemasaran ada berbagai cara untuk dapat meningkatkan citra dan nilai suatu lembaga pendidikan di masyarakat antara lain:
Dari penjelasan diatas harus dapat disadari bahwa pendidikan bukan kewajiban tetapi bisnis dan pasar yang diperjualbelikan produknya untuk kebutuhan hidup manusia dimasa yang akan datang. Oleh sebab itu tidak heran jika saat ini pemasaran lembaga pendidikan kini gencar seperti pemasaran produk komersial dalam dunia nyata saat ini.
Sampailah pembahasan makalah manajemen pemasaran ini kepada penutup dan kesimpulan. Pembahasan ini memang sangat menarik dimana saat ini pendidikan adalah sebuah produk yang siapa saja berhak membeli atau tidak kepada produk pendidikan tertentu. Hal ini sangat berbeda dengan saat dulu bahwa pendidikan adalah hal ynag diharuskan.
Manajemen pemasaran pendidikan adalah pola baru saat ini dalam dunia pendidikan. Sedangkan pengertian manajemen pemasaran pendidikan itu sendiri adalah sebuah ilmu, cara teknik atau strategi untuk memasarkan produk pendidikan kepada masyarakat atau produk pendidikan.
Banyak cara dan teknik pemasaran pendidikan dalam manajemen pemasaran, antara lain sebagai berikut .
Adapun saran penting dalam makalah ini yang ingin disampaikan adalah kepada lembaga pendidikan kiranya dapat memperhatikan produk pendidikan yang ditawarkan kepada masyarakat salah satunya tidak melupakan muatan karakter dalam setiap produk pendidikannya.
Itulah penjelasan dan pemaparan sederhana makalah manajemen pemasaran pendidikan. Harapannya makalah ini dapat dijadikan informasi yang bermanfaat dan berguna dalam meningkatkan kualitas produk dan lembaga pendidikan di Indonesia.
Baca juga:
Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.
Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.
© lifestyle.pinhome.id