Dipublikasikan oleh Eka Mandala dan Diperbarui oleh Febrina Putri
Apr 14, 2023
7 menit membaca
Daftar Isi
Makalah Strategi Pemasaran – Makalah strategi pemasaran adalah penjelasan singkat tentang strategi pemasaran suatu produk dalam sebuah perusahaan. Strategi pemasaran membutuhkan analisis dan ketelitian dalam melihat pasar dan menentukan aksi dalam melakukan produksi sebuah produk.
Untuk tahap awal dan sebagai dasar pengetahuan uraian dalam makalah strategi pemasaran ini dapat bermanfaat. makalah ini adalah pandangan umum terhadap teori strategi pemasaran. Untuk pembahasan yang lebih luas dan mendalam harus membutuhkan kebutuhan tertentu.
Makalah strategi pemasaran ini pada intinya adalah sebuah upaya dan persiapan sebuah perusahaan dalam menjalani operasi penjualan dan penjualan produk agar dapat dibeli dan diakses oleh para masyarakat maupun konsumen lainnya.
Download Makalah Strategi Pemasaran File Doc
Copy Link Makalah Strategi Pemasaran Bawah:
https://drive.google.com/open?id=1ug5w64NRqX3VZpRfzIzyVT7ApaUQWX5E
Buka Tab Baru dan Paste Link pada Jendela Browser.
Berikut ini akan dibahas tentang strategi pemasaran serta bagaimana menentukan strategi yang jitu dalam sebuah organisasi perusahaan. Untuk bisa memahami strategi tentu seseorang harus memahami medan atau lapangannya. Setidaknya untuk menentukan strategi pemasaran seseorang memahami target pasar dari berbagai sudut pandang.
Tahukah bahwa untuk bisa diketahui oleh para konsumen atau masyarakat banyak maka suatu produk atau pun layanan jasa harus di pasarkan dengan strategi tertentu. Hal ini dikenal dengan istilah strategi pemasaran. Teknik dan strategi pemasaran yang menjadikan hasil produksi dapat dijangkau dan dipasarkan.
Untuk memasarkan suatu produk juga harus menggunakan teknik marketing tertentu. Ilmu strategi pemasaran akan melakukan teknik khusus sesuai dengan produk yang akan dipasarkan. Persaingan dunia usaha saat ini membuat strategi pemasaran melakukan banyak inovasi agar menemukan teknik pemasaran yang jitu dalam memasarkan sebuah produk.
Bahkan bagi perusahaan-perusahaan besar rela menggunakan atau tokoh tertentu untuk dijadikan ambasador produknya seperti menggunakan artis ternama. Ilmu strategi pemasaran membuat produk siap dipasarkan kepada sasaran dan target yang pas.
Banyak hal yang menjadi perhatian dalam ilmu strategi untuk memasarkan produk. Mulai dari menganalisis dan menentukan pasarnya , menentukan dan mendesain kemasan produk, efisiensi harga dan sebagainya. Hal ini sangat menarik untuk dibahas karena kesuksesan sebuah produk dalam menembus pasar tergantung pada ketepatan strategi pemasaran.
Hal ini tidak dapat dipungkiri strategi pemasaran memiliki peran dan fungsi tertentu dalam memasarkan sebuah produk. Dan tentunya pasar yang akan dijadikan target pemasaran juga telah dilakukan pengamatan dan analisa kadar kemampuan atau daya resap atau daya beli produk tersebut.
Baca juga: Contoh Makalah Globalisasi
Inilah mengapa makalah ini menarik untuk dibahas. Karena strategi lahir karena adanya hasil pengamatan misalkan saja seberapa penting orang membeli deodorant, umur berapa masyarakat yang menggunakan deodorant, desain produk seperti apa yang disukai. Lalu pasti juga strategi pemasaran dapat mengukur kekuatan kompetitor, tawaran apa yang mungkin dapat menarik pasar, dan lain yang sebagaimana.
Baca Juga: Makalah Hak Dan Kewajiban Warga Negara
Berikut akan dijelaskan seputar teori definisi dan ruang lingkup penggunaan strategi pemasaran dalam aplikasinya. Tentunya hal ini membutuhkan pengetahuan dasar tentang apa itu strategi dan pemasaran serta penggunaanya.
Pemasaran dikenal pertama kali pada tahun 1960. Pada saat ini pemasaran dikenal sebagai sebuah teknik pelaksanaan dalam menentukan arah terhadap arus barang maupun agar bisa dibeli atau dipakai oleh konsumen. Namun dalam istilah Philip Kotler menyatakan bahwa pemasaran diartikan sebagai suatu kualitas saling membutuhkan antara produsen dan konsumen dengan cara membeli dan mempertahankan produk para kelompok maupun individu tertentu.
Ada beberapa hal yang penting dalam menentukan target pasar sebuah produk. Pasar yang dijadikan target tidak saja dinilai memiliki potensial dalam melahirkan pelanggan namun pemasaran harus dapat menjadi kan pelanggan puasa dengan keberadaan produk tersebut. Adapun ketiga hal penting itu adalah penempatan produk, segmentasi pasar dan penetapan pasar sasaran.
Dalam menentukan segmentasi pasar ada beberapa langkah yang harus diperhatikan yaitu mengembangkan profit dalam setiap segmen yang ada serta mengidentifikasi yang menjadi dasar segmentasi pasar.
Sedangkan untuk penempatan produk hal berikut ini juga harus dijadikan pedoman yaitu harus mampu merumuskan sasaran yang tepat untuk dijadikan penempatan produk dalam tiap segmen yang ditentukan atau yang dipilih. Dan mampu mengembangkan pemasaran dengan cara membaurkan tiap segmen yang terpilih menjadi sasaran target.Dan yang ketiga adalah untuk penetapan pasar sasaran yaitu harus dapat memilih segmen yang akan dimasuki dan harus menentukan teknik penilaian daya tarik segmen pasar yang telah ada.
Strategi pemasaran dengan kata lain adalah suatu upaya atau cara memasarkan suatu barang atau jasa atau produk dengan pola-pola dan teknik khusus yang telah disesuaikan dengan analisis pasar untuk mendapatkan penjualan yang lebih tinggi.
Dalam perusahaan strategi pemasaran sangat dibutuhkan untuk mencapai target penjualan tertentu. Untuk perusahaaan yang memproduksi barang atau produk tertentu. Dengan kata lain peran dan fungsi ilmu strategi pemasaran sangat dibutuhkan dalam perusahaan. Tentu saja nilai perekonomian perusahaan ditentukan dari tingkat tinggi da rendahnya penjualan produksi di lapangan atau di pasaran. Setidaknya ada 3 hal yang menjadi faktor penentu suatu nilai jasa dan barang yaitu komsumsi, pemasaran dan produksi.
Baca juga: Makalah Manajemen Sumber Daya Manusia
Dalam menemukan pasar yang tepat ada beberapa faktor yang harus diketahui pengaruhnya dalam strategi pemasaran yaitu faktor lingkungan mikro perusahaan, dan lingkungan makro. Yang termasuk dalam lingkungan mikro perusahaan adalah pemasok atau suplier, perantara pemasaran, pesaing, pelanggan, masyarakat umum maupun perusahaan itu sendiri.
Dan untuk lingkungan makro terdiri dari lingkungan demografis atau kependudukan, lingkungan ekonomi, lingkungan fisik, lingkungan sosial budaya, maupun teknologi. Dan untuk masing–masing yang dimaksud dengan lingkungan ini adalah sebagai berikut:
Baca juga: Contoh Makalah Bola Voli
Dengan demikian adapun fungsi umum strategi pemasaran adalah
Strategi pemasaran juga memiliki fungsi dan peranan dalam perusahaan antara lain:
Baca Juga: Makalah Perdagangan Internasional
Sampailah pembahasan makalah strategi pemasaran ini kepada penutup dan isi kesimpulan dan ringkasan singkat tentang strategi pemasaran dalam sebuah perusahaan. Adapun isi dari kesimpulan akhir ialah
Adapun kesimpulan yang dapat dijelaskan dan disampaikan dalam makalah ini adalah sebagai berikut bahwa strategi pemasaran adalah sebuah teknik yang melahirkan sebuah perilaku atau kebijakan berdasarkan pertimbangan situasi secara makro dan mikro sebuah perusahaan. Segala perilaku di luar perusahaan juga menjadi pertimbangan strategi pemasaran.
Dengan adanya strategi pemasaran maka perusahaan akan siap bersaing dan memasarkan produk di pasaran dengan hasil yang maksimal. Dengan adanya strategi maka target pasar penjualan produk akan mudah dicapai.
Dan untuk saran yang dapat disampaikan adalah strategi pemasaran seharusnya tidak saja di target hanya pencapaian penjual yang banyak namun dibarengi dengan kualitas produk yang sangat dibutuhkan masyarakat sebagai konsumen
Selain itu mengedepankan dan mempertimbangan juga dampak negatif dari aktivitas produktivitas pabrik terhadap sosial masyarakat. Serta melakukan pencegahan adanya pencemaran lingkungan.
Makalah strategi pemasaran diatas adalah beberapa penjelasan yang dapat memberikan pemahaman dasar atau menambah pengetahuan tentang strategi pemasaran. Dalam prosesnya strategi pemasaran pada hakikatnya yang membedakan adalah target pasar dan kualitas produk.
Makalah strategi pemasaran ini juga diharapkan menjadi inspirasi dalam menentukan jenis produk yang akan dipasarkan. Setidaknya dapat melakukan analisis awal yang benar ketika ingin menjual sebuah produk.
© lifestyle.pinhome.id